BCA Syariah Dorong Milenial Berwirausaha

Oleh : Wiyanto | Selasa, 17 September 2019 - 12:38 WIB

BCA Syariah dan UKM
BCA Syariah dan UKM

INDUSTRY.co.id - Bandung – PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) dorong milenal untuk berwirausaha melalui kegiatan pelatihan Usaha Mikro Kecil  Menengah (UMKM) bertajuk “How to Start Your Online Store”, di Bandung (17/9). Kegiatan Pelatihan UMKM ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan BCA Syariah Peduli untuk meningkatkan kapasitas individu kaum muda dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan wirausaha, khususnya dalam sektor ekonomi kreatif. 

Sebanyak 50 peserta terdiri dari Komunitas Muslim Fashionpreneur, Komunitas Fashion Garment dan nasabah antusias mengikuti pelatihan ini. Dalam kesempatan kali ini, BCA Syariah menggandeng pembicara dari Islamic Trade & Export Development Organization (ITEDO), sebuah lembaga independen yang membantu, mendampingi, mengembangkan individu atau organisasi yang ingin bergerak di bidang perdagangan dan pengembangan ekspor, untuk produk yang memerlukan kreativitas atau merengga gaya baru. 

Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif dari BEKRAF dan BPS menyebutkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif telah menyumbangkan Rp922,59 triliun terhadap PDB Nasional. Kepala Satuan Kerja Bisnis Retail dan Konsumer BCA Syariah Dwidadi Sugito mengatakan, “Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar. BCA Syariah sangat mendukung pengusaha muda untuk berkembang, baik melalui pelatihan maupun penyediaan produk dan layanan perbankan syariah untuk memenuhi kebutuhan pewirausaha”. 

Pembiayaan untuk segmen UMKM di BCA Syariah sampai dengan Agustus 2019 telah mencapai Rp1,01 triliun atau sekitar 20,33% dari total portofolio pembiayaan perusahaan sebesar Rp4,95 triliun. Produk pembiayaan BCA Syariah untuk UMKM diantaranya Pembiayaan Modal Kerja dan Pembiayaan Investasi Modal Kerja yang bisa menjadi solusi bagi para pengusaha untuk meningkatkan kebutuhan modal dan investasi usaha. Selain dapat menggunakan pembiayaan dalam bentuk angsuran, terdapat pula Pembiayaan Rekening Koran Syariah (PRKS) untuk meningkatkan perputaran usaha. Plafon yang diberikan sampai dengan Rp5 miliar, dengan omset pertahun tidak lebih dari Rp50 miliar. Akad pembiayaan beragam, disesuaikan dengan kebutuhan para pengusaha, seperti akad Murabahah, Mudharabah, Musyarakah dan lainnya.

“BCA Syariah berharap pelatihan ini dapat memicu kreativitas dan inovasi pelaku wirausaha sekaligus meningkatkan pengetahuan mengenai produk perbankan syariah yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan usaha”, Dwidadi menambahkan. 

Pelatihan Ruang Ibu Cerdas Sebelumnya BCA Syariah juga melakukan pelatihan wirausaha untuk ibu-ibu PKK Kelurahan Balimester Jatinegara, Jakarta Timur. Pelatihan Ruang Ibu Cerdas yang bertema “Membangun Mental Sukses Berwirausaha” ini merupakan bentuk kepedulian BCA Syariah terhadap pertumbuhan perekonomian rumah tangga melalui kegiatan wirausaha yang dilakukan oleh para Ibu. Pelatihan yang dilakukan di Kantor Pusat BCA Syariah Jakarta, pada 13 September 2019 ini bertujuan untuk mengajak ibu rumah tangga untuk dapat “melek” teknologi dan memahami era digital yang berkembang saat ini.

Direktur BCA Syariah Houda Muljanti pada pelatihan tersebut mengatakan “Pelatihan Ruang Ibu Cerdas merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh BCA Syariah. Kegiatan ini ditujukan untuk peningkatan kapasitas ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan dan berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi keluarga”. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…