Perempuan-Perempuan Menggugat Karya Pelukis Seruni Bodjawati

Oleh : Herry Barus | Kamis, 22 Agustus 2019 - 12:00 WIB

Pelukis Seruni Bodjawati (Foto Dok Industry.co.id)
Pelukis Seruni Bodjawati (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ternyata seni lukis juga menjadi catatan sejarah perjalanan perjuangan kaum perempuan. Hak itu dibuktikan oleh pelukis Seruni Bodjawati dalam pameran tunggalnya yang berlangsung mulai 21- 31 Agustus 2019 yang digelar di Galeri Cemara 6, Menteng Jakarta Pusat.   

Karya rupa yang dihasilkan Seruni yang dipamerkan secara tunggal ini menampilkan ini terdiri 29 tokoh sejarah perempuan yang hidup di tahun 833 sampai tahun 2019. Yang dikategorikan ke dalam 9 jaman. Yakni pra kolonial, VOC, Hindia Belanda, Jepang ,Masa Perang Kemerdekaan, Liberal, Demokrasi terpimpin/orde lama, Orde Baru dan Reformasi. Kesemua tokoh dilukis Seruni dalam semangat menghidupkan yang terlupakan.  

Karena itu lukisan Seruni Iebih menampilkan sosok dalam bentuk narasi dengan simbol dan latar belakang yang ditangkap oleh Seruni dalam studi yang dilakukan sendiri dan melalui dialog dengan kurator kontennya.    

Yang paling menarik dari karya rupa Seruni Bodjawati adalah ia menjadi pencipta wajah Rainha Boki Raja. Ratu-Ternate yang hidup dj-awal kolonialisme Nusantara di mana Ternate dan Tidore sebagai pintu gerbang kolonial di Nusantara. Ratu yang sama sékali terlupakan. Ia mulai dihidupkan oleh lbu Paramita Abudrrachman, peneliti LIPI yang merujuk dokumen yang ada di Portugal. Lalu lbu Toeti Heraty melanjutkan dengan menerbitkan buku tentang Rainha Boki Raja dalam bentuk prosa lirik.          

Penghidupan sosok ini menyadarkan tentang soal masa lalu yang belum selesai dipecahkan. Sosok ini seharusnya juga diepjkkan seperti Cut Nyak Dhien.

"Kami ingin memperkenalkan pada generasi Milenial, kalau banyak wanita Indonesia yang hebat yang menjadi pionir dalan perjalanan bangsa dari tahun 833 tahun. Jadi bukan hanya Kartini saja wanita Indonesia," ujar Seruni Bodjawati saat ditemui di Galeri Cemara 6, Menteng Jakarta Pusat. Rabu (21/8)/2019  

Pelukis berusia 27 tahun meras prihatin, dari begitu banyak perempuan wanita hebat baru 14 orang yang dijadikan Pahlawan Nasional. Sementara Pahlawan laki-laki ada 165 orang lebih.  

Dipilihnya 29 sosok perempuan Indonesia hebat, lebih karena masalah alokasi tempat pameran. "Masih banyak perempuan hebat yang bisa kami lukis dan ditampilkan. Tapi kalau baru 29, karena masalah tempat saja," ujar Seruni.

Seruni mengungkapkan untuk melukis 29 Perempuan Hebat dibutuhkan waktu satu setengah tahun. "Dalam perjalanan melukis tentu banyak dinamika dan masukan dari para tokoh yang mengenal sosok yang tengah saya lukis," jelas Seruni.

Karya Buku yang berjudul ”Perempuan-Perempuan Menggugat , Literasi Rupa Sejarah Perempuan lndonesia”ditulis Esthi Susanti melalui studi literatur dan dialog dengan orang yang paham tentang tokoh perempuan Indonesia. Yang tak terduga dari kerja intensif Esthi sejak Oktober 2017 hingga April 2019 dalam melakukan studi adalah begitu banyak temuan yang mengejutkan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemimpin Divisi Komunikasi Pemasaran BNI Indomora Harahap (kanan), Ketua Umum PP Pelti Rildo Ananda Anwar (kedua kanan), Legenda Tennis Yustedjo Tarik (kiri) dan Petenis Tunggal Putri Priska Madelyn Nugraha(kedua kiri).

Kamis, 14 November 2019 - 17:51 WIB

BNI Tennis Open 2019 Siap Dimulai

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menggelar turnamen tenis tingkat nasional BNI Tennis Open 2019, yang akan digelar di lapangan tenis The Sultan Hotel Jakarta pada 16-22 November…

Bank BTN. (Foto: Istimewa)

Kamis, 14 November 2019 - 17:21 WIB

Kejar PSAK 71, BTN Pertebal Pembentukan CKPN

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memupuk rasio Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) perseroan untuk mempersiapkan diri menghadapi aturan Pernyataan Standar Akuntansi…

Bank Muamalat Launching Muamalat DIN

Kamis, 14 November 2019 - 16:52 WIB

Bank Muamalat Luncurkan Aplikasi DIN

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meluncurkan aplikasi mobile banking terbaru yang diberi nama Muamalat Digital Islamic Network atau disingkat Muamalat DIN. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai…

Princess Megonondo

Kamis, 14 November 2019 - 16:30 WIB

Princess Megonondo Siap Bertarung di Miss World London 2019

Jelang keberangkatan ke Miss World, Princess Megonondo, mengaku sudah siap lahir batin. Tinggal bertarung di ajang pencarian wanita tercantik sejagad Miss World 2019 yang akan berlangsung di…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi (Foto Dok Suwara.com_

Kamis, 14 November 2019 - 15:45 WIB

Citibank N.A., Indonesia Membukukan Laba Bersih Rp 2,4 Triliun Periode Sembilan Bulan di 2019

Citibank N.A., Indonesia (Citibank) menutup triwulan ketiga 2019 dengan Laba Bersih year-to-date sebesar Rp 2,4 trilliun, meningkat 70% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan Laba…