Genjot Ekspor, HIMKI Minta Pemerintah Hapus SVLK dan PPn Kayu Bulat

Oleh : Ridwan | Rabu, 11 September 2019 - 11:45 WIB

Pengrajin Rotan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Pengrajin Rotan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menyambut baik rencana Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor mebel produk kayu dan rotan sehubungan terbukanya peluang di sektor itu sebagai imbas dari perang dagang Amerika Serikat (AS) - China.

"Ini sangat positif, dan semoga bisa diwujudkan," kata Sekretaris Jenderal HIMKI Abdul Sobur saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Rabu (11/9).

Namun, ia menegaskan, jika bahan baku dirancang unuk memperkuat kepentingan peningkatan ekspor nasional di hilir industri mebel dan kerajinan tentu itu sangat positif.

"Sektor hilir yang harus digenjot ekspornya. Ini tentu akan positif," tegasnya.

Untuk itu, Sobur meminta kepada pemerintah untuk menghapus Pajak Pertambahan Nilai (PPn) atas kayu bulat agar biaya produksi industri mebel dan kerajinan tereduksi.

"Prinsipnya, kita harus lakukan efisiensi di semua lini untuk bisa memperbaiki daya saing industri agar bisa survive," kata Sobur.

Lebih jauh, ia juga mendesak pemerintah untuk segera menghilangkan semua beban biaya yang tidak perlu seperti Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).

"Ini adalah langkah yang bagus, memberi angin segar bagi kami (pelaku ekspor) mebel dan kerajinan nasional agar bisa tumbuh signifikan," paparnya.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas bertopik "Peningkatan Ekspor Permebelan, Rotan dan Kayu" di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian/Lembaga terkait memberikan dukungan maksimal untuk memanfaatkan peluang, sehinhha apa yang diinginkan para pengusaha, utamanya di dunia mebell dan rotan bisa direalisasikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wahyu Kuncoro Resmi Dampingi Dirut Pegadaian

Selasa, 19 November 2019 - 17:12 WIB

Kementerian BUMN Tunjuk Wahyu Kuncoro Sebagai Wadirut Pegadaian Dampingi Kuswiyoto

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melantik Wahyu Kuncoro sebagai Wadirut PT Pegadaian (Persero) dan menyerahkan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Wakil Pemerintah…

Tokyo SAKE Stay

Selasa, 19 November 2019 - 17:10 WIB

Hoshinoya Tokyo Tawarkan Tokyo SAKE Stay, Menginap Dua Hari Satu Malam dengan Hidangan Sake Segar

Hoshino Resorts melalui HOSHINOYA Tokyo menawarkan "Tokyo SAKE Stay", sebuah program menginap dua hari satu malam bagi para tamu untuk dapat menikmati daya tarik yang memikat dari sake Edo-Tokyo,…

Asahimas Group

Selasa, 19 November 2019 - 16:31 WIB

Produsen Kaca Asal Jepang Harap Harga Gas Industri di Indonesia Tidak Naik

Perusahaan kaca asal Jepang Asahimas meminta agar harga gas untuk industri di Indonesia tidak naik, bahkan jika memungkinkan harganya bisa turun.

Ilustrasi Industri Otomotif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 November 2019 - 15:30 WIB

Menperin Agus Gumiwang Pastikan Raksasa Otomotif Bakal Tambah Investasi di Indonesia

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan sejumlah perusahaan otomotif ternama Jepang.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri

Selasa, 19 November 2019 - 15:29 WIB

PDB Pertanian RI Urutan ke 5 Dunia

Jakarta - Anggaran Kementerian Pertanian kini tinggal Rp21 triliun dari sebelumnya Rp32 triliun. Anggaran tersebut untuk menggenjot sektor pertanian. Bahkan Product Domestik Bruto (PDB) sektor…