Ferrari F8 Spider: Evolusi Spesies

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 September 2019 - 22:00 WIB

Ferrari F8 Spider
Ferrari F8 Spider

INDUSTRY.co.id - Maranello– Ferrari telah meluncurkan F8 Spider, mobil sport drop-top generasi terbaru yang dilengkapi dengan mesin V8 tengah belakang paling sukses dalam sejarah.

Ferrari F8 Spider dirancang bersamaan dengan F8 Tributo Berlinetta dan menampilkan RHT (Retractable Hard Top) Ferrari yang ringkas dan efisien, yang memengaruhi jajaran model yang memimpin di kelasnya.

F8 Spider adalah model terbaru kategori open-top bermesin V8 yang berawal dari 308 GTS di tahun 1977. Model ini tidak se-ekstrim 488 Pista Spider, tetapi lebih sporty dibanding 488 Spider yang digantikannya.

Dengan demikian, F8 Spider menjadi acuan baru bagi mobil sport "en plein air" dalam hal kinerja dan kualitas handling, menawarkan pengalaman berkendara yang sangat istimewa. Bahkan, model ini unggul dalam hal penggabungan dinamika handling dengan kenyamanan kabin. Ferrari Spider ini menggabungkan karakteristik mesin 8-silinder yang diakui secara luas dengan kenyamanan berkendara yang tak tertandingi.

V8 telah menaikkan standar performa mesin ke tingkat yang belum pernah ada sebelumnya, tidak hanya untuk mesin turbo tetapi juga semua jenis unit daya. Mesin ini merupakan pengembangan dari V8 yang memenangi penghargaan "International Engine of the Year Award" selama empat tahun berturut-turut (2016, 2017, 2018 dan 2019) dan dinobatkan sebagai mesin terbaik dalam dua dekade terakhir. Suatu prestasi luar biasa yang tak tertandingi dalam sejarah penghargaan.

Pencapaian terbesar F8 Spider terlihat pada kemampuannya untuk mengeluarkan tenaga secara instan tanpa lag turbo, sambil mempertahankan raungan V8 yang unik dan istimewa. Performa yang menakjubkan dan handling yang sempurna tercipta dengan menggabungkan sejumlah solusi aero inovatif dari medan lintasan ke dalam desain mobil.

Misi dari setiap model baru yang diproduksi oleh Maranello adalah untuk memperkenalkan fitur desain baru dan mengungguli pendahulunya di semua lini. Para insinyur dan perancang ditantang untuk melampaui batas kreatif mereka dan keterbatasan teknologi dengan menawarkan solusi baru yang menciptakan tingkat keunggulan baru. Ini telah mereka lakukan untuk sekali lagi menghasilkan sebuah mahakarya melalui model baru ini.

> F8 Spider menggantikan 488 Spider dan meningkatkan semua aspek spesifikasinya: sector mesin memberi tambahan 50 cv dan berat mobil 20 kg lebih ringan dari pendahulunya. F8 Spider hanya 20 kg lebih berat dari 488 Pista Spider yang lebih ekstrim. F8 Spider jauh lebih efisien secara aerodinamika, ditambah versi 6.1 terbaru dari sistem Side Slip Angle Control.

Dapur Pacu

Di dunia otomotif, mesin V8 Ferrari dipandang sebagai lambang sporty dan kesenangan berkendara. Hal ini khususnya terjadi karena merupakan mesin tengah belakang yang memiliki dua kursi. Ferrari telah mengasah ruang lingkup arsitektur ini dengan sempurna selama lebih dari empat dekade karena secara optimal menyeimbangkan bobot untuk dinamika penanganan yang sempurna.

Spesifikasi teknis V8 benar-benar luar biasa. Mesin 3902 cc melepaskan 720 cv pada 8.000 rpm dan juga memiliki output daya spesifik yang mengesankan 185 cv / l. Torsi maksimumnya sekarang lebih tinggi dibandingkan semua mesin, memuncak pada 770 Nm pada 3.250 rpm.

Ferrari V8 menggabungkan solusi yang telah disempurnakan sehingga menjadi sebuah mesin mahakarya. Unit daya ini secara khusus semakin meningkatkan ciri khas semua mesin Maranello dengan progresif yang lancar, akselerasi tanpa batas dan zero turbo lag, dipadukan dengan soundtrack unik dari sistem knalpot baru.

Mobil baru ini menawarkan emosi pengendara yang murni. Daya yang dapat diakses secara instan cocok dengan penanganan yang luar biasa berkat solusi dinamika kendaraan yang canggih. Termasuk versi baru dari Ferrari Dynamic Enhancer (FDE +) yang sekarang dapat diaktifkan di posisi RACE manettino, sebuah langkah yang dirancang untuk membuat kinerja yang lebih mudah dijangkau dan dikendalikan.

