Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)
Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Acer memperkenalkan solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT). Teknologi ini menghubungkan beberapa perangkat dalam satu integrasi jaringan untuk memberikan informasi real-time dan keputusan sesuai dengan kebutuhan organisasi di Indonesia.

Seluruh solusi yang diperkenalkan menunjukkan kesiapan Acer dalam membantu perusahaan dan pemerintah mewujudkan smart city pada 2020 dengan melakukan transformasi digital, sekaligus mempersiapkan pelaku bisnis mengimplementasikan Industry 4.0.

Solusi tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, membuat kota semakin efektif dan efisien serta meningkatkan daya saing pertumbuhan ekonomi.

"Kami bangga kini Acer sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan hardware dan solusi yang end-to-end juga dapat berperan aktif dalam menyambut era Industry 4.0 dan membantu pemerintah serta pelaku bisnis dalam mewujudkan smart city pada 2020," kata Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia di Jakarta, Jumat (23/8).

Ini, kata ia tentu sejalan dengan misi pemerintah untuk membangun Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia. Kolaborasi antara swasta, pemerintah dan penyedia solusi, merupakan tiga hal penting dalam komponen smart city.

"Kami, di Acer, sudah mempersiapkan semua perangkat tersebut untuk bersama-sama membantu perusahaan dan pemerintah melakukan transformasi digital menuju smart city," ujar Riko.

Solusi Smart Water dari Acer, memberikan keleluasaan pada perusahaan dan pemerintah setempat dalam mengelola ketersediaan air minum bagi warganya.

Solusi ini juga menghubungkan informasi terkini bagi warga dan perusahaan yang ingin mendapatkan kualitas air dan distribusi air yang terkendali, terutama bagi konsumen perusahaan besar, seperti perusahaan agribisnis.

Bagi konsumen pada tingkat rumahtangga, solusi ini juga memberikan fitur pelaporan secara real-time mengenai pemakaian air.

Pemanfaatan solusi Smart Water sudah diimplementasikan di Kaosiung, Taiwan, bagi perusahaan agribisnis lokal yang membutuhkan distribusi air yang berkualitas untuk irigasi sawah dan peternakan ikan.

Implementasi Smart Water di Kaohsiung meningkatkan efisiensi penggunaan air sebesar 15% dibandingkan saat perusahaan agribisnis tersebut belum menerapkan solusi Smart Water.

Acer Smart Water merupakan solusi komprehensif yang terdiri dari rangkaian teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan berbeda yaitu:

a. Water Quality merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri terhadap ketentuan peraturan pemerintahan yang berlaku mengenai pemantauan kualitas air pada industri besar.

b. Survey/penelitian menunjukkan terjadinya kebocoran penggunaan air yang cukup tinggi hingga 40% (misalnya dalam distribusi, atau penggunaan industri) di negara berkembang.

Water Flow System merupakan solusi untuk memantau dan meningkatkan efektivitas penggunaan dan distribusi air pada tingkat industri atau kawasan.

c. Water Meter merupakan solusi dengan teknologi wireless LORA memungkinkan rumah tangga mengirimkan data penggunaan air secara wireless sehingga mudah dipantau.

Solusi Smart Power dan Smart Lighting, merupakan solusi berteknologi IoT yang memudahkan perusahaan dan pemerintah dalam mengatur pemakaian konsumsi energi listrik untuk penerangan kota, gedung dan instalasinya.

"Solusi ini dapat mengatur kapan konsumsi daya listrik lebih diperlukan atau harus dikurangi, sehingga pengguna bukan saja menghemat biaya tapi juga memberikan daya lebih lama lagi untuk pemakaian listrik di hari lain," jelas Riko.

Terakhir, adalah solusi Smart Agriculture yang membantu perusahaan agribisnis dan petani dalam meningkatkan hasil panen dengan cara memberikan informasi data tentang informasi cuaca dan kondisi tanah, kapan waktu tanam dan panen yang tepat.

"Solusi ini juga membantu petani untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan menghindari kerugian gagal panen akibat cuaca atau hama," terangnya.

Seluruh solusi IoT Acer yang diperkenalkan sudah mulai ditawarkan untuk pasar Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

S.D. Darmono (dok Jababeka)

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:48 WIB

Kawasan Industri dan Pertumbuhan 7 Persen

Dengan pasar yang besar, Indonesia masih akan menjadi daya tarik bagi investor asing untuk berinvestasi. Capaian 6-7 persen sebenarnya masih sangat mungkin. Hanya saja perlu adanya gebrakan.…

Penandatanganan perjanjian kerjasama teknologi digitalisasi bisnis pengendalian hama antara ASPPHAMI dan DATUM

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:40 WIB

ASPPHAMI - DATUM Teken Kerjasama Tingkatkan Teknologi Digitalisasi Bisnis Pengendalian Hama

Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) bersama perusahaan teknologi informasi dan komunikasi asal Malaysia, DATUM menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk meningkatkan…

Jaringan ATM BRI (Foto st)

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:22 WIB

2019, BRI Bukukan Laba Rp 34,41 Triliun

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menorehkan kinerja positif dan diatas rata-rata industri perbankan nasional. Tercatat, di sepanjang tahun 2019 perseroan mencetak laba sebesar…

Menkominfo Johnny dalam diskusi semipanel Spotlight On Indonesia Unicorns and Digital Economy Advancement: The Big Picture di Davos, Swiss.

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:16 WIB

Menkominfo Paparkan Strategi Komprehensif Pemerintah Untuk Dukung Ekosistem Ekonomi Digital di WEF Davos

Bersama Menkominfo, tampil juga Ketua KADIN, Rosan Perkasa Roeslani; Co-founder Traveloka, Albert; Presiden Direktur Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata; dengan moderator Overseas Development…

PT Dua Kelinci Kembali Jadi Official Partner Real Madrid

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:04 WIB

PT Dua Kelinci Kembali Jadi Official Partner Real Madrid Untuk Kedua Kalinya

PT Dua Kelinci kembali menjadi partner resmi (Official Partner) Real Madrid untuk kedua kalinya setelah sebelumnya pada periode 2011-2014 perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman…