Atasi Trauma Ibu dan Anak Paska Bencana dengan Terapi

Oleh : Andi Mardana | Senin, 19 Agustus 2019 - 19:40 WIB

Karnaval yang diikuti oleh segenap warga Desa Kekait dalam meriahkan acara penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak, sekaligus dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.(Ist)
Karnaval yang diikuti oleh segenap warga Desa Kekait dalam meriahkan acara penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak, sekaligus dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Lombok - NIVEA Sentuhan Ibu dan One Health Collaborating Center (OHCC) Udayana didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menutup rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak yang terdampak gempa bumi di Desa Kekait, Lombok.

Rangkaian terapi/intervensi selama 3 bulan yang didasari pada kekuatan sentuhan ibu ini telah memberi dampak positif bagi para Ibu dan Anak dengan trauma paska bencana.

Program ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk membantu meringankan beban mental dan psikososial para ibu, khususnya sebagai figur yang memiliki peran sentral dalam keluarga.

Lebih dari itu, program ini merupakan bagian dari kontribusi NIVEA dalam membantu pemerintah mewujudkan program Indonesia Tangguh Bencana.

"Kami menyadari bahwa ibu adalah perempuan luar biasa yang akan melakukan apa pun dalam kemampuannya untuk merawat keluarga. Karenanya, ibu menjadi fokus perhatian dalam program NIVEA Sentuhan Ibu yang bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, baik itu akademisi, pemerintah, perangkat desa, dan institusi lainnya," jelas Diana Riaya, Marketing Manager NIVEA Skin Care kepada Industry.co.id baru-baru ini.

Terapi berpasangan antara ibu dan anak dilakukan guna meningkatkan bonding dan empati yang menjadi salah satu faktor sukses dari program ini. Terapi ini terbukti dapat meminimalisir gejala kecemasan dan stress, dan secara umum mampu meningkatkan kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana.

Diiikuti oleh 168 ibu dan anak, program ini menunjukkan hasil positif terhadap perubahan kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana gempa bumi pada tahun 2018 lalu.

Hasil intervensi menunjukkan para ibu menjadi lebih menghargai hubungan antara ibu dan anak melalui komunikasi dan sentuhan, serta merasakan adanya penurunan tingkat kecemasan dan stress yang dibuktikan melalui mood sheet (kuesioner untuk mengukur suasana hati) yang diisi oleh para ibu sebelum dan sesudah intervensi.

Terdapat pula peningkatan pada aspek bonding antara ibu dan anak. Secara umum, lebih dari 85% penerima program merasa lebih baik setelah mengikuti program NIVEA Sentuhan Ibu.

Program ini menggunakan metode yang dirancang khusus yang didasari oleh kekuatan sentuhan ibu melalui terapi/intervensi kesehatan mental dan psikososial, yaitu Mindfulness Therapy dan Play Therapy.

"Sebagai kelanjutan dari program ini, kami terus mendukung agar pengetahuan yang sudah diberikan dapat terus dilanjutkan oleh para peserta program dengan didukung oleh pihak-pihak/instansi terkait di Lombok, sehingga program ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat kepada para peserta secara berkelanjutan," tutup Diana Riaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar

Jumat, 28 Februari 2020 - 13:05 WIB

Waduh, 27 Kawasan Industri yang Masuk RPJMN 2020-2024 Belum Punya Izin Operasi

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar mengatakan terdapat 27 kawasan industri yang ditargetkan akan dibangun pada 2020-2024. Namun, sebagian besar rencana…

NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi

Jumat, 28 Februari 2020 - 13:00 WIB

NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi

Mengaransir lagu karya komposer masa lalu dalam nuansa kekinian mungkin sudah umum terjadi. Namun jika lagu-lagu dari berbagai daerah di negara Eropa dan Indonesia disajikan dalam nuansa yang…

CEO Nagaswara Music Rahayu Kertawiguna

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:30 WIB

Nagaswara Music Rilis Single Penyanyi Pop

Nagaswara terus membuktikan eksistensinya sebagai label rekaman paling produktif dalam menggelontorkan penyanyi andalannya untuk mengisi industri musik Indonesia. Setelah meluncurkan akhir Februari…

Schneider Electric Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:05 WIB

Terbitkan 21 Indikator, Cara Schneider Electric Raksasa Bisnis Energi dan Otomasi Global Mengukur Kinerja Berkelanjutannya

ntuk tahun kelima, Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengumumkan laporan tahunan 2019 yang menggabungkan laporan keuangan dan…

Dianna Dee

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:00 WIB

Dianna Dee Percaya Diri Mengarungi Industri Musik Nasional

Meski pernah gagal pada single perdana tidak membuat Dianna Dee Starlight, putus asa.