KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)
KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Local Responsible Peer-to-peer (P2P) lending KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.

Pada kompetisi ini, Jonathan Bryan selaku Chief Marketing Officer mewakili KoinWorks untuk menyampaikan presentasinya di depan para juri terkait. Kompetisi ini juga diadakan bersamaan dengan kegiatan Finance Indonesia 2019 pada 21-22 Agustus 2019 bertempat di lokasi yang sama.

Pada kompetisi ini, KoinWorks berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan. Pada presentasinya, Jonathan menceritakan keadaan pasar dimana terdapat 59,2 juta pelaku UKM di Indonesia dan 64% diantaranya adalah mereka yang masih berstatus underbanked dan unbankable.

Melihat situasi dan kondisi yang ada di masyarakat, KoinWorks sebagai local responsible P2P lending platform berkomitmen untuk membuka akses menggunakan kemajuan teknologi dan digital terhadap produk keuangan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya. Namun menemukan kesulitan dalam pengajuan pinjaman di institusi keuangan konvensional yang ada.

"Berdasarkan data yang kami dapatkan, 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia berasal dari pelaku UKM. Namun ironinya, banyak pelaku UKM yang merasa kesulitan untuk mendapatkan akses produk keuangan yang ditawarkan institusi keuangan konvensional yang ada," kata Jonathan di Jakarta, Jumat (23/8).

Hal ini kata Jonathan dikarenakan tidak lengkapnya data yang dibutuhkan dan aset untuk dijadikan kolateral.

"Untuk itulah kami membangun sebuah data network dari ekosistem pelaku UKM agar dapat membantu para UKM dalam mendapatkan kebutuhan finansialnya," tututnya.

Inovasi dari solusi yang diberikan oleh KoinWorks dalam menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat Indonesia dinilai sangat sukses oleh para dewan juri yang terdiri dari para senior bankers, fintech experts dan venture capital.

Para pelaku UKM yang telah mendapatkan akses finansial melalui KoinWorks mengaku memiliki kenaikan angka penjualan mulai dari 40% - 60%.

Lebih jauh Jonathan menambahkan bahwa hasil dari sistem data network yang dibangun sukses dalam menekan angka NPL KoinWorks yang selalu dibawah 1% dan menghasilkan rata-rata pinjaman di angka 300 hingga 500 juta.

Melalui sistem ini, KoinWorks juga dapat melakukan pre-approval pinjaman dan sameday disbursement untuk para peminjam di KoinWorks.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Senin, 16 September 2019 - 12:00 WIB

Pengembangan Pariwisata Nias Didukung Multisektor

Pengembangan pariwisata Nias di Sumatera Utara (Sumut) yang kaya dengan beragam potensi alam dan budaya mendapatkan dukungan banyak pihak atau multisektor.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…