BEKRAF Kembali Gelar Program BEKUP Gelombang 2

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 16 Agustus 2019 - 19:26 WIB

Pelaksanaan program BEKRAF For Pre-Start Up (BEKUP) gelombang 2/2019 berlangsung pada 16 Agustus - 10 Oktober 2019 di Yogyakarta.(Ist)
Pelaksanaan program BEKRAF For Pre-Start Up (BEKUP) gelombang 2/2019 berlangsung pada 16 Agustus - 10 Oktober 2019 di Yogyakarta.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tingginya angka populasi pengguna internet di Indonesia secara positif memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi digital. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah dan perkembangan start up di Indonesia, salah satunya yaitu usaha digital kreatif.

Olehnya itu untuk mendorong tumbuh kembang bisnis kreatif berbasis teknologi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) kembali menyelenggarakan program BEKRAF For Pre-Start Up (BEKUP) gelombang 2/2019 yang akan berlangsung pada 16 Agustus - 10 Oktober 2019 di Yogyakarta.

BEKUP merupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk mematangkan integrasi ekosistem start up dari hulu sampai ke hilir melalui peningkatan kompetensi modal manusia. Program ini membantu pengembangan start up terutama pada tahap awal dengan memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan serta ruang kerja.

Muhammad Neil El Himam, Direktur Fasilitasi Infrastruktur TIK BEKRAF menjelaskan sebagai langkah untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di asia tenggara pada tahun 2020 pemerintah bergerak cepat untuk mencapai hal tersebut, salah satunya melalui BEKUP.

"Program ini akan memberikan dukungan dengan menyediakan wadah inkubasi bagi pelaku usaha pemula terutama pada tahap awal (pre-start up).

"Kami menginginkan program ini dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pendiri start up digital dan melahirkan pelaku usaha ekonomi digital yang kuat, andal, dan inovatif," kata Neil dalam siaran persnya yang diterima Industry.co.id Jumat (16/8).

Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2017 BEKUP telah berhasil memberikan pendampingan terhadap calon pendiri start updigital di 18 kota terpiih. BEKUP 2019 akan hadir di 3 kota terpilih yaitu; Bandung (Juni - Agustus), Yogyakarta (Agustus - Oktober) dan Depok (Oktober - Desember).

BEKUP gelombang 2/2019 akan berlangsung selama 2 bulan yang terdiri dari 5 rangkaian program yaitu Bootcamp, Team Consultation, Mid Evaluation, Routine Review Journey dan Final Evaluation.

Dari lima rangkaian tersebut, topik-topik pembekalan yang diberikan antara lain tren teknologi, tren model bisnis, perancangan model bisnis, analisa pasar, observasi calon konsumen, eksperimen pitch & pengembangan landing page, pengembangan produk, eksperimen Wizard of Oz dan Pengantar UX / UI.

Dibawah Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, rangkaian program pre-inkubasi BEKUP akan difasilitasi oleh mentor dan juga berkolaborasi dengan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif Digital / TIK Indonesia) untuk menyediakan modul yang akan diberikan pada para peserta.

Salah satu target yang ingin dicapai melalui penyelenggaraan BEKUP gelombang 2/2019 di Yogyakarta adalah melahirkan 60 pre-start up berkualitas di Indonesia.

"Kami akan terus berupaya menciptakan infrastruktur dan program pengembangan industri kreatif termasuk di dalamnya industri digital dalam negeri sehingga mampu memberikan kontribusi dan dampak positif bagi perekonomian Indonesia," kata Neil.

Neil berharap melalui BEKUP 2019 ini pelaku usaha digital di Indonesia dapat membangun bisnis jangka panjang berbasis produk digital yang inovatif dan mampu bersaing secara kompetitif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…