Untuk mencapai peningkatan daya 50 cv dibandingkan dengan 488 Spider, saluran intake baru berasal langsung dari 488 Challenge. Dalam F8 Spider, intake udara telah dipindahkan dari sayap ke belakang di mana mereka terletak di kedua sisi spoiler yang terhubung langsung ke pleno. Hal ini secara drastis memastikan aliran udara yang lebih besar ke mesin, sehingga meningkatkan daya. Aliran udara juga mendapat manfaat dari peningkatan tekanan dinamis yang diciptakan oleh bentuk spoiler belakang.

Adaptive Performance Launch bisa menganalisa cengkeraman ketika mobil berakselerasi dan kemudian menggunakan kontrol elektronik untuk mengoptimalkan torsi yang disampaikan agar sesuai dengan tingkat cengkeraman jalan, mengurangi selip roda dan memaksimalkan akselerasi.

"Wall Effect" rev limiter adalah terbosoan baru dalam hal performa mesin yang ekstrim. Bukannya membatasi putaran pada batas, ia terputus tepat pada garis merah 8.000 rpm, memaksimalkan jumlah daya yang tersedia dalam pengendalian dinamis dan dapat meningkatkan waktu putaran.

Yang diadopsi sekali lagi pada model ini adalah strategi Manajemen Variable Torque Ferrari yang sangat sukses diimplementasikan ke semua roda gigi. Untuk menyesuaikannya dengan ciri khas sporty mobil yang ekstrem, semua kurva torsi dirancang ulang untuk menghadirkan akselerasi yang mulus dan kuat secara konsisten hingga garis merah. Torsi maksimum adalah 10 Nm lebih tinggi daripada pada 488 Spider dan tersedia bahkan pada kecepatan mesin yang lebih rendah.

Mesin F8 Spider juga mewarisi solusi pengurangan berat badan yang sangat efisien dari 488 Pista yang telah memangkas bobot unit daya hingga 18 kg lebih ringan dibanding 488 Spider. Pengurangan bobot putaran dan massa non-statis, seperti batang titanium, crankshaft dan flywheel, memungkinkan adanya peningkatan kecepatan mesin dengan sangat pesat sehingga pengemudi dapat melihat jarum penghitung putaran seperti terbang, terutama dalam transisi cepat seperti pemindahan gigi dan akselerasi gigi rendah yang mendadak, membuat mobil ini terasa lebih sporty. Pengurangan berat massa pada komponen mesin yang berputar ini menghasilkan pengurangan momen inersia sebesar 17%.

Manifolds knalpot inconel yang berasal dari 488 Challenge sendiri mengurangi bobot mesin hingga 9,7 kg. Seluruh bagian knalpot telah dimodifikasi secara ekstensif, mulai dari turbo hingga pipa ekor untuk menghasilkan suara yang benar-benar unik semata untuk mobil ini. Hasilnya adalah timbre mesin yang tepat, yang unggul dalam intensitas serta kualitas suara. Saluran pembuangan juga dilengkapi dengan Gasoline Particulate Filter (GPF) baru untuk memenuhi persyaratan homologasi baru.

Desain

Didesain oleh Ferrari Styling Center, F8 Spider meneruskan arahan yang dimulai dari F8 Tributo yang menjembatani gaya desain baru yang akan terus menekankan karakteristik-karakteristik utama Ferrari, yakni kinerja tinggi dan efisiensi aerodinamika ekstrem.

Saat merancang ‘Spider’, pilihan bagian atas akan selalu memainkan peran mendasar bagi keseluruhan tampilan mobil. Selama beberapa tahun terakhir, Ferrari telah mengadopsi bagian atas yang keras karena kenyamanannya. Dengan demikian, desain garis F8 Spider dibuat berdasarkan RHT (Retractable Hard Top).

Kunci keseluruhan desain terletak pada pergeseran garis pemisah antara bodi mobil dan atap dari posisi konvensionalnya di garis sabuk (tingkat bahu pengguna) ke atas pilar-B. Dengan demikian, bagian atas itu sendiri lebih kompak dan memiliki dua dimensi, sehingga dapat terbagi menjadi dua bagian dan disimpan di atas mesin.

Hanya butuh waktu 14 detik untuk menggunakan atau menggulung RHT, dan ia dapat ditutup atau dibuka saat mobil melaju hingga kecepatan 45 km / jam.

