ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi
ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

INDUSTRY.co.id - Bandung - Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat pada International Conference on Sustainable Engineering and Creative Computing (ICSECC) 2019.

Konferensi yang mengusung tema “New Idea, New Innovation” ini merupakan kolaborasi antara Fakultas Teknik dan Fakultas Komputer President University (Cikarang) dengan Universitas Siliwangi (Tasikmalaya) sebagai co-host.

“Melalui konferensi ini, kami berharap para peneliti yang hadir dari berbagai latar belakang dapat berbagi ide, pengalaman, dan wawasan yang selanjutnya dapat menjadi inovasi cemerlang untuk perkembangan teknologi,” ujar Dekan Fakultas Teknik President University sekaligus Ketua Panitia ICSECC 2019, Dr. -Ing. Erwin Sitompul di Bandung, Rabu (21/8/2019)

Konferensi ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik President University Ir. Dwi Larso, MSIE., Ph.D. Dalam pidato pembukaannya, Ia mengatakan bahwa suatu kebanggaan bagi President University untuk mengadakan konferensi pertama di bidang teknik dan komputer. 

Ia juga mengatakan bahwa President University berkomitment untuk mengembangkan berbagai area, terutama di bidang riset. Sebanyak 81 makalah yang berasal dari Indonesia, Kanada, Yunani, Jepang, Hongkong, Malaysia, taiwan, China, Irak, Singapur, Republik Slovakia, Thailand, Inggris, Belanda dan Vietnam dipresentasikan. 

Konferensi internasional ini menghadirkan empat orang pembicara utama, yaitu Prof. Poki Chen, Ph.D. dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Prof. Datuk Mohd. Razali bin Muhamad dari Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), Assoc. Prof. Tohru Suwa dari President University serta Eur. Ing. Prof. J. Scott Younger, OBE dari President University. 

Prof. Scott Younger menyebutkan, penggunaan sumber daya alam yang kurang bijak dapat mempercepat perubahan iklim. Ia juga mendorong para peserta untuk mencari solusi yang berpusat pada manusia untuk menghadapi masalah limbah, karena hal ini tidak hanya berhubungan dengan masalah teknis, tapi juga melibatkan kemauan politik.

Pembicara lain, Prof. Poki Chen menyebutkan bahwa menggunakan energi dari sekitar adalah solusi untuk masalah yang kita hadapi, dan satu-satunya jalan untuk tidak merusak bumi. 

Menurut Poki Chen, yang saat ini sedang melakukan riset sebuah aplikasi yang memiliki sensor untuk mendeteksi kelebihan penggunaan energi, menggunakan energi surya adalah solusi terbaik yang dapat digunakan untuk efisiensi. ICSECC 2019 bertujuan meningkatkan penemuan ilmiah untuk menghadapi masalah yang tengah dihadapi. 

Artikel dan jurnal yang dipresentasikan akan dipublikasikan di IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) Xplore –database penelitian skala internasional dengan topik ilmu komputer, teknik, dan teknologi- dan terindeks Scopus.

Konferensi ini dilaksanakan atas komitmen President University untuk mengembangkan kolaborasi dan komunitas antara peniliti, engineers, dan tenaga profesional dalam bidang Teknik dan Komputer. Lebih lanjut, ICSECC 2019 ingin menjadi sarana percepatan penemuan-penemuan ilmiah untuk menangani permasalahan yang ada di sekitar kita sekarang ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…

Traktor untuk pertanian

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:57 WIB

Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Perhutanan Sosial

Kementan sejak tahun 2017 sudah mulai memanfaatkan lahan di perhutanan untuk pertanaman komoditas tanaman pangan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…