Tiga Kementerian Bakal Teken MoU Penyediaan Rumah Hunian bagi Pekerja di Kawasan Industri

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 September 2019 - 10:10 WIB

Kawasan Industri Deltamas (Istimewa)
Kawasan Industri Deltamas (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya menyediakan hunian yang layak bagi para pekerja di wilayah kawasan industri. Hal ini menyikapi banyaknya rumah kos-kos liar yang dinilai membuat lingkungan di sekitaran kawasan industri menjadi "kumuh".

"Konsep (hunian) sedang dibahas oleh tiga Kementerian yaitu, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Ketenagakerjaan," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Selasa (3/9).

Untuk konsep awal, jelas Khalawi, nantinya rumah hunian bagi para pekerja di kawasan industri itu sifatnya sewa rusunawa. "Pekerja di kawasan industri itu kan biasanya pendatang bukan penduduk asli, sehingga dia (pekerja) cukup untuk sewa tempat tinggal," terangnya.

Menurut Khalawi, seyogyanya pengelola kawasan industri menyediakan lahan untuk hunian bagi para pekerja. "Memang seharusnya disediakan lahan untuk pengembangan rumah hunian bagi para pekerja agar tidak muncul rumah kos yang peruntukannya menjadi tidak tepat," tutur Khalawi.

Oleh karena itu, tambah Khalawi, pihaknya juga mendorong pengelola kawasan industri untuk menyediakan rumah hunian untuk pekerjanya, disamping pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah. "Kita dorogn juga pengelola kawasan industri untuk menyediakan rumah hunian bagi pekerjanya, selain yang akan dikembangkan oleh pemerintah," paparnya.

Meskipun belum menyebutkan berapa jumlah unit yang akan disediakan, Khalawi menegaskan bahwa Memorandum of Undestanding (MoU) antar tiga Kementerian akan selesai pada akhir tahun ini. "Segera rampung, MoU ditargetkan selesai akhir tahun ini," katanya.

Ditempat berbeda, Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, Ignatius Warsito membenarkan hal tersebut.

Dijelaskan Warsito, untuk konsepnya sedang dibahas antar tiga Kementerian. "Konsepnya sedang kami bahas, mudah-mudahan bisa selesai akhir tahun ini," tutur Warsito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:00 WIB

Indonesia Sudah Terhubung Internet Kecepatan Tinggi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan Proyek Palapa Ring secara keseluruhan telah resmi beroperasi. Di hadapan Presiden Joko Widodo, Menteri Rudiantara menjelaskan, meskipun…