Pegawai Milenial Ujung Tombak BUMN Jadi Perusahaan Terbaik di Dunia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Agustus 2019 - 12:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merekrut 3.311 orang untuk menjadi pegawai di beberapa perusahaan BUMN. Menteri BUMN Rini M. Soemarno berpesan bahwa para anak muda yang lulus seleksi dalam Program Perekrutan Bersama (PPB) 2019 harus menjadi garda terdepan dalam mendorong BUMN menjadi perusahaan terbaik kelas dunia.

“Saya berharap 10 tahun dari sekarang, BUMN bisa menjadi pemain di pasar global. Bisa masuk 10 besar atau 100 besar perusahaan global terbaik. Nanti, kalianlah yang menjadi ujung tombak dalam mewujudkan harapan tersebut,” ujar Menteri Rini dalam acara Inaugurasi Program Perekrutan Bersama (PPB) 2019 di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dalam inaugurasi ini, PPB berhasil merekrut 3.311 putra-putri terbaik yang lulus seleksi di 116 BUMN termasuk teman-teman penyandang disabilitas dan putra-putri dari Kawasan Timur Indonesia (KTI). Program ini dibuat untuk mendukung arahan Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul yang berakhlak mulia, pekerja keras, berhati Indonesia dan berideologi Pancasila.

“Program ini baru pertama kali diadakan dengan tujuan untuk mensinergikan penciptaan lapangan pekerjaan dan pemerataan kesempatan kerja bagi putra-putri  Indonesia untuk bergabung di Perusahaan BUMN,” tegasnya.

Menurutnya, proses seleksi dalam PPB ini dilakukan dengan memastikan kesesuaian kandidat terhadap nilai-nilai BUMN yaitu integritas, profesional, menjunjung persatuan bangsa dan NKRI sertamenghargai keberagaman sekaligus meningkatkan inklusi. Rini menegaskan kehadiran BUMN akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sehingga citra dan reputasi akan semakin baik dan positif dari waktu ke waktu.

“Hasil riset McKinsey mengatakan bahwa generasi Z merupakan generasi yang toleran, berpikiran terbuka dan kreatif. Untuk itu, adik-adik generasi Z BUMN ini harus menjadi garda depan dalam merekatkan bangsa dan mempersatukan Indonesia,” jelas Menteri Rini.

Lebih lanjut, dia berharap pekerja BUMN yang lulus seleksi ini mampu membawa inovasi baru yang disruptif dan mengubah hambatan menjadi peluang, mengubah kelemahan menjadi kekuatan dan mengubah hal yang tidak berharga menjadi bernilai untuk rakyat Indonesia. Selain itu, para pekerja BUMN diminta untuk selalu kreatif, cerdas dan berani untuk melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan.

Menteri Rini menambahkan BUMN harus menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Bahkan, BUMN didorong untuk menjadi urat nadi dalam meningkatkan perekonomian di daerah-daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia.

“BUMN harus menjadi urat nadi untuk daerah-daerah yang  masih harus dipacu dalam membangkitkan perekenomiannya. Sebab, BUMN-BUMN ini berada di jantung-jantung perekonomian hingga ke pelosok tanah air,” kata Menteri Rini

Dalam PPB 2019, peserta yang berhasil registrasi sebanyak 995.595 orang. Usai diseleksi administrasi, 583.550 orang berhasil lulus. Dengan proses seleksi tersebut, 3.311 orang lulus seleksi. Rinciannya, 2.937 lulusan regular, 117 lulusan program disabilitas dan 196 lulusan kawasan Indonesia Timur.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerbang Tol Pekanbaru

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:26 WIB

Sudah 99,07 Persen, Tol Pekanbaru-Dumai Siap Tingkatkan Konektivitas Kawasan Industri di Provinsi Riau

Saat ini progres fisik tol ini telah mencapai 99,07% dan ditargetkan dapat beroperasi penuh dalam waktu dekat. Kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi riau…

Escavator di lahan rawa

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:20 WIB

Enggak Bakalan Kelaparan, Lumbung Pangan Digalakkan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau langsung titik-titik lokasi lahan rawa pengembangan food estate atau lumbung pangan dan saluran primer induk…

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:15 WIB

Sukses di Basket dan Sepak Bola, Erick Thohir Calon Ketum PBSI?

Masa bakti ketua umum (ketum) Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) periode 2016-2020 Wiranto akan berakhir dan nama Erick Thohir muncul menjadi salah satu kandidat…

Kawasan Industri Kendal ,Jawa Tengah (jababeka)

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Kawasan Industri Kendal Siap Menjadi Rumah Industri Manufaktur Dunia

Presiden Direktur Kawasan Industri Kendal (KIK) Stanley Ang mengungkapkan bahwa pihaknya siap menerima investor yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo

Kamis, 09 Juli 2020 - 15:10 WIB

Jokowi Kembali Kesal kepada Menterinya: Disuruh WFH Kok Malah Kaya Cuti

"Jangan sampai tiga bulan yang lalu kita menyampaikan bekerja dari rumah, work from home (WFH), yang saya lihat ini kayak cuti malahan. Padahal pada kondisi krisis, kita harusnya kerja lebih…