Kisah Tiga Anak Indonesia Berprestasi di Laga BWB Asia 2019

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:15 WIB

Tiga anak Indonesia yang bertolak ke Tokyo, Jepang untuk berperan serta di laga Basketball Without Borders (BWB) Asia kesebelas pada 14-17 Agustus lalu.(Ist)
Tiga anak Indonesia yang bertolak ke Tokyo, Jepang untuk berperan serta di laga Basketball Without Borders (BWB) Asia kesebelas pada 14-17 Agustus lalu.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rasa bangga dan syukur, dua hal utama yang dirasakan tiga anak Indonesia yang bertolak ke Tokyo, Jepang untuk berperan serta di laga Basketball Without Borders (BWB) Asia kesebelas pada 14-17 Agustus lalu.

Dihadiri sejumlah pemain aktif dan non-aktif serta pelatih National Basketball Association (NBA), 64 anak laki-laki dan anak perempuan terbaik dari 18 negara dan wilayah mengikuti serangkaian kegiatan, baik di dalam maupun luar lapangan, termasuk efisiensi gerakan, pengembangan, keterampilan, lomba keterampilan dan menembak, pertandingan 5 lawan 5, serta seminar tentang keterampilan hidup.

Selain itu, alumni BWB global 2016, Rui Hachimura (Washington Wizards) yang terpilih pada seleksi pemain NBA (NBA Draft) tahun ini turut hadir memberikan semangat kepada anak-anak.

Jesslyn Angelique Aritonang (klub basket Indonesia Muda Pusat) mengaku selama program BWB Asia, para peserta dilatih layaknya seorang pemain NBA dan Women’s National Basketball Association (WNBA), pelatihan yang diberikan pun sangat detil, dari teknik bertahan (defense) hingga menyerang (offense).

"Saya sangat bersyukur bisa mengikuti BWB Asia 2019 karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini. Program ini pun membuka mata saya bahwa basket bukan sebatas bidang olahraga, namun juga kesempatan untuk menjalin relasi dengan sesama," ucap Angie peserta asal DKI Jakarta di Jakarta, baru-baru ini.

Perasaan senang yang sama pun dirasakan Amelia Ryan Ayu Ardhany, belia asal Jawa Timur yang aktif bermain di klub basket Golden Dragon Malang. Amelia mengaku mendapatkan pengalaman unik karena selama BWB Asia ia ditempatkan pada posisi small forward (SF atau 3) dan power forward (PF atau 4), berbeda dari kebiasaannya.

"Senang sekali dapat dilatih langsung oleh pelatih-pelatih NBA dan bisa bertemu Rui Hachimura. Semoga kedepannya NBA dapat mengadakan kegiatan serupa di Asia terutama Indonesia, agar anak-anak lain pun bisa merasakan bagaimana rasanya dilatih oleh pelatih NBA serta bermain dengan anak-anak dari negara lain," tutur Amelia.

Sementara itu, pada hari keempat BWB Asia 2019, berlangsung pertandingan playoff dan pertandingan kejuaraan, kontes tiga angka (three-point contest), dan pertandingan All-Star. Selama program berlangsung, Hendrick Xavi Yonga (DKI Jakarta/klub basket Victoria) tampil menonjol terbukti dengan terpilihnya ia sebagai anggota tim Barat (West) dalam pertandingan All-Star.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kiri) saat menerima penghargaan Bintang Jasa Nararya yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (kanan)

Jumat, 14 Agustus 2020 - 21:35 WIB

Komitmen TelkomGroup Melalui Telekomunikasi Berbuah Anugerah Bintang Jasa Nararya

Berlokasi di Istana Negara (13/8), Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Ririek Adriansyah menerima penganugerahan Bintang Jasa Nararya yang diserahkan langsung oleh Presiden…

Presiden Joko Widodo

Jumat, 14 Agustus 2020 - 21:25 WIB

Jokowi: Pelebaran Defisit Diperlukan Saat Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Pemerintah telah serius melakukan penanganan pandemi Covid-19.

Ketua MKD DPR RI, Habib Aboe Bakar Alhabsy

Jumat, 14 Agustus 2020 - 21:15 WIB

DPR Ini Sebut Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi Terlewatkan oleh Presiden Jokowi

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI, Habib Aboe Bakar Alhabsy menilai ada yang terlewat dari Pidato Presiden hari ini, yakni tentang penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani

Jumat, 14 Agustus 2020 - 21:05 WIB

Puan Maharani Ingatkan Pemerintah: APBN Harus Ciptakan Kemakmuran Bagi Rakyat

Wakil Ketua DPR RI Puan Maharani mengagakan Kondisi Ruang Fiskal APBN semakin tertekan, maka diperlukan upaya reformasi untuk mewujudkan APBN yang efisien dalam menciptakan kemakmuran bagi rakyat.

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera

Jumat, 14 Agustus 2020 - 20:50 WIB

Target Pertumbuhan Ekonomi 4,5%, Mardani: Bagus dan Ambisius, Tapi Jangan Maksakan Diri dengan Utang

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2021 sebesar 4,5 persen hingga 5,5 persen.