Drone Industri Bantu Percepat Program Kelistrikan Capai Target

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 September 2019 - 08:00 WIB

Drone Industri Bantu Percepat Program Kelistrikan Capai Target
Drone Industri Bantu Percepat Program Kelistrikan Capai Target

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Adhi Prima Mitratama sebagai penyedia solusi drone industri untuk mewujudkan rasio elektrifikasi 100 persen dalam program kelistrikan nasional 35.000 MW. Melalui pemanfaatan drone dapa mempermudah dan menyingkat waktu pemasangan kabel ke saluran udara tegangan ekstra tinggi.

General Manger PT Adhi Prima Mitratama, Budhi Wicaksono mengatakan sejauh ini orang mengenal drone hanya untuk retail, hoby, foto video dan lainnya. Pemanfaatan drone bukan lah hal yang baru, tapi pihaknya menyediakan solusi dalam instalasi kelistrikan yang berada di area-area ekstrem di seluruh pelosok Indonesia.

“Drone ini membantu mereka yang biasa menginstalasi manual dan memakan waktu banyak, kini dengan drone pemasangan tali pancing listrik cukup 45 menit atau satu jam,” ujar Budhi saat ditemui di JIExpo, Jumat (13/9/2019).

Budhi mengatakan untuk pemasangan kabel listrik secara manual itu bisa butuh waktu sehari, belum untuk membebaskan areal diatasnya itu bisa membutuhkan waktu 1 Minggu. Ia mencontohkan seperti area ekstrem di Labuan Bajo jarak antar satu gawang ke tower itu 750 meter, jurangnya 400 meter.  Dengan drone ini cost lebih efesien baik dari sisi pekerjanya maupun penyimpanan gudang.

“Yah kalau dihitung-hitung bisa hemat 1.000 persen. Sangat bermanfaat sekali ,” pungkasnya.

Adapun satu unit drone pihaknya menjual sekitar Rp 200 jutaan. Selain itu menawarkan penyewaan drone yang bisa digunakan dengan hitungan per kilometer mencapai 1.000 dolar.

Adhi Prima telah bekerja sama dengan PLN seperti di Kalimantan di 3 distrik, tengah, timur, barat. Sumatera, Sulsel, Sumatera bagian Utara bagian selatan, NTT, dan Lombok. Tidak hanya itu, ada beberapa pekerjaan lainnya yang dapat dipermudah dengan menggunakan drone. Seperti dalam kegiatan pemadam kebakaran. Drone sudah ada yang water proof, semi fire proof, sehingga dapat digunakan untuk dalam kegiatan pemadaman api, seperti membantu membawa alat-alat kebakaran dan kesehatan.

Satu lagi adalah kegiatan maping dan pemetaan. Di segmen ini ada banyak sektor yang membutuhkan, selain PLN, juga ada sektor minyak dan gas, hingga infrastruktur. Untuk kegiatan tersebut, drone akan dilengkapi dengan alat khusus agar mendukung software yang dimiliki perusahaan yang membutuhkan.

Di PLN sendiri, aplikasinya tidak hanya pada saat pemasangan, tapi juga dapat digunakan untuk perawatan. Dimana drone akan menjadi plikasi untuk kegiatan inspeksi, di PLN, terutama di luar Jawa transmisi melewati hutan dan gunung. Sebab saluran udara di tengah hutan rawan terkena gangguan, pohon yang terlalu dekat dengan saluran harus dipangkas

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech payment aplikasi Cashbac

Senin, 24 Februari 2020 - 05:05 WIB

Berburu Cashbac Reward 4 Kali Lipat

Tahun Kabisat (leap year) adalah tahun spesial, karena tahun ini tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Inilah keunikan lain dari bulan Februari yang membuatnya kian spesial. Tahun…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…

Danmenbanpur 2 Mar Bentuk IOF Surabaya Sebagai Pasukan Relawan Bencana Alam

Senin, 24 Februari 2020 - 03:20 WIB

Danmenbanpur 2 Mar Bentuk IOF Surabaya Sebagai Pasukan Relawan Bencana Alam

Dalam rangka meningkatkan komunikasi sosial dan tanggap penanggulangan bencana alam maka Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Danmenbanpur 2 Mar) Kolonel Marinir Citro Subono, memimpin…

Empat Prajurit Marinir Ikuti Fun Run Unair di Surabaya

Senin, 24 Februari 2020 - 03:00 WIB

Empat Prajurit Marinir Ikuti Fun Run Unair di Surabaya

Prajurit Korps Marinir dari Batalyon Howitzer 2 Marinir mengikuti lomba Fun Run 5 K Airun (Aesculap Inspire to Run) di Lapangan parkir Kampus A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Jl.…

Minggu 23 Februari 2020,, BTN resmi menutup gelaran IPEX ke 20. Pencapaian potensi KPR baru yang diraih Bank BTN berhasil melampaui target awal.

Minggu, 23 Februari 2020 - 22:21 WIB

Berhasil Sedot 200.000 Pengunjung, BTN Raih Potensi Kredit Baru Rp 4,56 Triliun dalam Gelaran IPEX Ke 20

Jakarta-Gelaran Indonesia Properti Expo menjadi ajang bagi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk untuk menggenjot penyaluran Kredit Pemilikan Rumah atau KPR pada awal tahun 2020 ini.