Tingkatkan Portofolio, Hero Group Bakal Fokus di Bisnis Nonmakanan

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Agustus 2019 - 15:05 WIB

PT Hero Supermarket Tbk
PT Hero Supermarket Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejumlah perusahaan ritel modern mulai menyusun strategi baru demi bertahan di tengah bayangan-bayang perlambatan konsumsi. Salah satunya masa depan industri ritel yang menjadi sorotan adalah PT Hero Supermarket Tbk. 

Direktur Hero Supermarket Hadrianus Wahyu Trikusumo mengatakan, perusahaan fokus pada rencana transformasi multi tahun untuk membentuk kembali dan merevitalisasi penawaran kepada konsumen. Langkah ini untuk memastikan kualitas dan meningkatkan produktivitas toko bagi konsumen dan para karyawan.

"Seiring dengan memperkuat proposisi pelanggan dalam bisnis makanan, kami terus mengembangkan bisnis kami yang lain, yakni Guardian dan IKEA, yang berkinerja baik dengan pertumbuhan dua digit keduanya," ujarnya saat acara HUT Hero Group ke 48 di Hero Gondangdia Menteng, Jakarta, Jumat (23/8).

Menurutnya sektor ritel makanan di Indonesia mengalami peningkatan persaingan dalam beberapa tahun terakhir, pelanggan mengubah cara berbelanja. Maka perusahaan pun harus beradaptasi untuk bersaing secara efektif di Indonesia. 

"Seiring dengan proses menyeimbangkan kembali portofolio toko bisnis makanan, perusahaan akan terus berinvestasi dalam membangun dan membuka toko baru, yang mengarah pada bisnis yang lebih kuat dan lebih berkelanjutan di masa depan," ucapnya. 

Di samping bisnis makanan, bisnis nonmakanan terus menunjukkan momentum pertumbuhan yang kuat. Hal ini tercermin dari pertumbuhan anak usaha, Guardian mulai memperluas ruang usaha menyusul keberhasilan penyeimbangan kembali portofolionya pada 2017. 

"Guardian membuka 22 toko baru di semester pertama, sehingga jumlah total tokonya menjadi 280 toko," ucapnya.

Selanjutnya anak usaha lainnya, seperti IKEA akan memperbanyak jaringan toko, serta bisnis online. Adapun proyek pembangunan yang sedang berlangsung di Jakarta Garden City dan Kota Baru Parahyangan di Bandung direncanakan akan dibuka pada akhir 2020.

"Perencanaan juga sedang dilakukan untuk mengubah Giant hypermarket menjadi toko IKEA di Sentul. Konversi toko ini adalah contoh yang baik dari luasnya pemikiran strategis Perseroan ketika harus mengambil pandangan holistik dari rencana optimalisasi tokonya," ucapnya.

Pada tahun ini, perusahaan menargetkan investasi sebesar Rp 500 miliar untuk menciptakan toko agar ruang usaha ritel lebih relevan dan meningkatkan penawaran produk di setiap format toko. Sekaligus menjamin keberlanjutan lapangan pekerjaan bagi karyawan untuk menjadi peritel kompetitif dalam jangka panjang di Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Norman Eka Saputra, Direktur Skandinavia Apartment

Jumat, 20 September 2019 - 19:04 WIB

Sektor Properti Kembali Bergairah, PT Pancakarya Griyatama Luncurkan Unit Skandinavia Lagom

Produk ini merupakan produk penghabisan dimana hanya tersisa sebanyak 200 an unit dengan luasan semigross 44,81m2 yang terbagi menjadi dua tipe yakni 1 bedroom suite dan 2 bedroom junior yang…

Kedai Kopi 98

Jumat, 20 September 2019 - 18:16 WIB

Tanpa Royalty Fee, KOPI 98 Tawarkan Konsep Kemitraan

Bisnis minuman berbahan dasar kopi terus tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Saat ini kita dapat dengan mudah menemui kedai kopi atau bahasa gaulnya 'coffee shop' atau hanya gerobakan (booth)…

Apartemen SQ Rés Raih Penghargaan Best High-End Condo Development

Jumat, 20 September 2019 - 18:01 WIB

Apartemen SQ Rés Raih Penghargaan Best High-End Condo Development

Salah satu pengembangan baru PT Intiland Development Tbk (Intiland) yakni apartemen SQ Rés meraih penghargaan Best High-End Condo Development dari penghargaan PropertyGuru Indonesia Property…

SUCOFINDO Rebut Dua Penghargaan di Ajang Tahun Revolusi Mental Award 2019

Jumat, 20 September 2019 - 18:00 WIB

SUCOFINDO Rebut Dua Penghargaan di Ajang Tahun Revolusi Mental Award 2019

PT SUCOFINDO (Persero), Meraih 2 penghargaan dalam ajang Revolusi Mental Award 2019 Tahun Ke-2, yaitu SUCOFINDO menjadi Perusahaan BUMN Kategori Indonesia Tertib Terbaik (silver) yang diberikan…

Intiland Raih Empat Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Jumat, 20 September 2019 - 17:53 WIB

Intiland Raih Empat Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland) meraih penghargaan sebagai Pengembang Properti Terbaik atau Best Developer pada ajang penganugerahan penghargaan PropertyGuru Indonesia…