Atasi Trauma Ibu dan Anak Paska Bencana dengan Terapi

Oleh : Andi Mardana | Senin, 19 Agustus 2019 - 19:40 WIB

Karnaval yang diikuti oleh segenap warga Desa Kekait dalam meriahkan acara penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak, sekaligus dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.(Ist)
Karnaval yang diikuti oleh segenap warga Desa Kekait dalam meriahkan acara penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak, sekaligus dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Lombok - NIVEA Sentuhan Ibu dan One Health Collaborating Center (OHCC) Udayana didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menutup rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak yang terdampak gempa bumi di Desa Kekait, Lombok.

Rangkaian terapi/intervensi selama 3 bulan yang didasari pada kekuatan sentuhan ibu ini telah memberi dampak positif bagi para Ibu dan Anak dengan trauma paska bencana.

Program ini dilakukan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk membantu meringankan beban mental dan psikososial para ibu, khususnya sebagai figur yang memiliki peran sentral dalam keluarga.

Lebih dari itu, program ini merupakan bagian dari kontribusi NIVEA dalam membantu pemerintah mewujudkan program Indonesia Tangguh Bencana.

"Kami menyadari bahwa ibu adalah perempuan luar biasa yang akan melakukan apa pun dalam kemampuannya untuk merawat keluarga. Karenanya, ibu menjadi fokus perhatian dalam program NIVEA Sentuhan Ibu yang bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, baik itu akademisi, pemerintah, perangkat desa, dan institusi lainnya," jelas Diana Riaya, Marketing Manager NIVEA Skin Care kepada Industry.co.id baru-baru ini.

Terapi berpasangan antara ibu dan anak dilakukan guna meningkatkan bonding dan empati yang menjadi salah satu faktor sukses dari program ini. Terapi ini terbukti dapat meminimalisir gejala kecemasan dan stress, dan secara umum mampu meningkatkan kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana.

Diiikuti oleh 168 ibu dan anak, program ini menunjukkan hasil positif terhadap perubahan kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana gempa bumi pada tahun 2018 lalu.

Hasil intervensi menunjukkan para ibu menjadi lebih menghargai hubungan antara ibu dan anak melalui komunikasi dan sentuhan, serta merasakan adanya penurunan tingkat kecemasan dan stress yang dibuktikan melalui mood sheet (kuesioner untuk mengukur suasana hati) yang diisi oleh para ibu sebelum dan sesudah intervensi.

Terdapat pula peningkatan pada aspek bonding antara ibu dan anak. Secara umum, lebih dari 85% penerima program merasa lebih baik setelah mengikuti program NIVEA Sentuhan Ibu.

Program ini menggunakan metode yang dirancang khusus yang didasari oleh kekuatan sentuhan ibu melalui terapi/intervensi kesehatan mental dan psikososial, yaitu Mindfulness Therapy dan Play Therapy.

"Sebagai kelanjutan dari program ini, kami terus mendukung agar pengetahuan yang sudah diberikan dapat terus dilanjutkan oleh para peserta program dengan didukung oleh pihak-pihak/instansi terkait di Lombok, sehingga program ini dapat memberikan hasil yang bermanfaat kepada para peserta secara berkelanjutan," tutup Diana Riaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Norman Eka Saputra, Direktur Skandinavia Apartment

Jumat, 20 September 2019 - 19:04 WIB

Sektor Properti Kembali Bergairah, PT Pancakarya Griyatama Luncurkan Unit Skandinavia Lagom

Produk ini merupakan produk penghabisan dimana hanya tersisa sebanyak 200 an unit dengan luasan semigross 44,81m2 yang terbagi menjadi dua tipe yakni 1 bedroom suite dan 2 bedroom junior yang…

Kedai Kopi 98

Jumat, 20 September 2019 - 18:16 WIB

Tanpa Royalty Fee, KOPI 98 Tawarkan Konsep Kemitraan

Bisnis minuman berbahan dasar kopi terus tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Saat ini kita dapat dengan mudah menemui kedai kopi atau bahasa gaulnya 'coffee shop' atau hanya gerobakan (booth)…

Apartemen SQ Rés Raih Penghargaan Best High-End Condo Development

Jumat, 20 September 2019 - 18:01 WIB

Apartemen SQ Rés Raih Penghargaan Best High-End Condo Development

Salah satu pengembangan baru PT Intiland Development Tbk (Intiland) yakni apartemen SQ Rés meraih penghargaan Best High-End Condo Development dari penghargaan PropertyGuru Indonesia Property…

SUCOFINDO Rebut Dua Penghargaan di Ajang Tahun Revolusi Mental Award 2019

Jumat, 20 September 2019 - 18:00 WIB

SUCOFINDO Rebut Dua Penghargaan di Ajang Tahun Revolusi Mental Award 2019

PT SUCOFINDO (Persero), Meraih 2 penghargaan dalam ajang Revolusi Mental Award 2019 Tahun Ke-2, yaitu SUCOFINDO menjadi Perusahaan BUMN Kategori Indonesia Tertib Terbaik (silver) yang diberikan…

Intiland Raih Empat Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Jumat, 20 September 2019 - 17:53 WIB

Intiland Raih Empat Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland) meraih penghargaan sebagai Pengembang Properti Terbaik atau Best Developer pada ajang penganugerahan penghargaan PropertyGuru Indonesia…