LPDB KUMKM-HKTI Optimalkan Penyaluran Dana Bergulir Sektor Produktif

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Agustus 2019 - 06:33 WIB

LPDB KUMKM-HKTI Optimalkan Penyaluran Dana Bergulir Sektor Produktif
LPDB KUMKM-HKTI Optimalkan Penyaluran Dana Bergulir Sektor Produktif

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) menggandeng Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dalam memaksimalkan penyaluran dana bergulir ke sektor produktif. Dan harapannya melalui kerja sama ini mampu mendongkrak pinjaman dana bergulir sebesar 25 hingga 30 persen khsusus di sektor produktif.

"Nawacita ini kan penyerapannya terlalu kecil, pelaku koperasi dan UMKM mengajukan ke LPDB, hampir 80 persen sektor riil atau KSP. Yang pertanian, perikanan ini masih 20 persen karenanya tepat sekali kerja sama dengan HKTI ini," kata Direktur Utama LPDB KUMKM Braman Setyo dalam Rapat Koordinasi Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, di Denpasar Selasa (20/8/2019).

Sementara itu Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Krisdianto mengatakan penyaluran dana bergulir kepada pelaku usaha produktif dengan tingkat bunga 4,5 persen lebih kecil ketimbang melalui KUR yang berkisar 7 persen. Adapun kelompok usaha produktif yang dimaksudnya ialah pertanian, perikanan dan perkebunan.

Kelompok sektor riil dengan bunga 5 persen, kelompok simpan pinjam dengan bunga 7 persen dan kelompok syariah dengan bagi hasil 60:40. 

Ia juga menegaskan, pinjaman LPDB tidak ada "biaya lain-lain", bahkan penunjukan notaris diserahkan kepada calon debitur.

Untuk diketahui pada 2018, LPDB-KUMKM menyalurkan dana bergulir Rp1,2 triliun. Pada 2019, target penyaluran Rp 1,5 triliun, dengan perincian Rp 525 miliar (syariah) dan Rp 975 miliar (konvensional).

Kemudian disela acara, Ketua Pemuda Tani HKTI, Rina Saadah Adisurya, menegaskan, bahwa reformasi agraria yang menjadi kebijakan presiden Jokowi harus terus dilanjutkan karena berorientasi pada kesejahteraan para petani Indonesia. Untuk meningkatkan daya saing produk pertanian, ia mengajak agar para petani Indonesia lebih berinovatif.

" Untuk itu diperlukan sumberdaya manusia petani yang benar - benar unggulan. Maka saya berharap kepada anak - anak muda untuk konsen dalam mengembangkan bisnis di pertanian," pungkasnya.

Selain memberikan rekomendasi kebijakan pertanian kepada pemerintah, Rina mengajak kemiteraan dengan LPDB, agar bisa menyebar keseluruh jaringan HKTI diseluruh Indonesia. Sehingga kedepan diharapkan antara jumlah lahan pertanian dan jumlah kebutuhan pangan penduduk Indonesia bisa linier. "Tak seperti saat ini yang kita rasakan," tandasnya.

Acara tersebut juga resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Dirut LPDB KUKM Braman Setyo, Dirut LPDB Syariah Jaenal Aripin, Ketua Pemuda HKTI Rina Saadah Adisurya, Sekjen HKTI, Mayjen (purn) Bambang Budi Waluyo, dan Ketua Fatayat NU Anggia Ermarini.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Laptop Acer gapai costumer

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:41 WIB

Acer Geber Pangsa Pasar Pelajar, Pekerja Work From Home

Acer optimis penjualan laptop keluarannya akan diserap pasar. Apalagi masa pandemi corona virus covid-19, menuntut bekerja atau sekolah dari rumah. Tentunya laptop pilihan yang nyaman.

Padi organik, cikal bakal pertanian organik Indonesia di masa depan. (Foto: Liputan6)

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:06 WIB

Pupuk Organik, Penopang Pertanian Organik Indonesia di Masa Depan

Jakarta - Rani baru pulang dari sebuah pasar swalayan di kawasan pusat kegiatan bisnis ibukota. Dia mengeluhkkan mahalnya harga sayur-mayur dan buah-buahan organik yang ditawarkan pasar swalayan…

Wapres KH Maruf Amin, Menaker, Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto dan Kemenko PMK

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:25 WIB

Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para…

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:18 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Kebut BLT untuk Genjot Daya Beli Masyarakat

Wabah pandemi Covid-19 turut memukul kinerja perekonomian nasional pada kuartal II-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 sebesar minus 5,32 persen…

Anggota Badan Legislasi DPR RI Arteria Dahlan

Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:55 WIB

Arteria PDIP: Maju Pilkada Anggota DPR Harusnya Tidak Perlu Mundur, Cukup Cuti

Tim Kuasa DPR RI memberikan keterangan untuk Perkara Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 22/PUU-XVIII/2020 mengenai pengujian Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU…