Forum Intelektual Dayak Nasional Seminarkan Soal Pemindahan Ibukota Negara ke Kalimantan

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 23 Agustus 2019 - 09:40 WIB

IbuKota Baru Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)
IbuKota Baru Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- DPP Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan Tema “Peran Intelektual Dayak Dalam Pembangunan Nasional” di Gedung Balai Komando, Cijantung Jumat 23 Agustus 2019. Seminar ini Merupakan bagian dari Agenda Organisasi yakni Rapat Kerja Nasional 1 (Rakernas 1) yang selanjutnya akan menjadi agenda rutin organisasi setiap tahun.

Kegiatan seminar kali ini secara khusus menyoroti/membahas tentang Wacana Pemindahan ibu kota negara (IKN), dari Jakarta ke salah satu lokasi di Pulau Kalimantan.

Peserta seminar dan rakernas yang hadir dalam kegiatan ini adalah para pengurus pusat, daerah, cabang, anggota dan simpatisan FIDN, serta para undangan yang terdiri dari para mahasiswa, akademisi, kepala daerah, ASN dan lain sebagainya.

Tema seminat ini diambil berdasarkan keprihatinan dan masukan–masukan dari para tokoh masyarakat Dayak tentang minimnya kiprah kader–kader Intelektual Dayak yang terlibat dalam posisi–posisi pengambil kebijakan tingkat nasional. Hal ini menjadikan momentum pemindahan ibu kota sebagai harapan baru bagi kader–kader masyarakat Dayak untuk dapat berkiprah dalam Kabinet Kerja Jokowi atau posisi–posisi yang dapat  menjadikan masyarakat Dayak merasa menjadi bagian dari penyelenggaraan negara.

Karena FIDN melihat sejauh ini hampir nihil kader–kader masyarakat Dayak yang dilirik oleh penyelenggara negara untuk ikut berkiprah dan mengabdi untuk negara di level nasional.

Ketua Panitia Nasional Seminar dan Rakernas Dr. Andrie Elia, S.E. M.Si. yang juga adalah Rektor Universitas Palangkaraya mengungkapkan bahwa banyak usulan dan masukan agar kader–kader Intelektual Dayak yang tersebar di seluruh Indonesia dapat diakomodir dalam posisi–posisi strategis dalam struktur pemerintahan pusat, seperti penyusunan kabinet dan lain sebagainya.

"Lewat Seminar dan Rakernas ini para intelektual Dayak dapat bertemu dan berdiskusi tentang bagaimana strategi agar kualitas SDM masyarakat Dayak dapat ditingkatkan dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa. Sehingga ketika diberikan amanat untuk bekerja bagi negara, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya dan memiliki skill serta integritas yang baik, " kata DR. Andrie.

Sementara itu Ketua Umum FIDN, Dr. Yovinus, M.Si. berharap agar hasil dari seminar dan Rakernas ini akan mampu menghasilkan pemikiran–pemikiran konstruktif dan bermanfaat bagi perkembangan masyarakat Dayak di segala bidang.

"Momentum pemindahan ibu Kota ke Kalimantan adalah inisiatif yang baik dari pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Karena akan mengurangi ketimpangan pembangunan dan membuka kesempatan bagi seluruh komponen bangsa untuk dapat berkontribusi untuk kemajuan NKRI termasuk masyarakat Dayak, "katanya.

Yovinus juga menghimbau agar agenda pemindahan ibu kota negara ke pulau Kalimantan dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat Dayak, karena akan menjadi sarana untuk 

meningkatkan kualitas pembangunan di semua bidang, serta kesempatan bagi kader–kader masyarakat Dayak untuk dapat berkiprah lebih besar untuk NKRI. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).