Eksterior

Ferrari Styling Centre bermaksud untuk merancang Spider F8 sebagai tribute yang penuh dengan gaya untuk mesin Ferrari V8, dengan mengembangkan konten F8 Tributo dan mengambil inspirasi dari mobil sport V8 bermesin tengah-belakang yang paling ikonik dalam sejarah Ferrari. Hasilnya adalah sebuah mobil berkepribadian kuat dengan desain yang bahkan lebih sporty- yang secara gamblang terinspirasi oleh aerodinamika mobil yang canggih.

S-Duct menjadi ciri tampilan depan mobil, dimana di sekelilingnya seluruh ujung depan telah dirancang ulang untuk menonjolkan modifikasi-modifikasi aerodinamika ekstensif yang telah diciptakan khusus untuk bagian ini. Contoh paling jelas adalah lampu depan LED horizontal baru yang kini lebih ringkas.

Spoiler belakang didesain ulang secara keseluruhan, sehingga menjadi lebih besar dan membungkus area sekitar lampu ekor, dan secara kasat mata menurunkan pusat gravitasi mobil dan memungkinkan kembalinya klaster lampu kembar klasik dan warna senada antara ekor dan badan mobil- pertanda lain dari gaya Berlinetta 8-silinder awal seperti model pertama di seri legendaris tersebut, yakni 308 GTB.

Salah satu ciri khas F8 Spider adalah kap mesin. Kap yang berbentuk seperti ikan manta itu ditunjang oleh rangka dari kaca belakang menuju ke bawah sayap spoiler, mengikuti arah aliran udara.

Dua sayap yang muncul dari bagian tengah berpadu harmonis dengan kerangka bodi, memberikan sensasi visual yang berkesinambungan dari segala sudut. Elemen sayap ini terambang, membuka jalan bagi ventilasi udara di bawahnya yang membantu meredakan hawa panas dari mesin. Tiga planka di elemen tambahan pada kap mesin juga ikut berperan penting, selain fungsinya sebagai ikon gaya kaca belakang versi coupe. Planka tersebut dicat hitam untuk mengurangi beban dan memberikan kesan visual yang kuat bagi desainnya.

Garis lambang yang terdapat di kap bodi samping meliuk-liuk sampai ke belakang dan ke spoiler, membentuk ‘leher angsa’ ala F1 (pilar belakang yang menunjang sayap belakang), yang memperkuat kesan pada mobil yang sudah terlebih dulu berkarakter sporty.

 KOkpit

Kokpit F8 Spider mempertahankan kesan klasik khas mobil berlinetta Ferrari, dengan mesin yang agak menjorok ke belakang. Sebuah konsep yang memunculkan hubungan simbiosis antara pengendara dan mobil, seperti yang sering ada di F1, dengan semua tombol kontrol terdapat di setir mobil. Dudukan mobil juga baru.

Dashboardnya terbuat dari panel aluminium yang menunjang bagian tengah, memanjang sampai ke dashboard itu sendiri. Untuk menciptakan kesan ringan, seutas serat karbon ditaruh sebagai pemisah antara bagian atas dan bawah, yang membentuk kontur tampilan. Bagian ini juga mencakup layar 7 inci opsional. Dashboard dilengkapi instrumen klasik dengan RPM utama.

Tunnel jelas-jelas terpisah dari dashboard dan terletak di bawahnya untuk memperkuat kesan ringan yang muncul dari desain interior mobil. Ada semacam penghubung yang tampak mengambang dan memberi nuansa kontur pada kabin.

Aerodinamis

Ferrari F8 Spider sudah menerapkan inovasi dan solusi aerodinamis yang terbaru dari pengalaman balap Ferrari GT dan Challenge dan menggabungkannya menjadi mobil konvertible yang memungkinkan pengendara dengan bermacam kemampuan menikmati performa pacu yang tertinggi.

Dalam mobil F8 Spider, posisi radiator depan  tidak seperti 488 Spider yang radiatornya ada di belakang, sangat bermanfaat dalam hal pendinginan, tapi hal ini mempersempit permukaan underbody yang bisa membangkitkan downforce. Geometri saluran  pembuangan udara panas seharusnya didesain ulang untuk memastikan bahwa downforce maksimum bisa tercipta sekaligus mengurangi perlambatan. Hal ini berkat interaksi positif antara aliran yang keluar dari radiator dan roda depan.  

Dinamika Kendaraan

Tingkat performa keseluruhan secara signifikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan 488 Spider, berkat peningkatan daya, pengurangan bobot, dan peningkatan koefisien aerodinamis. Performa itu sekarang juga dapat diakses oleh sebagian besar pengemudi berkat sistem dinamika kendaraan yang menjadikan mengemudi berada di batas pengalaman yang lebih mudah dan lebih menginspirasi kepercayaan diri. Termasuk roda kemudi dengan pelek berdiameter lebih kecil dan pengenalan Ferrari Dynamic Enhancer Plus baru ke dalam konsep SSC yang terintegrasi, sekarang dalam versi 6.1.

