Tingkatkan Portofolio, Hero Group Bakal Fokus di Bisnis Nonmakanan

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:05 WIB

PT Hero Supermarket Tbk
PT Hero Supermarket Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah perusahaan ritel modern mulai menyusun strategi baru demi bertahan di tengah bayangan-bayang perlambatan konsumsi. Salah satunya masa depan industri ritel yang menjadi sorotan adalah PT Hero Supermarket Tbk. 

Direktur Hero Supermarket Hadrianus Wahyu Trikusumo mengatakan, perusahaan fokus pada rencana transformasi multi tahun untuk membentuk kembali dan merevitalisasi penawaran kepada konsumen. Langkah ini untuk memastikan kualitas dan meningkatkan produktivitas toko bagi konsumen dan para karyawan.

"Seiring dengan memperkuat proposisi pelanggan dalam bisnis makanan, kami terus mengembangkan bisnis kami yang lain, yakni Guardian dan IKEA, yang berkinerja baik dengan pertumbuhan dua digit keduanya," ujarnya saat acara HUT Hero Group ke 48 di Hero Gondangdia Menteng, Jakarta, Jumat (23/8).

Menurutnya sektor ritel makanan di Indonesia mengalami peningkatan persaingan dalam beberapa tahun terakhir, pelanggan mengubah cara berbelanja. Maka perusahaan pun harus beradaptasi untuk bersaing secara efektif di Indonesia. 

"Seiring dengan proses menyeimbangkan kembali portofolio toko bisnis makanan, perusahaan akan terus berinvestasi dalam membangun dan membuka toko baru, yang mengarah pada bisnis yang lebih kuat dan lebih berkelanjutan di masa depan," ucapnya. 

Di samping bisnis makanan, bisnis nonmakanan terus menunjukkan momentum pertumbuhan yang kuat. Hal ini tercermin dari pertumbuhan anak usaha, Guardian mulai memperluas ruang usaha menyusul keberhasilan penyeimbangan kembali portofolionya pada 2017. 

"Guardian membuka 22 toko baru di semester pertama, sehingga jumlah total tokonya menjadi 280 toko," ucapnya.

Selanjutnya anak usaha lainnya, seperti IKEA akan memperbanyak jaringan toko, serta bisnis online. Adapun proyek pembangunan yang sedang berlangsung di Jakarta Garden City dan Kota Baru Parahyangan di Bandung direncanakan akan dibuka pada akhir 2020.

"Perencanaan juga sedang dilakukan untuk mengubah Giant hypermarket menjadi toko IKEA di Sentul. Konversi toko ini adalah contoh yang baik dari luasnya pemikiran strategis Perseroan ketika harus mengambil pandangan holistik dari rencana optimalisasi tokonya," ucapnya.

Pada tahun ini, perusahaan menargetkan investasi sebesar Rp 500 miliar untuk menciptakan toko agar ruang usaha ritel lebih relevan dan meningkatkan penawaran produk di setiap format toko. Sekaligus menjamin keberlanjutan lapangan pekerjaan bagi karyawan untuk menjadi peritel kompetitif dalam jangka panjang di Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…