PGN Bakal Kebut Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi di Berbagai Daerah

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Agustus 2019 - 11:05 WIB

Pgn (Istimewa)
Pgn (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berkomitmen membangun infrastruktur gas bumi untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen termasuk sektor industri yang terus tumbuh di berbagai daerah.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menjelaskan, pemanfaatan gas bumi telah terbukti mampu mendorong efisiensi dan penguatan daya saing berbagai sektor bisnis. 

"Sebagai subholding gas, PGN memiliki komitmen yang sama dengan pemerintah untuk terus memperkuat sektor industri di berbagai daerah dengan gas bumi," kata Rachmat di Jakarta (28/8) malam.

Ditambahkan Rachmat, hingga saat ini PGN telah membangun dan mengelola lebih dari 10 ribu jaringan pipa gas bumi dan melayani lebih dari 300 ribu konsumen dari berbagai segmen pasar di berbagai daerah di Indonesia.

"Saat ini PGN tengah fokus dengan sejumlah proyek infrastruktur untuk optimasi pemanfaatan gas bumi di seluruh wilayah Indonesia. Diantaranya, membangun proyek pipa gas Gresik-Semarang sejauh 267 kilometer yang akan mengalirkan gas dari blok migas Jambaran Tiung Biru," terangnya.

Menurutnya, jaringan pipa gas Gresik-Semarang akan menjamin wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya mendapatkan pasokan gas secara berkelanjutan. 

"Infrastruktur ini juga dapat mendukung berkembangnya sentra industri baru di Jawa Tengah sejalan dengan pembangunan  tol Trans Jawa," jelas Rachmat.

Sementara di Jawa Timur, saat ini PGN tengah membangun fasilitas LNG Terminal dengan kapasitas 40 BBTUD untuk meningkatkan realibility dan sustainability pasokan gas bumi. 

Terbaru, PGN Lampung akan memasang 6.000 jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di tiga kecamatan di Bandar Lampung. Tiga kecamatan tersebut akan dialiri jargas pada 2020 mendatang. 

"Keberadaan jargas diharapkan mempermudah masyarakat dalam penggunaan bahan bakar," tutur Rachmat.

Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, pemerintah terus mendorong sektor industri manufaktur untuk terus memperbanyak inovasi. 

"PGN sebagai subholding gas yakin dengan komitmen dan inovasi bisa terus mengoptimasi pemanfaatan energi baik gas bumi untuk sektor industri manufaktur," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…