Gubernur Mandacan : “Kita Sepakat Damai, Damai Itu Indah”

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 September 2019 - 03:22 WIB

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan

INDUSTRY.co.id - Manokwari--Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menegaskan, deklarasi Papua Barat damai, Manokwari damai yang hari ini dilakukan untuk menolak rasisme, menolak kekerasan, penjarahan, pengrusakan dan pembakaran.

 “Kita sepakat damai. Damai itu indah. Dan itu dambaan semua elemen bangsa,” kata Gubernur, Rabu (11/9/2019) usai deklarasi damai di Lapangan Borasi Manokwari.

Gubernur mengajak semua pihak untuk menerjemahkan aksi damai yang dilakukan itu. “Kita jaga NKRI, NKRI jaga kita, kita jaga tanah Papua, tanah Papua jaga kita. Kita jaga Papua Barat, Papua Barat jaga kita. Kita jaga Manokwari, Manokwari jaga kita. Manokwari rumah bersama, Papua Barat, Tanah Papua dan Indonesia adalah rumah bersama,” kata Gubernur.

 

“Tinggal kita terjemahkan dalam tugas dan tanggungjawab kita masing-masing. Baik kapasitas sebagai Gubernur, Kapolda,Panglima TNI, Ketua DPR, MRP, tokoh agama, pemuda, adat, perempuan, semua komponen bangsa,” lanjut Gubernur.

Deklarasi damai itu ditandai dengan penandatangan kesepakatan damai oleh gubernur, ketua DPR Papua Barat, unsur forkopimda, para kepala suku, tokoh agama, perempuan, pemuda dan pihak kompeten lainnya di Manokwari.

Sebelum penandatanganan, diawali pembacaan deklarasi damai oleh Ketua DPR Papua Barat, Piether Konjol.

Berikut empat poin isi deklarasi damai; 

1.Menjaga perdamaian di seluruh  wilayah Provinsi Papua Barat.

2.Setia kepada pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

3.Menjaga dan merawat bhineka tunggal ika. Kita semua bersaudara,saling menghormati, menghargai dan melindungi sesama anak bangsa. 

4.Damai Papua Barat, damai Manokwari.

Sebelum ribuan orang berkumpul di Borasi, lebih dulu dilakukan aksi longmach. Titik start dari Panggung Penerangan,melewati Jalan Percetakan Negara-  Jalan Yosudarso- Jalan Merdeka dan finish di Lapangan Borasi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

herbalife

Minggu, 26 Januari 2020 - 22:58 WIB

15.000 Member Independen Herbalife Hadiri Spectacular 2020

Tangerang Selatan- Herbalife Nutrition Indonesia baru saja mengakhiri event besarnya, yaitu Herbalife Spectacular 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Event…

Legenda Sepak Bola Luis Figo

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:30 WIB

Legenda Sepak Bola Luis Figo Ikut Promosikan UEFA EURO 2020 akan Tayang di RCTI

Untuk Ke 7 kalinya MNC group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. MNC Group melalui RCTI dan PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) dipercaya untuk menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…