Semester Pertama 2019, Akseleran Catat Total Nilai Investasi Sebesar Rp24,2 Miliar

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 September 2019 - 14:38 WIB

Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran
Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran mencatat total nilai investasi sebesar Rp24,2 miliar pada semester pertama tahun 2019, atau naik hingga 15 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Surabaya menjadi kota dengan kontribusi terbesar bagi Akseleran di Jawa Timur dengan raihan total nilai investasi sebesar Rp19 miliar.

Rimba Laut, Senior Vice President Communication Akseleran, mengatakan bahwa pencapaian tersebut seiring dengan minat masyarakat di Jawa Timur dan khususnya di Surabaya semakin tinggi untuk berinvestasi di Akseleran.

Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pemberi dana pinjaman (lender) di Surabaya sudah menembus lebih dari 1.200 orang, atau tumbuh signifikan hingga 14 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

"Pertumbuhan Akseleran di Surabaya pada semester pertama 2019 makin memperkokoh posisi Jawa Timur  sebagai Top 5 provinsi dengan total nilai investasi terbesar di seluruh Indonesia," kata Rimba melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (16/9/2019).

"Dengan tren menanjak ini, kami optimistis Akseleran mampu tumbuh hingga tiga kali lipat baik di Surabaya maupun di Jawa Timur pada akhir tahun ini sejalan dengan tingkat kepercayaan masyarakat setempat yang terus meningkat terhadap Akseleran," ungkap Rimba.

Di samping itu, lanjutnya, tren positif tidak hanya terjadi dari pertumbuhan nilai investasi dari para lender Akseleran di Jawa Timur melainkan juga makin menebalnya jumlah pinjaman yang disalurkan kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Menurut Rimba, secara kumulatif, Akseleran telah menyalurkan total pinjaman di Jawa Timur sebesar Rp6,2 miliar per Agustus 2019 kepada hampir 300 UKM.

“Akseleran sebagai P2P Lending yang menyalurkan pinjaman produktif ingin terus mendukung pertumbuhan UKM di Jawa Timur bahkan di Indonesia demi mendorong perekonomian bangsa. Minimal pinjaman yang disalurkan oleh Akseleran sebesar Rp75 juta atau jika di luar wilayah Jabodetabek Rp150 juta dan maksimal sebesar Rp2 miliar dengan agunan fleksibel bisa berupa invoice financing atau receivable financing, capex financing, atau inventory financing,” terangnya.

Eben Napitupulu, Senior Vice President Retail Sales Akseleran, menjelaskan kehadiran Akseleran di Surabaya sekaligus ingin makin memperkuat penetrasi pasarnya sebagai Fintech P2P Lending yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Salah satunya, Akseleran turut hadir dalam ajang East Java Investival 2019 yang berlangsung di Grand City Mall Surabaya selama tanggal 12-15 September," kata Eben.

Dengan demikian, lanjutnya, pihaknya ingin semakin banyak masyarakat di Surabaya mengenal dan menggunakan Akseleran baik untuk berinvestasi maupun menjadi peminjam khusus untuk para pelaku usaha atau UKM.

"Kami memberikan kode promo atau kode referal dengan nama SURABAYA19 sehingga setiap orang yang sudah mengunduh aplikasi Akseleran baik dari Play Store atau App Store kemudian registrasi pertama kali dan memasukkan kode tersebut otomatis mendapatkan saldo gratis Rp100 ribu." ungkapnya.

"Tumbuhnya Akseleran di Jawa Timur tentu turut menopang terealisasinya target total penyaluran pinjaman Akseleran secara nasional hingga mencapai sebesar Rp1 triliun di akhir tahun 2019,” tambah Eben.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…