Menlu Retno: Selamat Jalan Bapak Habibie, Rest in Peace

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 September 2019 - 04:30 WIB

Menlu Retno Marsudi (Foto Setkab)
Menlu Retno Marsudi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengenang mendiang Presiden RI ke-3 BJ Habibie sebagai sosok yang cerdas, optimis dan penggugah semangat bagi mereka yang lebih muda dari dirinya.

"Saya mengenal keluarga BJ Habibie cukup lama sehingga sering melakukan komunikasi dengan beliau. Tiap melakukan komunikasi dengan beliau, kita orang yang lebih muda ini jadi lebih bersemangat," kata Retno saat ditemui usai menghadiri acara penganugerahan Hassan Wirajuda Pelindungan Award 2019 di Jakarta, Rabu (11/9/2019)


Retno menambahkan, BJ Habibie selalu membagi pengalaman dan cerita yang optimistis dan positif kepadanya sehingga ia mengaku merasa sangat kehilangan terhadap kepergian presiden ketiga Indonesia itu.

"Selamat jalan Bapak, rest in peace," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Retno juga kembali mengenang beberapa pertemuan antara dirinya dengan BJ Habibie.

"Dulu sewaktu saya menjadi duta besar RI untuk Kerajaan Belanda, beliau sering sekali melakukan kunjungan, baik dalam perjalanan menuju Jerman, atau memang ke Belanda. Saat beliau berkunjung, saya menemani beliau dan mendengar banyak cerita dari beliau," kata Retno.

Pertemuan dengan BJ Habibie juga berlanjut saat Retno kembali ke tanah air dan mengemban tugas sebagai menteri luar negeri.

"Beberapa kali saya sowan (bertamu) ke rumah, bicara banyak hal termasuk di antaranya mengenai isu politik luar negeri," kata dia.

Usai menyerahkan penghargaan HWPA 2019 kepada mereka yang berjasa dalam perlindungan WNI di luar negeri, Menlu RI mengatakan ia akan pergi takziah ke rumah duka di kediaman BJ Habibie.

"Ini saya mau pergi melayat," kata Retno yang terlihat mengenakan kain panjang penutup kepala berwarna putih.

Presiden RI ketiga BJ Habibie wafat di Jakarta pada Selasa, pukul 18.05 WIB, di usia 83 tahun. Jasadnya telah dimandikan dan langsung disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

BJ Habibie akan dikuburkan di samping pusara istrinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.