Segera Diteken Jokowi, Konversi Utang TubanPetro Bakal Bangkitkan Industri Petrokimia Nasional

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 September 2019 - 19:01 WIB

Diskusi bertajuk "Optimalisasi Industri Petrokimia Nasional"
Diskusi bertajuk "Optimalisasi Industri Petrokimia Nasional"

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Proses konversi utang Multi Years Bond/MYB PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) menjadi saham tinggal menunggu Peraturan Pemerintah (PP) yang akan segera di tandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PP tersebut nantinya akan menjadi titik tolak, pengembangan TubanPetro sebagai basis industri petrokimia nasional yang terintegrasi. 

Untuk diketahui, kebijakan konversi ini telah masuk dalam Undang Undang (UU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019. Saat ini, Kementerian Keuangan memiliki saham 70% di TubanPetro. Pasca konversi tuntas, pemerintah akan memiliki 95,9% saham di TubanPetro. 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Isa Rachmatarwata mengatakan bahwa langkah pemerintah untuk mengoptimalkan aset PT Tuban Petrochemical Industries (TPI) guna mendukung pengembangan industri petrokimia nasional tidak berubah.

Ia memastikan, rencana untuk mengkonversi utang TPI menjadi saham milik pemerintah pun dipastikan terus berlanjut. 

"Segera akan ditetapkan PP-nya. Dalam waktu dekat," ujarnya di sela-sela diskusi bertajuk "Optimalisasi Industri Petrokimia Nasional" di Jakarta, Kamis (12/9).

Ditambahkan Isa, rencana konversi tersebut mendapatkan dukungan dari berbagai lembaga dan Kementerian. Bahkan, Presiden dan Wakil Presiden terua memantau perkembangannya.

"Revitalisasi pusat industri aromatik dengan optimalisasi aset TPI itu berdampak signifikan bagi industri petrokimia nasional dan sektor manufaktur lain, serta ekonomi nasional. Sudah sewajarnya mendapatkan dukungan penuh lintas Kementerian," papar Isa.

Lebih lanjut, Isa mengatakan bahwa sekitar 4,1% saham TPI lainnya sebenarnya juga menjadi hak pemerintah. Kendati demikian, porsi saham itu berasal dari bunga dan denda utang pemilik saham sebelumnya.

Porsi kepemilikan itu, katanya, berdasarkan aturan belum bisa dikonversikan sebagai saham milik pemerintah. "Jadi, sebenarnya Tuban Petro itu sepenuhnya sudah menjadi milik negara," ujarnya.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik proses konversi utang PT Tuban Petrochemical Industries (TubanPetro) yang dilakukan oleh pemerintah.

"Kementerian Perindustrian optimistis pengembangan TubanPetro akan berkontribusi bagi industri nasional," kata Direktur Industri Kimia Hulu Kemenperin Fridy Juwono.

Dijelaskan Fridy, pengembangan TubanPetro akan menjamin ketersediaan bahan baku bagi industri petrokimia dalam negeri. 

Oleh karena itu, lanjut Fridy, jika ingin membesarkan kemampuan dari sisi petrokimia, persoalan utang piutang di TubanPetro harus diselesaikan.

Ia menyebut bahwa kebijakan pemerintah yang menyelesaikan utang Multi Years Bond (MYB) TubanPetro Rp3,3 triliun, melalui konversi, sudah tepat, karena akan memberi ruang kepada TubanPetro untuk mengembangkan bisnis.

"Karena itu, langkah pengembangan TubanPetro harus didukung oleh semua pihak," ungkapnya.

Dengan demikian, pemerintah akan mengambil alih TubanPetro holding yang membawahi tiga perusahaan, yakni PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), Masterplene, dan PT Petro Oxo Nusantara (PON).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Kerajinan Nasional Masuki Pasar Jerman

Sabtu, 22 Februari 2020 - 13:00 WIB

Industri Kerajinan Nasional Masuki Pasar Jerman

Program Kemitraan PT DAHANA (Persero) membuahkan hasil manis. Salah satu UMKM Mitra Binaan yang bergerak di bidang handycraft berhasil mengekspor kerajinannya ke Jerman. Acara pelepasan ekspor…

Ilustrasi Rokok (Ist)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:51 WIB

Industri Tembakau Meradang, Gapero: Investasi Rokok bukan Investasi Sembarangan

Pelaku industri hasil tembakau atau Gabungan Pabrik Rokok (Gapero) mempertanyakan kebijakan Pemerintah soal kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar 23 persen dan Harga Jual Eceran (HJE)…

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:45 WIB

Menteri Teten Dukung Koperasi Simpan Pinjam Terapkan Modernisasi Teknologi Sekelas Perbankan

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mendukung koperasi simpan pinjam untuk menerapkan dan mengaplikasikan modernisasi teknologi yang transparan sekelas perbankan agar…

Carla Yules Sebagai Miss Indonesia 2020

Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:30 WIB

Carla Yules Sebagai Miss Indonesia 2020

Setelah melalui karantina yang panjang, akhirnya dewan juri Miss Indonesi 2020 memilih Carla Yules Miss Indonesia asal Sulawesi Selatan sebagai Miss Indonesia 2020.

44 Aktris Muda Unjuk Kebolehkan di Lida Indoesiar

Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:00 WIB

44 Aktris Muda Unjuk Kebolehan di Lida Indosiar

Gelaran ajang pencarian bakat paling bergengsi dan terbesar di Indonesia, Liga Dangdut' Indonesia terus bergulir dan semakin heboh.