Untuk mencapai tujuan mereka dalam membuat performa mobil yang mengesankan menjadi mudah diakses dan dikendalikan, para engineer Ferrari bekerja untuk mengintegrasikan kinerja mesin dan aerodinamika dengan iterasi terbaru dari sistem kontrol dinamika kendaraan. Sistem Kontrol Slip Samping, yang meningkatkan kontrol pengemudi pada batas yang lebih menarik di belakang kemudi, telah dikembangkan lebih lanjut. Transisi dari versi 6.0 ke 6.1 mencerminkan fakta bahwa sistem Ferrari Dynamic Enhancer (FDE +) sekarang juga aktif di posisi Race dari manettino.

FDE adalah sistem kontrol dinamika lateral yang menggunakan perangkat lunak Ferrari untuk menyesuaikan tekanan rem pada kaliper. Pertama kali diterapkan pada 488 Pista dan kemudian diadopsi oleh 488 Pista Spider. Selanjutnya, F8 Tributo menggunakan versi FDE + baru dengan fungsi yang diperluas yang sekarang juga digunakan pada F8 Spider. Sistem kontrol, yang beroperasi melalui dan keluar dari tikungan (tetapi tidak di bawah pengereman), sekarang juga meluas ke kondisi cengkeraman rendah dan pengaturan Race dari manettino.

Perawatan Selama 7 Tahun

Standar kualitas Ferrari yang tak tertandingi dan peningkatan fokus pada layanan klien mendukung program pemeliharaan selama tujuh tahun ditawarkan oleh F8 Spider. Tersedia di seluruh jajaran Ferrari, program ini mencakup semua perawatan rutin selama tujuh tahun pertama mobil. Perawatan terjadwal ini adalah layanan eksklusif yang memungkinkan klien mendapatkan kepastian bahwa mobil mereka berada pada performa dan keselamatan terbaik selama bertahun-tahun. Layanan yang sangat istimewa ini juga tersedia untuk pemilik yang membeli secondhand Ferrari

Perawatan rutin (dengan interval 20.000 km atau setahun sekali tanpa batasan jarak tempuh), suku cadang asli, dan pemeriksaan cermat oleh staf yang dilatih langsung di Pusat Pelatihan Ferrari di Maranello menggunakan alat diagnostik paling modern hanyalah beberapa keunggulan dari Genuine Maintenance Programme.

Layanan ini tersedia di semua pasar di seluruh dunia dan dari semua Dealer di Jaringan Dealer Resmi.

Genuine Maintenance programme selanjutnya memperluas jangkauan layanan purna jual yang ditawarkan oleh Ferrari untuk memuaskan klien yang ingin mempertahankan performa dan keunggulan yang merupakan sebuah sebuah signature dari semua mobil yang dibangun di pabrik di Maranello yang selalu identik dengan teknologi terdepan dan sporty ini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Tekstil

Senin, 16 September 2019 - 07:15 WIB

Kemenperin Rajut Harmonisasi Industri Tekstil Nasional

Kementerian Perindustrian bersama para stakeholder sedang berupaya melakukan harmonisasi tarif di industri tekstil dan produk tekstil (TPT), mulai dari sektor hulu sampai hilir sehingga untuk…

Senin, 16 September 2019 - 07:13 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Pekanbaru

Pekanbaru - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan syariah. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan…

Robert Walters Indonesia Meraih Predikat The Best Companies To Work For In Asia

Senin, 16 September 2019 - 06:00 WIB

Robert Walters Indonesia Meraih Predikat “The Best Companies To Work For In Asia”

Robert Walters Indonesia, perusahaan spesialis rekrutmen profesional berskala global dinobatkan sebagai “The Best Companies To Work For In Asia 2019” oleh HR Asia Magazine. Pada tahun ini,…

Lion Air (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 05:00 WIB

Lion Air Mengutamakan Faktor Keselamatan, Dampak Kabut Asap

Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan terbaru pada Sabtu (14/ 9/2019) hingga pukul 15.00…

Menkominfo Rudiantara (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 05:00 WIB

Resmi Dibuka Oleh Menteri Kominfo, IDBYTE ESPORTS 2019

IDBYTE ESPORTS 2019 yang menghadirkan rangkaian acara berupa konferensi esports pertama di Indonesia, kompetisi PUBG Mobile, serta ajang pencarian bakat untuk pegiat industri kreatif di industri…