KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)
KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Local Responsible Peer-to-peer (P2P) lending KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.

Pada kompetisi ini, Jonathan Bryan selaku Chief Marketing Officer mewakili KoinWorks untuk menyampaikan presentasinya di depan para juri terkait. Kompetisi ini juga diadakan bersamaan dengan kegiatan Finance Indonesia 2019 pada 21-22 Agustus 2019 bertempat di lokasi yang sama.

Pada kompetisi ini, KoinWorks berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan. Pada presentasinya, Jonathan menceritakan keadaan pasar dimana terdapat 59,2 juta pelaku UKM di Indonesia dan 64% diantaranya adalah mereka yang masih berstatus underbanked dan unbankable.

Melihat situasi dan kondisi yang ada di masyarakat, KoinWorks sebagai local responsible P2P lending platform berkomitmen untuk membuka akses menggunakan kemajuan teknologi dan digital terhadap produk keuangan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Namun menemukan kesulitan dalam pengajuan pinjaman di institusi keuangan konvensional yang ada.

"Berdasarkan data yang kami dapatkan, 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia berasal dari pelaku UKM. Namun ironinya, banyak pelaku UKM yang merasa kesulitan untuk mendapatkan akses produk keuangan yang ditawarkan institusi keuangan konvensional yang ada," kata Jonathan di Jakarta, Jumat (23/8).

Hal ini kata Jonathan dikarenakan tidak lengkapnya data yang dibutuhkan dan aset untuk dijadikan kolateral.

"Untuk itulah kami membangun sebuah data network dari ekosistem pelaku UKM agar dapat membantu para UKM dalam mendapatkan kebutuhan finansialnya," tututnya.

Inovasi dari solusi yang diberikan oleh KoinWorks dalam menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat Indonesia dinilai sangat sukses oleh para dewan juri yang terdiri dari para senior bankers, fintech experts dan venture capital.

Para pelaku UKM yang telah mendapatkan akses finansial melalui KoinWorks mengaku memiliki kenaikan angka penjualan mulai dari 40% - 60%.

Lebih jauh Jonathan menambahkan bahwa hasil dari sistem data network yang dibangun sukses dalam menekan angka NPL KoinWorks yang selalu dibawah 1% dan menghasilkan rata-rata pinjaman di angka 300 hingga 500 juta.

Melalui sistem ini, KoinWorks juga dapat melakukan pre-approval pinjaman dan sameday disbursement untuk para peminjam di KoinWorks.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Dua Kelinci Kembali Jadi Official Partner Real Madrid

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:04 WIB

PT Dua Kelinci Kembali Jadi Official Partner Real Madrid Untuk Kedua Kalinya

PT Dua Kelinci kembali menjadi partner resmi (Official Partner) Real Madrid untuk kedua kalinya setelah sebelumnya pada periode 2011-2014 perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman…

Huawei

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:43 WIB

Karyawan Huawei Hanya Terserang Radang Tenggorokan

Tersiar kabar salah satu pekerja/karyawan Huawei yang terjangkit virus nCoV (corona virus) yang berkantor di Gedung BRI, Jakarta, ternyata tidak benar. Ternyata karyawan tersebut terserang radang…

Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:27 WIB

Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah Wisuda level Ajun Ahli dan Ahli Asuransi Syariah

Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) melakukan Wisuda dan Seminar Ajun Ahli dan Ahli Asuransi Syariah di Jakarta.

Rakernas HIMKI 2020

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:10 WIB

Gelar Rakernas, HIMKI Minta Pemerintah Segera Selesaikan Kebijakan yang Hambat Industri Mebel Nasional

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) optimis bahwa industri mebel dan kerajinan nasional akan terus mengalami pertumbuhan. Asalkan, potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber…

Para Pemain film KKN Di Desa Penari bersama Produser Manoj Punjabi.

Kamis, 23 Januari 2020 - 16:10 WIB

Film ‘KKN Desa Penari’ Film Horor Yang Diambil Dari Cerita Viral di Twitter

Media sosial yang tadinya dianggap hanya bagian dari pergaulan di dunia maya kini tumbuh menjadi sumber ide pembuatan film. Berbagai cerita yang berasal dari platform di dunia maya, memberikan…