INKOWAPI-SAHARA Bantu Penguatan Agen dan Modal 5000 Warung Tradisional Se DKI Jakarta

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 21 Agustus 2019 - 19:04 WIB

Kegiatan bertajuk ‘Perkuatan Keagenan dan Permodalan 5.000 Warung Tradisional se-DKI Jakarta di GOR Cempaka Putih, di GOR Cempaka Putih, Rabu (21/8/2019)
Kegiatan bertajuk ‘Perkuatan Keagenan dan Permodalan 5.000 Warung Tradisional se-DKI Jakarta di GOR Cempaka Putih, di GOR Cempaka Putih, Rabu (21/8/2019)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Keberadaan warung tradisional semakin tersaingi dengan masifnya kehadiran ritel modern maupun mini market hingga supermarket.

Ir. Sharmila, M.Si, Penggagas komunitas SAHARA (Sahabat Usaha Rakyat), mengatakan, ada beberapa faktor utama yang menjadi sebab tergerusnya warung tradisional. Yaitu, dia tidak mendapatkan akses pada sumber barang dengan harga yang murah, tidak memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usahanya.

Pelaku usaha warung tradisional  kerap kesulitan mendapatkan akses permodalan untuk meningkatkan kapasitas maupun daya saing usahanya. Sekalipun mendapatkan permodalan, pedagang warung tradisional mendapatkan pinjaman yang tidak wajar, dan memiliki bunga yang besar, sebab, pinjaman tersebut bukan dari perbankan atau lembaga keuangan. Belum lagi kehadiran para pelaku bisnis online, hal ini semakin menggerus pasar pelaku usaha warung.

Kondisi itu mendorong komunitas SAHARA membantu  pedagang warung yang kebanyakan para ibu-ibu untuk pengembangan usahanya, mulai dari permodalan, aplikasi teknologi dan pembekalan pemasaran dan manajemen warung.

“Ya umumnya warung tradisional berjalan apa adanya, dikelola secara tradisional dan turun temurun. Soal pendapatan pun umumnya tidak ada pergerakan yang signifikan. Dalam rangka itu Sahara bersama INKOWAPI (Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia) berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Bank BNI, bersama-sama berperan dalam meningkatkan taraf hidup para pengelola warung tradisional. Kita bantu permodalannya,”ujar sosok  cantik dan low profile ini, di  Gelanggang Olahraga (GOR) Cempaka Putih, Rabu (21/8/2019)

Sharmila menyebut, dalam kegiatan bertajuk ‘Perkuatan Keagenan dan Permodalan 5.000 Warung Tradisional se-DKI Jakarta’ yang dihadiri oleh 1.000 pengelola warung se-Jakarta Pusat, ada tiga permodalan yang akan diberikan kepada pelaku usaha warung.

Yaitu, permodalan Rp50 juta tanpa bunga dan agunan yang diberikan dalam bentuk barang dagangan. Totalnya mencapai Rp 250 miliar.  Kedua, pihaknya  juga memberikan permodalan berupa pemberian mesin EDC, mesin kasir untuk bayar-bayar.

“Kami berikan gratis dan bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan. Ketiga, BNI hadir memberikan permodalan tanpa bunga dan agunan, dimana 5.000 warung di DKI akan diberi pinjaman masing-masing Rp20 juta,” jelasnya.

Selain memberikan permodalan, Sahara juga terus memberikan sejumlah eduksi bagi para pengelola warung.

Untuk tenaga monitoring pihak SAHARA menjalin kerjasama dengan para mpok (panggilan wanita betawi-red) yang berada di setiap kelurahan. Satu  kelurahan satu mpok. Mpok ini yang melakukan monitoring dan mengevaluasi setiap warung yang ada di kelurahannya.

“Di DKI Jakarta kami berencana membina hingga 30 ribu warung hingga 2020. Base-nya 1 RT 1 warung, itu yang akan kami kerjakan ke depan. Untuk barang kami sudah bekerjasama dengan 200 supplier. Saat ini kami fokus dulu di DKI, berkolaborasi dengan berbagai pihak,” demikian Sharmila.

Sharmila yang juga menjabat Ketua Umum Inkowapi, itu mengatakan, kegiatan Inkowapi selama ini adalah membina para pengusaha perempuan baik mikro kecil dan menengah. 

"Kami melihat potensi besar dari warung-warung sembako yang dikelola ibu-ibu. Karena itu, melalui Sahara kami tergerak melakukan sesuatu membantu mereka," katanya.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…

Traktor untuk pertanian

Minggu, 26 Januari 2020 - 15:57 WIB

Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Di Wilayah Perhutanan Sosial

Kementan sejak tahun 2017 sudah mulai memanfaatkan lahan di perhutanan untuk pertanaman komoditas tanaman pangan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 26 Januari 2020 - 14:00 WIB

Ketua MPR RI Salurkan Bantuan Korban Banjir Cililitan Jakarta Timur

- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali menyalurkan bantuan sosial kepada saudara-saudara yang terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur. Bantuan…