Hino Kerja Sama Dengan DPP Organda untuk Peremajaan Truk Pelabuhan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 09 Maret 2017 - 11:57 WIB

Peresmian MOU Hino dan Organda Untuk Peremajaan Angkutan Barang
Peresmian MOU Hino dan Organda Untuk Peremajaan Angkutan Barang

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebagai market leader medium duty truck di Indonesia, PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dengan ini, melakukan kerjasama dengan Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) Organda DKI.

Kerjasama ini bertujuan untuk peremajaan truk angkutan pelabuhan guna mendukung program pemerintah dalam mengefisiensikan biaya logistik.

Pada tahap awal, peremajaan ini dilaksanakan sebanyak 85 unit truk angkutan pelabuhan yang dimiliki oleh PT Iron Bird sebanyak 55 unit dan 30 unit milik PT Samudera Indonesia.

Dengan peremajaan angkutan ini, harapannya dapat terus bertambah dan meluas hingga keluar Jakarta, sehingga armada truk dipelabuhan dapat memberikan layanan prima bagi kegiatan bisnis disana dan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia.

Menurut Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI dalam siaran persnya yang diterima oleh Industry.co.id, mengatakan, "Hino sangat senang dapat bekerja sama dengan Angsuspel Organda DKI dalam upaya mendukung program pemerintah guna menurunkan biaya logistik yang masih tinggi," Jakarta, Kamis (9/3/2107).

Hino sendiri memiliki beragam pilihan truk untuk yang digunakan dalam angkutan pelabuhan, seperti Hino New Generation Ranger Tractor Head memiliki konfigurasi mulai dari 4x2 dengan tipe Hino New Generation Ranger FG dan SG series serta 6x2 dengan tipe Hino New Generation Ranger FM series dimana pilihan tenaga pun beragam mulai dari 235 PS hingga 350 PS dan daya tarik beban 31 Ton sampai 46 Ton.

Saat ini jumlah armada truk yang melayani angkutan barang maupun peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok lebih dari 16.000 unit dimana terdapat 43 persen usia kendaraan trailer diatas 15 tahun, 16 persen untuk di atas 10 tahun, dan 41 persen usia kendaraan antara 1-10 tahun.

Sementara itu biaya logistik nasional yang masih tinggi yaitu 24 persen dari gross domestic product (GDP) dan kontribusi terbesar berasal dari transportasi darat dengan truk mencapai 48 persen". sehingga membuat moda transportasi ini menjadi target utama pemerintah dalam mengatasi penurunan biaya logistik.

"Tentunya dengan kerja sama ini Hino akan memberikan best fit product kami kepada anggota Angsuspel Organda DKI sehingga target biaya logistik yang rendah dapat tercapai," pungkas Hiroo Kayanoki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirim Surat Evaluasi Kementrian ESDM

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:28 WIB

Ekspansif Selama 32 Bulan, Menperin Agus: Pertumbuhan Industri Manufaktur Masih Sehat Dan Solid

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…