Semester Pertama 2019, Akseleran Catat Total Nilai Investasi Sebesar Rp24,2 Miliar

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 September 2019 - 14:38 WIB

Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran
Rimba Laut, Senior Vice President Corporate Communication Akseleran

INDUSTRY.co.id - Surabaya – Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran mencatat total nilai investasi sebesar Rp24,2 miliar pada semester pertama tahun 2019, atau naik hingga 15 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Surabaya menjadi kota dengan kontribusi terbesar bagi Akseleran di Jawa Timur dengan raihan total nilai investasi sebesar Rp19 miliar.

Rimba Laut, Senior Vice President Communication Akseleran, mengatakan bahwa pencapaian tersebut seiring dengan minat masyarakat di Jawa Timur dan khususnya di Surabaya semakin tinggi untuk berinvestasi di Akseleran.

Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pemberi dana pinjaman (lender) di Surabaya sudah menembus lebih dari 1.200 orang, atau tumbuh signifikan hingga 14 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

"Pertumbuhan Akseleran di Surabaya pada semester pertama 2019 makin memperkokoh posisi Jawa Timur  sebagai Top 5 provinsi dengan total nilai investasi terbesar di seluruh Indonesia," kata Rimba melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (16/9/2019).

"Dengan tren menanjak ini, kami optimistis Akseleran mampu tumbuh hingga tiga kali lipat baik di Surabaya maupun di Jawa Timur pada akhir tahun ini sejalan dengan tingkat kepercayaan masyarakat setempat yang terus meningkat terhadap Akseleran," ungkap Rimba.

Di samping itu, lanjutnya, tren positif tidak hanya terjadi dari pertumbuhan nilai investasi dari para lender Akseleran di Jawa Timur melainkan juga makin menebalnya jumlah pinjaman yang disalurkan kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Menurut Rimba, secara kumulatif, Akseleran telah menyalurkan total pinjaman di Jawa Timur sebesar Rp6,2 miliar per Agustus 2019 kepada hampir 300 UKM.

“Akseleran sebagai P2P Lending yang menyalurkan pinjaman produktif ingin terus mendukung pertumbuhan UKM di Jawa Timur bahkan di Indonesia demi mendorong perekonomian bangsa. Minimal pinjaman yang disalurkan oleh Akseleran sebesar Rp75 juta atau jika di luar wilayah Jabodetabek Rp150 juta dan maksimal sebesar Rp2 miliar dengan agunan fleksibel bisa berupa invoice financing atau receivable financing, capex financing, atau inventory financing,” terangnya.

Eben Napitupulu, Senior Vice President Retail Sales Akseleran, menjelaskan kehadiran Akseleran di Surabaya sekaligus ingin makin memperkuat penetrasi pasarnya sebagai Fintech P2P Lending yang sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Salah satunya, Akseleran turut hadir dalam ajang East Java Investival 2019 yang berlangsung di Grand City Mall Surabaya selama tanggal 12-15 September," kata Eben.

Dengan demikian, lanjutnya, pihaknya ingin semakin banyak masyarakat di Surabaya mengenal dan menggunakan Akseleran baik untuk berinvestasi maupun menjadi peminjam khusus untuk para pelaku usaha atau UKM.

"Kami memberikan kode promo atau kode referal dengan nama SURABAYA19 sehingga setiap orang yang sudah mengunduh aplikasi Akseleran baik dari Play Store atau App Store kemudian registrasi pertama kali dan memasukkan kode tersebut otomatis mendapatkan saldo gratis Rp100 ribu." ungkapnya.

"Tumbuhnya Akseleran di Jawa Timur tentu turut menopang terealisasinya target total penyaluran pinjaman Akseleran secara nasional hingga mencapai sebesar Rp1 triliun di akhir tahun 2019,” tambah Eben.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.