Adu Ketangkasan Bartender Lewat Kompetisi Star Serve 2019

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:46 WIB

Press conference Heineken Star Serve 2019 di Jakarta, Selasa (20/8).(Andi Mardana)
Press conference Heineken Star Serve 2019 di Jakarta, Selasa (20/8).(Andi Mardana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Heineken, merek bir premium kembali menggelar kompetisi Star Serve 2019 di empat kota besar di Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang pencarian bartender terbaik dalam hal menyajikan draught beer Heineken yang sempurna.

Kompetisi Star Serve 2019 di Jakarta yang berlangsung sejak 13 Agustus lalu, dimana Medan sebagai kota pertama, diikuti di Jakarta pada hari ini (20/8), lalu Surabaya (27/8) dan nantinya akan berakhir di Bali (3/9).

Sekitar lebih dari 50 bartender dari berbagai outlet penyedia Heineken di Jakarta berkompetisi untuk mempertunjukkan keahlian mereka dalam melakukan Heineken Star Serve.

Heineken Star Serve suatu standar internasional penyajian draught beer yang dikembangkan oleh Heineken demi menyajikan kualitas draught beer Heineken yang sempurna.

Deden Perdana, Draught Beer Manager, PT Multi Bintang Indonesia, Tbk menjelaskan bahwa Heineken Star Serve, memiliki Iima Iangkah penting yang harus dikuasai oleh setiap bartender agar dapat menyajikan draught beer yang sempurna. Lima Iangkah tersebut adalah Rinse, Pour, Skim, Check dan Serve.

Pertama, Rinse adalah teknik mencuci gelas. "Pertama kita harus memastikn kebersihan gelasnya sekaligus menghilangkan lemak di gelas. Setelah dicuci, gelas kemudian dibilas dengan posisi terbalik," jelas Deden pada temu media di Jakarta, Selasa (20/8).

Kedua, Pour. Ini merupakan teknik menuang bir dengan posisi kemiringan gelas 45 derajat. "Proses penuangan gelas harus miring 45 derajat," tuturnya.

Langkah ketiga adalah, Skim adalah teknik meratakan busa. "Buang kelebihan busa gelas menggunakan alat skim," kata Dede.

Langkah keempat Check. Ini adalah teknik memastikan tinggi busa. Dan terakhir adalah Serve. Serve merupakan teknik penyajian ke konsumen. "Saat menyajikan ingat, coaster menghadap ke konsumen," imbuhnya.

Kelima Iangkah tersebut bertujuan untuk memastikan bartender dapat menuang setiap gelas bir dengan sempurna karena Heineken percaya betul bahwa alasan konsumen memesan gelas bir yang kedua adalah karena kualitas gelas yang pertama.

Secara keseluruhan, kompetisi ini akan mempenandingkan Iebih dari 150 bartender dimana masing masing pemenang di setiap kotanya, akan memperoleh hadiah uang tunai jutaan rupiah. Tidak hanya itu, outlet dimana bartender tersebut bekerja pun akan mendapatkan hadiah berupa Heineken barrel secara cuma-cuma.

Lebih lanjut, kompetisi ini akan melalui tahap evaluasi mystery visit, dimana nantinya para pemenang dari masing-masing kota beserta perwakilan outlet juga akan mendapatkan kesempatan istimewa berkunjung ke Heineken Experience di Ho Chi Minh, Vietnam.

Selain komitmen akan penyajian draught beer yang sempurna, Heineken juga menggunakan kesempatan ini untuk kembali mengadvokasikan perilaku konsumsi bertanggung jawab, dimana sebelum kompetisi dimulai.

Mariska Van Drooge, Direktur Pemasaran PT Multi Bintang Indonesia Niaga menjelaskan bahwa pihak Heineken juga akan mengadakan sesi edukasi penyajian bertanggung jawab (Responsible Serving) dan juga konsumsi bertanggung jawab (Responsible Consumption).

Hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui bagi para bartender yang merupakan frontman dari semua produk Heineken.

"Kami berharap masing-masing bartender yang berpartisipasi dalam kompetisi ini nantinya tidak hanya akan dapat memberikan pengalaman draught beer Heineken terbaik bagi setiap konsumen kami, namun juga dapat menjadi perpanjangan tangan kami dalam rangka mengedukasi dan juga advokasi akan perilaku konsumsi bertanggung jawab," tutup Mariska.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Norman Eka Saputra, Direktur Skandinavia Apartment

Jumat, 20 September 2019 - 19:04 WIB

Sektor Properti Kembali Bergairah, PT Pancakarya Griyatama Luncurkan Unit Skandinavia Lagom

Produk ini merupakan produk penghabisan dimana hanya tersisa sebanyak 200 an unit dengan luasan semigross 44,81m2 yang terbagi menjadi dua tipe yakni 1 bedroom suite dan 2 bedroom junior yang…

Kedai Kopi 98

Jumat, 20 September 2019 - 18:16 WIB

Tanpa Royalty Fee, KOPI 98 Tawarkan Konsep Kemitraan

Bisnis minuman berbahan dasar kopi terus tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Saat ini kita dapat dengan mudah menemui kedai kopi atau bahasa gaulnya 'coffee shop' atau hanya gerobakan (booth)…

Apartemen SQ Rés Raih Penghargaan Best High-End Condo Development

Jumat, 20 September 2019 - 18:01 WIB

Apartemen SQ Rés Raih Penghargaan Best High-End Condo Development

Salah satu pengembangan baru PT Intiland Development Tbk (Intiland) yakni apartemen SQ Rés meraih penghargaan Best High-End Condo Development dari penghargaan PropertyGuru Indonesia Property…

SUCOFINDO Rebut Dua Penghargaan di Ajang Tahun Revolusi Mental Award 2019

Jumat, 20 September 2019 - 18:00 WIB

SUCOFINDO Rebut Dua Penghargaan di Ajang Tahun Revolusi Mental Award 2019

PT SUCOFINDO (Persero), Meraih 2 penghargaan dalam ajang Revolusi Mental Award 2019 Tahun Ke-2, yaitu SUCOFINDO menjadi Perusahaan BUMN Kategori Indonesia Tertib Terbaik (silver) yang diberikan…

Intiland Raih Empat Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Jumat, 20 September 2019 - 17:53 WIB

Intiland Raih Empat Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland) meraih penghargaan sebagai Pengembang Properti Terbaik atau Best Developer pada ajang penganugerahan penghargaan PropertyGuru Indonesia…