LPDB KUMKM-HKTI Optimalkan Penyaluran Dana Bergulir Sektor Produktif

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Agustus 2019 - 06:33 WIB

LPDB KUMKM-HKTI Optimalkan Penyaluran Dana Bergulir Sektor Produktif
LPDB KUMKM-HKTI Optimalkan Penyaluran Dana Bergulir Sektor Produktif

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) menggandeng Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dalam memaksimalkan penyaluran dana bergulir ke sektor produktif. Dan harapannya melalui kerja sama ini mampu mendongkrak pinjaman dana bergulir sebesar 25 hingga 30 persen khsusus di sektor produktif.

"Nawacita ini kan penyerapannya terlalu kecil, pelaku koperasi dan UMKM mengajukan ke LPDB, hampir 80 persen sektor riil atau KSP. Yang pertanian, perikanan ini masih 20 persen karenanya tepat sekali kerja sama dengan HKTI ini," kata Direktur Utama LPDB KUMKM Braman Setyo dalam Rapat Koordinasi Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, di Denpasar Selasa (20/8/2019).

Sementara itu Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Krisdianto mengatakan penyaluran dana bergulir kepada pelaku usaha produktif dengan tingkat bunga 4,5 persen lebih kecil ketimbang melalui KUR yang berkisar 7 persen. Adapun kelompok usaha produktif yang dimaksudnya ialah pertanian, perikanan dan perkebunan.

Kelompok sektor riil dengan bunga 5 persen, kelompok simpan pinjam dengan bunga 7 persen dan kelompok syariah dengan bagi hasil 60:40. 

Ia juga menegaskan, pinjaman LPDB tidak ada "biaya lain-lain", bahkan penunjukan notaris diserahkan kepada calon debitur.

Untuk diketahui pada 2018, LPDB-KUMKM menyalurkan dana bergulir Rp1,2 triliun. Pada 2019, target penyaluran Rp 1,5 triliun, dengan perincian Rp 525 miliar (syariah) dan Rp 975 miliar (konvensional).

Kemudian disela acara, Ketua Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah Adisurya, menegaskan, bahwa reformasi agraria yang menjadi kebijakan presiden Jokowi harus terus dilanjutkan karena berorientasi pada kesejahteraan para petani Indonesia. Untuk meningkatkan daya saing produk pertanian, ia mengajak agar para petani Indonesia lebih berinovatif.

" Untuk itu diperlukan sumberdaya manusia petani yang benar - benar unggulan. Maka saya berharap kepada anak - anak muda untuk konsen dalam mengembangkan bisnis di pertanian," pungkasnya.

Selain memberikan rekomendasi kebijakan pertanian kepada pemerintah, Rina mengajak kemiteraan dengan LPDB, agar bisa menyebar keseluruh jaringan HKTI diseluruh Indonesia. Sehingga kedepan diharapkan antara jumlah lahan pertanian dan jumlah kebutuhan pangan penduduk Indonesia bisa linier. "Tak seperti saat ini yang kita rasakan," tandasnya.

Acara tersebut juga resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Dirut LPDB KUKM Braman Setyo, Dirut LPDB Syariah Jaenal Aripin, Ketua Pemuda HKTI Rina Saadah Adisurya, Sekjen HKTI, Mayjen (purn) Bambang Budi Waluyo, dan Ketua Fatayat NU Anggia Ermarini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Harjunot Ali

Sabtu, 21 September 2019 - 21:00 WIB

Harjunot Ali Kembali Main Film Horor

Harjunot Ali dikenal sebagai bintang film drama mumpuni. Kalau kemudian Harjunot mau terlibat di film genre horor, karena ia melihat dari sutradara dan rumah produksi yang menggarapnya.

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Sabtu, 21 September 2019 - 19:59 WIB

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Bagi banyak orang, tanggal tua diwajibkan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kini Cashbac melepaskan kekhawatiran tersebut dengan menghadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda dengan memberikan…

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.