Adu Ketangkasan Bartender Lewat Kompetisi Star Serve 2019

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:46 WIB

Press conference Heineken Star Serve 2019 di Jakarta, Selasa (20/8).(Andi Mardana)
Press conference Heineken Star Serve 2019 di Jakarta, Selasa (20/8).(Andi Mardana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Heineken, merek bir premium kembali menggelar kompetisi Star Serve 2019 di empat kota besar di Indonesia. Kompetisi ini merupakan ajang pencarian bartender terbaik dalam hal menyajikan draught beer Heineken yang sempurna.

Kompetisi Star Serve 2019 di Jakarta yang berlangsung sejak 13 Agustus lalu, dimana Medan sebagai kota pertama, diikuti di Jakarta pada hari ini (20/8), lalu Surabaya (27/8) dan nantinya akan berakhir di Bali (3/9).

Sekitar lebih dari 50 bartender dari berbagai outlet penyedia Heineken di Jakarta berkompetisi untuk mempertunjukkan keahlian mereka dalam melakukan Heineken Star Serve.

Heineken Star Serve suatu standar internasional penyajian draught beer yang dikembangkan oleh Heineken demi menyajikan kualitas draught beer Heineken yang sempurna.

Deden Perdana, Draught Beer Manager, PT Multi Bintang Indonesia, Tbk menjelaskan bahwa Heineken Star Serve, memiliki Iima Iangkah penting yang harus dikuasai oleh setiap bartender agar dapat menyajikan draught beer yang sempurna. Lima Iangkah tersebut adalah Rinse, Pour, Skim, Check dan Serve.

Pertama, Rinse adalah teknik mencuci gelas. "Pertama kita harus memastikn kebersihan gelasnya sekaligus menghilangkan lemak di gelas. Setelah dicuci, gelas kemudian dibilas dengan posisi terbalik," jelas Deden pada temu media di Jakarta, Selasa (20/8).

Kedua, Pour. Ini merupakan teknik menuang bir dengan posisi kemiringan gelas 45 derajat. "Proses penuangan gelas harus miring 45 derajat," tuturnya.

Langkah ketiga adalah, Skim adalah teknik meratakan busa. "Buang kelebihan busa gelas menggunakan alat skim," kata Dede.

Langkah keempat Check. Ini adalah teknik memastikan tinggi busa. Dan terakhir adalah Serve. Serve merupakan teknik penyajian ke konsumen. "Saat menyajikan ingat, coaster menghadap ke konsumen," imbuhnya.

Kelima Iangkah tersebut bertujuan untuk memastikan bartender dapat menuang setiap gelas bir dengan sempurna karena Heineken percaya betul bahwa alasan konsumen memesan gelas bir yang kedua adalah karena kualitas gelas yang pertama.

Secara keseluruhan, kompetisi ini akan mempenandingkan Iebih dari 150 bartender dimana masing masing pemenang di setiap kotanya, akan memperoleh hadiah uang tunai jutaan rupiah. Tidak hanya itu, outlet dimana bartender tersebut bekerja pun akan mendapatkan hadiah berupa Heineken barrel secara cuma-cuma.

Lebih lanjut, kompetisi ini akan melalui tahap evaluasi mystery visit, dimana nantinya para pemenang dari masing-masing kota beserta perwakilan outlet juga akan mendapatkan kesempatan istimewa berkunjung ke Heineken Experience di Ho Chi Minh, Vietnam.

Selain komitmen akan penyajian draught beer yang sempurna, Heineken juga menggunakan kesempatan ini untuk kembali mengadvokasikan perilaku konsumsi bertanggung jawab, dimana sebelum kompetisi dimulai.

Mariska Van Drooge, Direktur Pemasaran PT Multi Bintang Indonesia Niaga menjelaskan bahwa pihak Heineken juga akan mengadakan sesi edukasi penyajian bertanggung jawab (Responsible Serving) dan juga konsumsi bertanggung jawab (Responsible Consumption).

Hal ini merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui bagi para bartender yang merupakan frontman dari semua produk Heineken.

"Kami berharap masing-masing bartender yang berpartisipasi dalam kompetisi ini nantinya tidak hanya akan dapat memberikan pengalaman draught beer Heineken terbaik bagi setiap konsumen kami, namun juga dapat menjadi perpanjangan tangan kami dalam rangka mengedukasi dan juga advokasi akan perilaku konsumsi bertanggung jawab," tutup Mariska.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani

Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Inpres Nomor 6-2020 Dikritik, Komisi IX: Untuk Bertahan Hidup Saja Sudah Kembang Kempis Apalagi Bayar Denda

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 meminta kepala daerah melakukan sosialisasi…

Ilustrasi Industri Nikel (Photo by Bisnis.com)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:03 WIB

Luar Biasa! Ekspor Produk Industri Nikel Mampu Tembus USD 7 Miliar

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2018 dan 2019, nilai ekspor produk industri logam berbasis nikel berturut-turut mencapai USD4,8 miliar dan USD7,08 miliar atau meningkat 47,5%.

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Tutup Pekan IHSG Berakhir Melemah Turun ke Level 5.144

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (7/8) ditutup melemah.

Waskita Karya (Foto Dok Industry.co..id)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:32 WIB

Sah! Waskita Karya Terbitkan Obligasi Rp135,1 Miliar Jangka Waktu 3 Tahun

Dilansir dari IDX berdasarkan keterangan perseroan, Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 dicatatkan sebesar Rp135,5 miliar dengan jangka waktu 3 Tahun.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:30 WIB

Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Lebih Perhatikan Nasib Petani

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menilai pertumbuhan ekonomi yang ditopang sektor pertanian layak mendapatkan perhatian dari Pemerintah, demi terus meningkatkan investasi pertanian.