Kadin Indonesia Bakal Gelar Misi Bisnis ke-14 Negara Eropa dan Amerika Serikat

Oleh : Ridwan | Rabu, 04 September 2019 - 19:45 WIB

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia untuk Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani
Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia untuk Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia akan mengadakan misi bisnis ke 14 negara Eropa dan Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat hubungan investasi dan perdagangan, menindaklanjuti negosiasi perjanjian dagang yang sedang berlangsung, dan merayakan peringatan hubungan diplomatik dengan beberapa negara tujuan. 

Misi bisnis ke Eropa akan diadakan dari 13 September hingga 7 Oktober 2019 dengan mengunjungi Turki, Bulgaria, Yunani, Serbia, Rumania, Belanda, Slovakia, Polandia, Swiss, Jerman, Italia, Inggris, Belgia dan akan berakhir di Prancis. 

Sedangkan, misi bisnis ke AS akan diadakan dari 23 September hingga 9 Oktober 2019 dengan mengunjungi New York, Washington, Atlanta, dan Los Angeles.

Pada tahun 2018, hubungan dagang antara Indonesia dengan 14 negara Eropa tersebut menunjukkan tren positif dengan total perdagangan mencapai USD 27,8 miliar yang terdiri dari USD 15,4 miliar ekspor dan USD 12,4 miliar impor, hal ini memberikan surplus sebesar USD 2,9 miliar untuk Indonesia dengan perdagangan terbesar terjadi antara Indonesia dan Belanda. 

Sementara hubungan perdagangan antara Indonesia dan AS mencapai USD 28,68 miliar yang terdiri dari USD 18,4 miliar ekspor dan USD 10,2 miliar impor, yang menghasilkan surplus sebesar USD 8,26 miliar untuk Indonesia. 

Di sisi investasi, pada tahun 2018, 14 negara Eropa tersebut telah menginvestasikan lebih dari USD 2 miliar untuk 2.725 proyek dengan investasi terbesar berasal dari Jerman. Sedangkan dari AS, total investasi mencapai USD 1,2 miliar melalui 572 proyek.

Misi bisnis ini akan fokus pada visi Making Indonesia 4.0 diprakarsai oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai 10 besar ekonomi dunia pada tahun 2030. 

Dengan demikian, pada kesempatan ini, KADIN Indonesia akan fokus pada beberapa sektor seperti produk pertanian, industri kimia, industri pengemasan, industri makanan dan minuman, logistik, pembuatan kapal, operasi pelabuhan maritim, produk perikanan dan laut, mebel dan kerajinan tangan, tekstil dan pakaian jadi, peralatan kesehatan, pariwisata, pengelolaan air dan limbah, infrastruktur dan konstruksi, mesin dan otomotif, industri logam dan kedirgantaraan, ritel, pengembangan UKM, mode berkelanjutan, energi dan energi terbarukan, serta industri kreatif.

Misi bisnis ke Eropa dirangkum dalam 4 forum bisnis utama yang akan dilaksanakan di Istanbul, Rotterdam, Frankfurt, dan Milan. Sementara untuk negara lain, delegasi akan fokus pada kunjungan industri, diskusi kelompok trearah/focus group discussion, dan pencocokan bisnis. 

Di Inggris misalnya, forum bisnis akan fokus pada kunjungan ke industri manufaktur barang konsumsi, industri ritel, kedirgantaraan, dan industri lain yang erat kaitannya dengan Indonesia. Di sisi lain, misi bisnis ke Amerika Serikat akan diadakan dalam bentuk forum bisnis di semua kota tujuan, kunjungan industri, dan jamuan untuk mempererat jaringan bisnis.

Sebagai rangkaian dari misi bisnis ini, KADIN juga menyelenggarakan Program Akses Pasar untuk mendukung UKM yang melakukan ekspor khususnya ke pasar Eropa. Program ini akan dilakukan melalui Indonesian Pop Up Store dan Indonesia Eco Fashion Week. Indonesian Pop Up Store adalah pameran penetrasi pasar selama 4 bulan di Stadsfeestzaal, Antwerp diikuti dengan pertemuan bisnis dengan pelaku usaha distribusi di Eropa. 

