Keluarga Menjadi Benteng Utama Hadapi Bahaya Internet

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 September 2019 - 10:00 WIB

Deco M5
Deco M5

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Mutu pendidikan di Indonesia saat ini sudah cukup berkualitas, negara kita berpotensi untuk menghasilkan generasi muda yang siap memajukan bangsa. Peningkatan kualitas pendidikan saat sebagian ini juga tak lepas dari peran teknologi canggih dan modern. Berbagai informasi penting semakin mudah didapatkan melalui internet.

Menariknya, anak-anak usia dini dan milenial di beberapa negara sudah jauh lebih cepat untuk menerima dan memahami perubahan teknologi dibanding dengan orang tua. Hal ini tak lepas dari pengaruh mereka yang terlahir di era teknologi dimana permainan tradisional sudah mulai punah.

Berdasar hasil survei dari Forum Sahabat Keluarga Kemendikbud yang bertema Indonesia Millenial Report 2019 menunjukkan 94,4 persen milenial Indonesia terkoneksi dengan internet. Kemudian satu hal yang membutuhkan perhatian khusus adalah anak-anak dan milenial yang sudah terlanjur kecanduan gadget. Anak-anak tidak sadar bahwa kejahatan internet seperti pedofilia dan pornografi mengincar mereka.

Melihat hal ini, salah satu perusahaan ISP di Indonesia merekomendasikan perangkat Deco M5 keluaran TP-Link yang dilengkapi sistem parental control. Perangkat tersebut diketahui “ampuh” membentengi anak-anak dari bahaya kejahatan internet yang sudah merajalela.

Managing Director Gastra Networks, Indra Tjahjono, mengatakan, “Deco M5 merupakan salah satu device yang mudah digunakan. Dengan dilengkapi fitur parental control, setting up nya hanya membutuhkan waktu 30-60 menit. Bahkan bagi pengguna yang tak terlalu mahir teknologi, device ini cukup mudah dipahami.”

“Dengan Deco M5 para orang tua dapat mengatur limit penggunaan internet setiap saat. Selain itu kita juga dapat melihat histori situs-situs yang telah dibuka oleh anak-anak dan anggota keluarga d irumah. Tentunya ini sangat signifikan sekali, contohnya pada fitur daily limit. Ada instan pause, ketika dimatikan otomatis .semua aktivitas internet akan terhenti.” tambah Indra.

Dengan Deco M5 semua anak bahkan anggota keluarga di rumah bisa mengikuti rule yang dibuat di keluarga dan ini dapat menghasilkan waktu yang lebih berkualitas bersama keluarga. Isu “kecanduan gadget” yang dialami anak-anak bukan  hanya masalah bagi suatu keluarga, tapi isudah menjadi persoalan bersama karena anak-anak belum mampu mengontrol diri sepenuhnya.

“Untuk itu perlu aturan tegas, berupa family rules yang harus dipatuhi semua anggota keluarga. Contohnya, kalau orang tua melarang anak main HP, si ayah atau ibu sendiri ya jangan main HP. Gantilah kegiatan main HP anak tersebut dengan aktivitas yang lebih bermanfaat,” kata Indra.

Deco M5 merupakan router keluaran TP-Link dengan desain yang cantik dan simple sehingga tidak mempengaruhi keindahan interior di ruangan. Selain keunggulan pada fitur Parental Control, perangkat ini memiliki kekuatan untuk menyebarkan sinyal Wi-Fi tidak perlu diragukan karena telah dibekali empat buah antena di dalamnya. Deco M5 dilengkapi dengan Port Gigabit dan Port USB tipe C yang juga berfungsi sebagai port power supply.

Dengan mengusung teknologi mesh data streaming maka akses internet tetap berjalan lancar. Router ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 400Mbps pada jaringan 2.4 GHz dan 867 mbps pada jaringan 5GHz di saluran Dual Band. Perangkat ini telah dilindungi oleh router TrendMicro bertenaga antivirus sehingga perangkat PC dan gadget aman dari serangan malware. Semua fitur dalam Deco M5 ini dapat dikontrol dari jarak jauh melalui smartphone bahkan ketika kita sedang tidak berada di lokasi. Tentunya fitur canggih ini sangan membantu para orang tua yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah untuk tetap bisa mendampingi anak-anaknya bermain gadget.

Marketing Manager TP-Link Indonesia, Biko Yoshia menambahkan, selain dapat memantau anak-anak dalam mengunjungi situs, sistem parental control yang ditanamkan di Deco M5 ini memiliki kelebihan lain di mana para orang tua dapat menentukan dan menyaring situs-situs yang pantas di akses oleh anak-anaknya lewat pengaturan di aplikasi Deco App.

“Dengan fitur parental control yang dimiliki Deco M5, orang tua tak perlu khawatir lagi anak-anak akan mengakses situs-situs terlarang. Karena device sudah memfilter situs sesuai keinginan kita,” kata Biko Yoshia.

Saat ini aplikasi Deco App sudah dapat di download dengan mudah via Google Play Android dan App Store iOS. Deco M5 yang terdiri 3 unit device dalam satu paket ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 3.800.000,. Para orang tua dapat membelinya di distributor resmi TP-Link dan beberapa marketplace di Indonesia.

Tentang TP-Link

TP-Link adalah sebuah perusahaan penyedia terpercaya untuk perangkat networking & aksesoris sejak tahun 1996. Dalam rangka merayakan lebih dari 20 tahun kepemimpinannya dalam dunia networking, TP-Link menampilkan transformasi menyeluruh pada tampilan dan identitas brand.

TP-LINK kembali menempati peringkat No.1 dalam produk WLAN (berdasarkan unit dikirim)  Q3, 2017 oleh perusahaan analis IDC1. Laporan terakhir mengungkapkan bahwa TP-Link telah mempertahankan posisinya yang dominan sebagai pemimpin pasar dalam produk WLAN (berdasarkan unit dikirim) selama 28 kuartal berturut-turut.

TP-Link selama ini dikenal memiliki produk-produk unggulan dengan performa, stabilitas, dan nilai yang tinggi, sangat cocok dan sesuai dengan kebutuhan jaringan konsumen.

Sekarang, dengan semakin berkembangnya gaya hidup yang terkoneksi, TP-Link berkembang untuk melampaui permintaan hari esok.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samantha Clayton Herbalife

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:00 WIB

Jangan Tinggalkan Kebugaran Tubuh Saat WFH

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan "di rumah saja", termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas…

Bank BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:45 WIB

PT Bank Central Asia Tbk Suntik Modal Rp1 Triliun, Bank Royal Berubah Nama Jadi Bank Digital BCA

Setelah sebelumnya mengakusisi, emiten perbankan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengganti namanya Bank Royal menjadi Bank Digital BCA dengan suntikan modal awal sebesar Rp1 triliun.

Persija Jakarta (Ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:30 WIB

Manajemen Persija Jakarta Sangat Berharap Liga Segera Berjalan Kembali

Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali…

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:10 WIB

Kabar Baik! Sepanjang Januari-April 2020, Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 42,75 Miliar

Sepanjang Januari-April 2020, pengapalan produk industri pengolahan mampu menembus hingga USD42,75 miliar atau naik sebesar 7,14 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:00 WIB

Ketum PSSI-Menpora Bahas Persiapan Piala Dunia dan Kompetisi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, belum lama ini . Dalam pertemuan ini, PSSI menyampaikan perkembangan…