Honeywell Perkenalkan Teknologi Kota Cerdas ke Indonesia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:44 WIB

Diskusi forum diskusi terbuka Perencanaan Dan Pembangunan Ibukota Negara Berbasis Smart City
Diskusi forum diskusi terbuka Perencanaan Dan Pembangunan Ibukota Negara Berbasis Smart City

INDUSTRY.co.id - Depok – Honeywell berbagi pengalaman dan teknologi yang relevan pada diskusi forum diskusi terbuka Perencanaan Dan Pembangunan Ibukota Negara Berbasis Smart City, yang diadakan di Universitas Indonesia. 

Hadir sebagai pembicara utama pada acara tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro yang berbicara tentang rencana pemerintah Indonesia untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Roy Kosasih, Presiden Direktur Honeywell Indonesia.

“Teknologi Smart City dapat membantu menciptakan ibu kota baru yang bersahaja dan berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat serta menciptakan ekosistim yang produktif, hingga bisa bukan saja menjadi kebanggaan nasional namun juga menjadi kota yang patut dicontoh di ASEAN.” kata Roy di Universitas Indonesia, Depok, Kamis (22/8/2019).

Menurut McKinsey, perkembangan kota-kota di Asia Tenggara adalah yang terpesat di dunia. Pada tahun 2030, diperkirakan 90 juta orang akan pindah ke kota-kota diseluruh ASEAN. Angka itu adalah dua setengah kali lebih dari tingkat pertumbuhan populasi ASEAN.

Honeywell membantu beberapa kota pintar yang memiliki pertumbuhan pesat dengan teknologi Internet of Things (IoT). IoT digunakan untuk mengatasi berbagai tantangan seperti meningkatkan keamanan, manajemen lalu lintas, dan pemantauan kerumunan hingga keselamatan pejalan kaki. 

Kota-kota tersebut adalah: Ibukota Administratif Kairo Baru di Mesir; Kota dan negara bagian India seperti Bhubaneshwar, Aurangadbad, Madhya Pradesh, Ujjain, Rajkot, Faridabad, dan Ranchi; dan kemitraan dengan Smartworld untuk mendukung pemerintah Uni Emirat Arab dalam pengembangan kota yang lebih cerdas.

Membludaknya populasi di kota-kota pasti berdampak terhadap ekonomi, lingkungan, dan energi. Hal ini membutuhkan teknologi terhubung yang lebih cerdas agar kualitas hidup warga bisa ditingkatkan. Kota pintar dibangun diatas fondasi teknologi terhubung dan IoT. 

Teknologi perangkat lunak canggih seperti analitik dan manajemen video, sistim identifikasi plat nomor, pelacakan dan pemantauan aset dengan GPS, sensor suhu, dan sistem pengenalan wajah adalah beberapa cara untuk membuat kota kita lebih pintar, lebih aman, dan nyaman.

Teknologi-teknologi tersebut membantu memecahkan masalah perkotaan sehari-hari seperti parkir liar, manajemen lalu lintas, pemantauan kerumunan, keselamatan pejalan kaki, dan pencegahan kejahatan: semua bertujuan untuk meningkatkan standar hidup masyarakat.

"Teknologi yang tepat akan membawa manfaat bagi pemerintah kota. Ini termasuk manajemen energi yang lebih baik dan lebih efisien, peningkatan keselamatan publik dengan respon darurat yang lebih cepat dan lebih akurat, manajemen lalu lintas dan transportasi yang lebih efisien dan efektif – yang kita tahu sangat penting untuk kota-kota di seluruh Indonesia–dan manajemen air dan listrik yang sangat efisien dan efektif, termasuk pengelolaan air bersih, kotor dan limbah, dan manajemen penerangan jalan," lanjut Roy

Honeywell memegang peran penting sebagai mitra dalam rencana nasional 100 Kota Pintar Pemerintah India untuk penerapan sistem keamanan dan pengawasan seluruh kota yang didukung IoT, termasuk pemasangan kamera pemantau, solusi tanggap darurat, sistim pendeteksi plat nomor kendaraan, dan teknologi manajemen lalu lintas yang cerdas di beberapa kota besar dan kecil di seluruh negeri. 

Sensor-sensor yang dipasang menangkap data, menganalisanya, dan mengubahnya menjadi informasi untuk membantu pemerintah dan semua pihak terkait untuk mencapai beragam tujuan Kota Cerdas.

Honeywell Building Technologies siap membantu Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan ibu kota baru yang cerdas dengan teknologi yang tepat, dibarengi dengan pengalaman global yang teruji. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jembatan Tumbang Samba Kalteng

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:20 WIB

Bentang Tengah Jembatan Tumbang Samba Kalteng Sudah Tersambung

Dengan telah tersambungnya bentang tengah jembatan, pembangunan Jembatan Tumbang Samba akan segera rampung untuk membuka kawasan terisolir di Utara Katingan dan melengkapi struktur jaringan…

Garuda Indonesia (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:05 WIB

Sah, Irfan Setiaputra Dirut Garuda, Triawan Munaf dan Yenny Wahid Komisaris

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk menunjuk Irfan Setiaputra sebagai direktur utama (dirut) perusahaan.

Kspn Labuan Bajo

Rabu, 22 Januari 2020 - 13:04 WIB

Tingkatkan Jaringan Jalan KSPN Labuan Bajo, Kementerian PUPR Anggarkan Dana Rp 250 Miliar

Pada tahun 2020, anggaran peningkatan jaringan jalan KSPN Labuhan Bajo sebesar Rp 250 miliar yang digunakan untuk kegiatan diantaranya pekerjaan rekonstruksi jalan, pelebaran, penataan trotoar,…

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha Raih Transaksi Rp65,9 Miliar di Bursa Pariwisata ATF Brunei

Rabu, 22 Januari 2020 - 12:00 WIB

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha Raih Transaksi Rp65,9 Miliar di Bursa Pariwisata ATF Brunei

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi 30 pelaku usaha pariwisata Indonesia untuk berpromosi dan membukukan transaksi Rp65,9 miliar dalam bursa pariwisata ASEAN…

Istri Meteri Sosial Grace Batubara

Rabu, 22 Januari 2020 - 11:43 WIB

Grace Batubara Kunjungi Sekolah Inisiatif di Lebak Banten

Istri Menteri Sosial, Grace Batubara selaku Penasihat Dharma Wanita Kementerian Sosial, mengunjungi sekolah inisiatif yang didirikan oleh Human Initiative untuk para siswa-siswi SDN 02 Banjar…