ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi
ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

INDUSTRY.co.id - Bandung - Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat pada International Conference on Sustainable Engineering and Creative Computing (ICSECC) 2019.

Konferensi yang mengusung tema “New Idea, New Innovation” ini merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknik dan Fakultas Komputer President University (Cikarang) dengan Universitas Siliwangi (Tasikmalaya) sebagai co-host.

“Melalui konferensi ini, kami berharap para peneliti yang hadir dari berbagai latar belakang dapat berbagi ide, pengalaman, dan wawasan yang selanjutnya dapat menjadi inovasi cemerlang untuk perkembangan teknologi,” ujar Dekan Fakultas Teknik President University sekaligus Ketua Panitia ICSECC 2019, Dr. -Ing. Erwin Sitompul di Bandung, Rabu (21/8/2019)

Konferensi ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik President University Ir. Dwi Larso, MSIE., Ph.D. Dalam pidato pembukaannya, Ia mengatakan bahwa suatu kebanggaan bagi President University untuk mengadakan konferensi pertama di bidang teknik dan komputer. 

Ia juga mengatakan bahwa President University berkomitment untuk mengembangkan berbagai area, terutama di bidang riset. Sebanyak 81 makalah yang berasal dari Indonesia, Kanada, Yunani, Jepang, Hongkong, Malaysia, taiwan, China, Irak, Singapur, Republik Slovakia, Thailand, Inggris, Belanda dan Vietnam dipresentasikan. 

Konferensi internasional ini menghadirkan empat orang pembicara utama, yaitu Prof. Poki Chen, Ph.D. dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Prof. Datuk Mohd. Razali bin Muhamad dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), Assoc. Prof. Tohru Suwa dari President University serta Eur. Ing. Prof. J. Scott Younger, OBE dari President University. 

Prof. Scott Younger menyebutkan, penggunaan sumber daya alam yang kurang bijak dapat mempercepat perubahan iklim. Ia juga mendorong para peserta untuk mencari solusi yang berpusat pada manusia untuk menghadapi masalah limbah, karena hal ini tidak hanya berhubungan dengan masalah teknis, tapi juga melibatkan kemauan politik.

Pembicara lain, Prof. Poki Chen menyebutkan bahwa menggunakan energi dari sekitar adalah solusi untuk masalah yang kita hadapi, dan satu-satunya jalan untuk tidak merusak bumi. 

Menurut Poki Chen, yang saat ini sedang melakukan riset sebuah aplikasi yang memiliki sensor untuk mendeteksi kelebihan penggunaan energi, menggunakan energi surya adalah solusi terbaik yang dapat digunakan untuk efisiensi. ICSECC 2019 bertujuan meningkatkan penemuan ilmiah untuk menghadapi masalah yang tengah dihadapi. 

Artikel dan jurnal yang dipresentasikan akan dipublikasikan di IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Xplore –database penelitian skala internasional dengan topik ilmu komputer, teknik, dan teknologi- dan terindeks Scopus.

Konferensi ini dilaksanakan atas komitmen President University untuk mengembangkan kolaborasi dan komunitas antara peniliti, engineers, dan tenaga profesional dalam bidang Teknik dan Komputer. Lebih lanjut, ICSECC 2019 ingin menjadi sarana percepatan penemuan-penemuan ilmiah untuk menangani permasalahan yang ada di sekitar kita sekarang ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…