Tingkatkan Kunjungan Wisman, Biro Perjalanan Malaysia Kunjungi Tanjung Lesung

Oleh : Herry Barus | Kamis, 09 Maret 2017 - 13:50 WIB

Ilustrasi Tanjung Lesung
Ilustrasi Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Banten- Manajemen Tanjung Lesung menyambut gembira kunjungan agen perjalanan dari Johor Bahru dan Kuala Lumpur, Malaysia karena diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Kami sangat senang bisa didatangi travel agent dari luar negeri terutama dalam rangka pencapaian target kunjungan wisatawan yang akan dicapai pada 2017," ujar Chairman PT Banten West Java Tourism Development Setiawan Mardjuki, di Banten, Kamis (9/3/2017).

Tanjung Lesung yang berlokasi di Pandegalang, Provinsi Banten merupakan salah satu dari 10 prioritas Bali Baru yang dicanangkan Kementerian Pariwisata pada 2017.

Tanjung Lesung merupakan sebuah destinasi wisata termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEE) di ujung Provinsi Banten, dan berdekatan dengan Pantai Carita, Gunung Anak Krakatau, Pulau Panaitan dan Taman Nasional Ujung Kulon.

"Tanjung Lesung ini saya kira adalah sesuatu yang baru karena itu di Johor Bahru pertama kalinya kami coba garap karena kedekatan jarak Indonesia dan Malaysia," katanya kepada awak media.

Dia menyatakan saat ini sudah ada penerbangan langsung Jakarta-Johor Bahru, sehingga lebih nyaman untuk para turis bisa datang dan diharapkan bisa meningkatkan kunjungan ke Tanjung Lesung.

"Dengan kehadiran travel agent diharapkan bisa memperkenalkan daerah sekitarnya juga. Banten banyak turis area yang belum banyak di-eksplorasi. Saya kira banyak potensi yang perlu digarap untuk para turis terutama mendapatkan daerah-daerah baru yang belum dikenal," katanya pula.

Dia menambahkan, Tanjung Lesung dekat dengan Jakarta, sehingga menjadi salah satu faktor yang memudahkan seperti Kuala Lumpur ke Malaka juga cuma dua jam atau sekitar 180 kilometer.

"Ini juga mirip Jakarta-Tanjung Lesung sekitar 170 kilometer. Saya kira turis dengan mudah bisa datang. Kalau dari segi alam saya kira salah satu yang terbaik juga karena airnya masih bersih dan alamnya masih cantik. Kalau dekat-dekat Jakarta biasanya mulai kotor. Dengan dua jam sudah bisa mendapatkan tempat yang indah dan masih alami," katanya pula.

Setiawan mengatakan untuk menuju Gunung Anak Krakatau dan Taman Nasional Ujung Kulon cukup ditempuh satu jam dari Pantai Tanjung Lesung.

Transportasi dari Jakarta, ujar dia, sekarang ini separuhnya melewati jalan tol, lalu setengah lagi jalan biasa.

"Perjalanan tidak membosankan karena bisa berhenti di beberapa tempat. Saya kira itu tidak menjadi halangan karena di tengah-tengah Kota Pandeglang kita bisa lihat rumah zaman dulu, ada pembuatan batik di Serang dan masih banyak lagi, sehingga tidak merasa capek," katanya lagi.

Dia mengatakan selama ini wisatawan mancanegara paling banyak dari Korea Selatan baik untuk keluarga dan berbulan madu, sedangkan dari Malaysia sudah ada beberapa tetapi belum banyak yang digarap.

"Peran Kemenpar, mereka sangat mendukung seperti adanya MATTA Fair, kami partisipasi di situ. Pemerintah beri fasilitas. Hasilnya lumayan walau belum banyak," kata dia.

Sebanyak 15 travel agent di Johor Bahru dan Kuala Lumpur bersama sejumlah media Malaysia mengikuti program "Familirisation Trip" dengan dikoordinir Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru mulai 7 hingga 11 Maret 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…