PGN Bakal Kebut Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi di Berbagai Daerah

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Agustus 2019 - 11:05 WIB

Pgn (Istimewa)
Pgn (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berkomitmen membangun infrastruktur gas bumi untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen termasuk sektor industri yang terus tumbuh di berbagai daerah.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan, pemanfaatan gas bumi telah terbukti mampu mendorong efisiensi dan penguatan daya saing berbagai sektor bisnis. 

"Sebagai subholding gas, PGN memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk terus memperkuat sektor industri di berbagai daerah dengan gas bumi," kata Rachmat di Jakarta (28/8) malam.

Ditambahkan Rachmat, hingga saat ini PGN telah membangun dan mengelola lebih dari 10 ribu jaringan pipa gas bumi dan melayani lebih dari 300 ribu konsumen dari berbagai segmen pasar di berbagai daerah di Indonesia.

"Saat ini PGN tengah fokus dengan sejumlah proyek infrastruktur untuk optimasi pemanfaatan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia. Diantaranya, membangun proyek pipa gas Gresik-Semarang sejauh 267 kilometer yang akan mengalirkan gas dari blok migas Jambaran Tiung Biru," terangnya.

Menurutnya, jaringan pipa gas Gresik-Semarang akan menjamin wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya mendapatkan pasokan gas secara berkelanjutan. 

"Infrastruktur ini juga dapat mendukung berkembangnya sentra industri baru di Jawa Tengah sejalan dengan pembangunan  tol Trans Jawa," jelas Rachmat.

Sementara di Jawa Timur, saat ini PGN tengah membangun fasilitas LNG Terminal dengan kapasitas 40 BBTUD untuk meningkatkan realibility dan sustainability pasokan gas bumi. 

Terbaru, PGN Lampung akan memasang 6.000 jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di tiga kecamatan di Bandar Lampung. Tiga kecamatan tersebut akan dialiri jargas pada 2020 mendatang. 

"Keberadaan jargas diharapkan mempermudah masyarakat dalam penggunaan bahan bakar," tutur Rachmat.

Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, pemerintah terus mendorong sektor industri manufaktur untuk terus memperbanyak inovasi. 

"PGN sebagai subholding gas yakin dengan komitmen dan inovasi bisa terus mengoptimasi pemanfaatan energi baik gas bumi untuk sektor industri manufaktur," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Easy Shopping Donasikan THR kepada Pelanggannya

Jumat, 29 Mei 2020 - 05:00 WIB

Easy Shopping Donasikan THR kepada Pelanggannya

Tidak dapat dipungkiri, bahwa tahun 2020 ini adalah tahun yang sulit bagi semua orang. Mulai dari pemilik bisnis, karyawan, hingga pekerja lepas tidak ada yang lepas dari kesulitan ekonomi,…

Baksos Donor Darah Prajurit Satgas Pamtas Yonif 411 Merauke

Jumat, 29 Mei 2020 - 04:00 WIB

Baksos Donor Darah Prajurit Satgas Pamtas Yonif 411 Merauke

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon ke-53 ditengah pandemi Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad memaknainya dengan melaksanakan kegiatan bakti sosial…

Latihan Cross Country Tingkatkan Kemamuan Fisik Prajurit Marinir Surabaya

Jumat, 29 Mei 2020 - 03:30 WIB

Latihan Cross Country Tingkatkan Kemamuan Fisik Prajurit Marinir Surabaya

Dalam rangka menjaga ketahanan dan meningkatkan kemampuan fisik serta membina ketangkasan seluruh Prajurit “BAJRA GHOSA” slogan Batalyon Roket 2 Marinir melaksanakan latihan Cross Country…

Resimen Artileri 3 Marinir Terlibat Program Ketahanan Pangan

Jumat, 29 Mei 2020 - 03:00 WIB

Resimen Artileri 3 Marinir Terlibat Program Ketahanan Pangan

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan, prajurit Menart 3 Marinir ditengah merebaknya virus corona (covid-19) yang menjadi pandemi global telah berhasil menyulap lahan kosong yang ada disekitar…

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…