Dalam Indonesia Eco Fashion Week, akan diadakan kunjungan pasar, pertemuan desainer Indonesia dan Eropa, peragaan busana, dan pertemuan bisnis. Busana yang ditampilkan pada Indonesia Eco Fashion Week adalah mode dari bahan ramah lingkungan seperti serat alami, pewarnaan alami, dan bahan pengganti seperti serat bambu. 

Ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengedukasi industri mode Eropa bahwa Indonesia juga aktif berpartisipasi dalam penciptaan mode berkelanjutan. Program akses pasar Eropa diselenggarakan bekerja sama dengan Mutigo Group dan Adhyata Indonesia untuk Indonesian Pop Up Store dan Eco Fashion Week Indonesia (EFWI) untuk Indonesia Eco Fashion Week.
 
"Misi bisnis ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dan negara-negara tujuan, baik di Eropa dan AS serta untuk bertukar wawasan ilmu pengetahuan guna mencapai visi Indonesia 4.0," kata Shinta Widjaja Kamdani, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia untuk Hubungan Internasional di Jakarta, Rabu (4/9).

Karenanya, lanjut Shinta, KADIN Indonesia secara aktif bekerja sama dengan dan didukung oleh kementerian terkait seperti Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Indonesia di negara tujuan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Transportasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Lembaga terkait seperti Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia, serta Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Dairi dari Provinsi Sumatera Utara. 

Acara ini juga didukung oleh CRIF International melalui PT Visiglobalindo Data Utama, Van Oord Indonesia, Damen International, Port of Rotterdam, dan PT Pan Brothers Tbk untuk Misi Bisnis ke Eropa. Sedangkan Roadshow KIKAS USA diselenggarakan oleh Komite KADIN Indonesia untuk Amerika Serikat dan didukung oleh Bank Mandiri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lintasarta meraih penghargaan Frost & Sullivan: Asia Pacific Best Practices Award 2019

Jumat, 15 November 2019 - 21:01 WIB

Lintasarta Sabet Penghargaan Internasional Cloud Infrastructure Services Provider of The Year

Singapura: Lintasarta meraih penghargaan Frost & Sullivan: Asia Pacific Best Practices Award 2019 untuk kategori “Indonesia Cloud Infrastructure Services Provider of the Year”. Penganugerahan…

Founder & CEO PT Kuliner Anak Indonesia, Gunawan dan Business Development Director Ayam Legit, Indra Putranto (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 November 2019 - 20:38 WIB

Bisnis Kuliner Kian Melejit, KAI Hadir Dengan Brand Baru Ayam Legit

Bisnis food and baverage kian melejit di era yang serba digital ini. Apalagi dibantu dengan adanya sinergi antara pemilik restoran dan penyedia layanan food delivery dari transportasi online.…

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 November 2019 - 20:35 WIB

Kuartal III 2019, Laba Bank Bukopin Capai Rp151 Miliar

Jakarta - Bank Bukopin membukukan laba bersih sebesar Rp151 miliar hingga kuartal III/2019, meningkat sebesar 9,80% dibandingkan dengan pencapaian laba bersih pada periode yang sama tahun lalu…

Direksi Bank Bukopin memainkan angklung

Jumat, 15 November 2019 - 20:24 WIB

Bank Bukopin Inovasi Kredit Pacu Pertumbuhan Kinerja

Bandung - Produk-produk unggulan yang akan menjadi diferensiasi Perseroan dalam menyalurkan kredit adalah Flexy Bill, Flexy Gas, Flexy Health, dan Invoice Financing. Target Kredit Hingga akhir…

Bank DKI dapat anual report award 2018

Jumat, 15 November 2019 - 19:10 WIB

Laporan Tahunan Bank DKI Raih Annual Report Awards

Jakarta - Atas komitmen Bank DKI terhadap keterbukaan informasi, Bank DKI berhasil menjadi pemenang ke II Annual Report Award 2018 pada kategori BUMD Listed.