Gubernur Mandacan : “Kita Sepakat Damai, Damai Itu Indah”

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 September 2019 - 03:22 WIB

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan

INDUSTRY.co.id - Manokwari--Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menegaskan, deklarasi Papua Barat damai, Manokwari damai yang hari ini dilakukan untuk menolak rasisme, menolak kekerasan, penjarahan, pengrusakan dan pembakaran.

 “Kita sepakat damai. Damai itu indah. Dan itu dambaan semua elemen bangsa,” kata Gubernur, Rabu (11/9/2019) usai deklarasi damai di Lapangan Borasi Manokwari.

Gubernur mengajak semua pihak untuk menerjemahkan aksi damai yang dilakukan itu. “Kita jaga NKRI, NKRI jaga kita, kita jaga tanah Papua, tanah Papua jaga kita. Kita jaga Papua Barat, Papua Barat jaga kita. Kita jaga Manokwari, Manokwari jaga kita. Manokwari rumah bersama, Papua Barat, Tanah Papua dan Indonesia adalah rumah bersama,” kata Gubernur.

 

“Tinggal kita terjemahkan dalam tugas dan tanggungjawab kita masing-masing. Baik kapasitas sebagai Gubernur, Kapolda,Panglima TNI, Ketua DPR, MRP, tokoh agama, pemuda, adat, perempuan, semua komponen bangsa,” lanjut Gubernur.

Deklarasi damai itu ditandai dengan penandatangan kesepakatan damai oleh gubernur, ketua DPR Papua Barat, unsur forkopimda, para kepala suku, tokoh agama, perempuan, pemuda dan pihak kompeten lainnya di Manokwari.

Sebelum penandatanganan, diawali pembacaan deklarasi damai oleh Ketua DPR Papua Barat, Piether Konjol.

Berikut empat poin isi deklarasi damai; 

1.Menjaga perdamaian di seluruh  wilayah Provinsi Papua Barat.

2.Setia kepada pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

3.Menjaga dan merawat bhineka tunggal ika. Kita semua bersaudara,saling menghormati, menghargai dan melindungi sesama anak bangsa. 

4.Damai Papua Barat, damai Manokwari.

Sebelum ribuan orang berkumpul di Borasi, lebih dulu dilakukan aksi longmach. Titik start dari Panggung Penerangan,melewati Jalan Percetakan Negara-  Jalan Yosudarso- Jalan Merdeka dan finish di Lapangan Borasi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SKYE Suites Sydney

Senin, 16 September 2019 - 13:40 WIB

SKYE Suite, Hotel Milik Pegusaha Kelahiran Indonesia Jadi Salah Satu yang Terbaik di Australia

SKYE Suites Sydney meraih posisi teratas sebagai Best Technology Hotel di HM Awards (Hotel Management Magazine) di Sydney pada Jumat malam waktu setempat.

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Senin, 16 September 2019 - 12:00 WIB

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.