Peringati HUT RI, BUMN Gelar Upacara Kemerdekaan di Kementerian BUMN

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Agustus 2019 - 10:00 WIB

Peringati HUT RI, BUMN Gelar Upacara Kemerdekaan di Kementerian BUMN
Peringati HUT RI, BUMN Gelar Upacara Kemerdekaan di Kementerian BUMN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Enam Badan Usaha Milik Negara yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero), menggelar upacara dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74 di halaman gedung Kementerian BUMN yang dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat selaku PIC BHUN Wilayah DKI Jakarta, menjelaskan, upacara kemerdekaan merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri.

“Tak hanya itu, pada kali ini, rangkaian kegiatan BHUN yang digelar antara lain Siswa Mengenal Nusantara, Peringatan HUT RI serta Jalan Sehat. Kegiatan jalan sehat digelar 18 Agustus lengkap dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, ragam perlombaan dan permainan tradisional, pameran produk UMKM binaan BUMN, kuliner, pagelaran busana bahan limbah hingga kampanye Diet Plastik,” kata Aas.

Usai pelaksanaan upacara dilakukan juga penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) Pupuk Indonesia kepada warga kelurahan Pasar Baru, serta penyambutan secara resmi para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku oleh jajaran direksi BUMN. Adapun rincian CSR adalah sebagai berikut:

- CSR Pembangunan Panti Asuhan Yayasan Yatim Al-Abror Palmerah, Jakarta Barat 

- CSR Renovasi Mushola Baiturrahman Sawah Besar, Jakarta Pusat 

- CSR Pembangunan MCK, Sanitasi dan Penyediaan Air Bersih di empat lokasi di Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat

Perlu diketahui juga, pemilihan lokasi CSR di Kelurahan Pasar Baru tersebut berdasarkan usulan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. “Diharapkan, dengan adanya fasilitas MCK, sanitasi dan air bersih yang layak, masyarakat setempat dapat meningkatkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat. Sehingga bisa terhindar dari segala bentuk kegiatan penyalahgunaan narkoba,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi DKI Jakarta.

 

Menurut Aas, keberadaan program BHUN juga ditujukan untuk dapat menghadirkan aksi nyata BUMN dalam rangka membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Program BHUN ini telah dilaksanakan secara berkesinambungan sejak tahun 2015. Sebagai komitmen BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok Negeri," imbuh Aas.

 

Siswa Mengenal Nusantara

 

Sebanyak 23 pelajar SMA sederajat dan SLB terpilih untuk mewakili Provinsi Maluku dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 telah tiba di Jakarta pada Rabu (14/8) malam lalu. Selama di Ibu Kota, para peserta SMN di dampingi oleh Guru berprestasi, Dinas Pendidikan Provinsi Maluku dan BUMN yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta.

Selama 10 hari ke depan, siswa-siswi SMN akan mendapatkan wawasan mengenai Pengenalan BUMN, Budaya, Bela Negara, Pemanfaatan Teknologi, Cinta Lingkungan dan edukasi lainnya untuk memperkaya cinta bangsa dan tanah air.

Para siswa telah menerima edukasi wawasan kebangsaan dan bela negara bersama dengan Paskhas 461 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma selama dua hari terakhir. Selanjutnya para siswa akan diberikan wawasan pendidikan dengan mengunjungi sekolah unggulan MH Thamrin Jakarta, wawasan tentang BUMN dengan mengunjungi pabrik dan proyek-proyek BUMN yang ada di Jakarta dan sekitarnya, mengunjungi tempat bernilai sejarah dan sosial budaya  seperti Monas, Masjid Istiqlal, dan Katedral, melakukan perjalanan dengan MRT, hingga wawasan entrepreneurship di Rumah Kreatif BUMN dan masih banyak kegiatan edukatif lainnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…