Asuransi Sinar Mas dan Ralali.com Kejar Target “Menuju 1 Juta Partner dan 1 Juta UMKM”

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 14 Agustus 2019 - 20:22 WIB

kerjasama ini, Ralali.com akan membantu memasarkan produk UMKM mitra binaan Rumah Kreatif Sinar Mas.
kerjasama ini, Ralali.com akan membantu memasarkan produk UMKM mitra binaan Rumah Kreatif Sinar Mas.

INDUSTRY.co.id, Jakarta, Bertempat di Ballroom Plaza Simas, PT Asuransi Sinar Mas (ASM) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com) untuk mendukung pemberdayaan UMKM dengan tema “Digitalisasi Asuransi Melalui Ralali.com untuk perlindungan dan pemberdayaan UMKM”.

Ralali.com merupakan B2B Marketplace solusi bisnis bagi pelaku UMKM. Memasuki usia ke 6, Ralali.com menargetkan untuk dapat terus memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dengan pemenuhan usaha (sourcing), pengembangan usaha (scaling) dan penguatan usaha (sustaining). Mengarah menjadi “the next generation of B2B marketplace”, Ralali.com selalu relevan dalam menawarkan nilai tambah pada pasar yang dilayaninya.

Perusahaan ini mengimpikan jutaan UMKM se-Indonesia dapat dipermudah usahanya dan terhubung sesuai kebutuhan melalui platform digitalnya. Asuransi Sinar Mas sebagai perusahaan asuransi terkemuka juga telah memfasilitasi masyarakat Indonesia dengan berbagai produk terdepan selama 34 tahun.

“Perkembangan dunia digital saat ini harus terus diantisipasi oleh dunia usaha agar tidak kehilangan kesempatan. Kami melihat Asuransi Sinar Mas dan Ralali.com memiliki kesamaan visi untuk mendukung pemberdayaan UMKM. Melalui kerjasama ini Asuransi Sinar Mas akan memberikan dukungan melalui pemasaran produk asuransi kepada para UMKM binaan Ralali.com serta memberikan edukasi literasi keuangan agar mereka bisa merencanakan keuangan dengan baik”, jelas Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas saat acara penandatanganan.

“Kami antusias menyambut kolaborasi yang berdampak signifikan bagi UMKM. Kerjasama dengan Asuransi Sinar Mas dengan produk asuransi melalui platform Ralali.com diharapkan mendorong kemajuan UMKM. Proteksi terhadap aset usaha sangat dibutuhkan bagi bisnis UMKM, karena properti merupakan aset penting penunjang kegiatan bisnis. Sementara melalui Asuransi Kesehatan, proteksi terhadap kesehatan karyawan juga menjadi hal yang penting sehingga mampu memberikan perlindungan dan keamanan bagi karyawan UMKM. Lebih dari itu, kolaborasi ini juga menjembatani produk-produk UMKM mitra binaan Asuransi Sinar Mas untuk go digital”, papar Alexander Lukman, Chief Operating Officer Ralali.com.

Kolaborasi Ralali.com dengan Asuransi Sinar Mas merupakan wujud dari salah satu nilai-nilai budaya Indonesia yaitu gotong-royong. Gotong royong diimplementasikan dengan memfasilitasi segala kebutuhan dan solusi UMKM melalui platfrom kami dengan kolaborasi bersama partners.

“Kolaborasi ini merupakan awal langkah strategis untuk memajukan dan memberdayakan UMKM di Indonesia, sehingga ke depannya akan ada lebih banyak langkah nyata dari kolaborasi ini, seperti pemasaran produk komunitas UMKM mitra binaan Asuransi Sinar Mas, dan juga program loyalitas bagi UMKM dengan penggunaan Simas Poin. Pemasaran produk asuransi ini juga dapat memberikan nilai tambah bagi 300 ribu  tenaga lepas on-demand yang tergabung dalam platform BIG Agent kami", jelas Alvin Aulia Akbar, VP of Partnership & Monetizing Ralali.com.

Kerjasama yang dilakukan antara Asuransi Sinar Mas dengan Ralali.com meliputi pemasaran produk-produk ASM melalui Ralali.com, pemasaran produk-produk binaan Rumah Kreatif Sinar Mas melalui Ralali.com, pemasaran produk ASM melalui UMKM binaan Ralali.com dan edukasi literasi keuangan serta asuransi bagi UMKM binaan Ralali.com.

Ada beberapa produk yang telah disepakati untuk dipasarkan untuk memberikan proteksi asuransi bagi UMKM Ralali.com, yaitu asuransi perjalanan & umroh, asuransi mikro - stop usaha gempa tsunami, asuransi binatang peliharaan/pet insurance, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor (mobil & motor), asuransi mikro – simas perlindungan. 

Dalam kerjasama ini, Ralali.com akan membantu memasarkan produk UMKM mitra binaan Rumah Kreatif Sinar Mas. Rumah Kreatif Sinar Mas (RKSM) merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Asuransi Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan. RKSM didirikan sebagai bentuk dukungan Perusahaan terhadap Nota Kesepahaman antara Otoritas Jasa keuangan (OJK) dengan Kementerian Pariwisata dalam pengembangan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas dari Program 10 Bali baru.

Rumah Kreatif Sinar Mas melalui Sentra Kriya telah melakukan beberapa pelatihan untuk menghasilkan UMKM baru dengan produk Humbang Shibori, Humbang Batiq, Tenun Songket Humbang dan Humbang Eco Print. Selain itu Rumah Kreatif Sinar Mas juga melakukan pendampingan untuk UMKM mitra binaan Rumah Kreatif Sinar Mas yang memproduksi Humbang Arabica Coffee, Kopi Humbang Aneka Rasa, aneka kue dan makanan ringan, serta rendang Bungus, produk mitra binaan di desa Bungus, Padang, Sumatera Barat.

“Adanya kerjasama juga akan memberikan kesempatan bagi UMKM binaan Ralali.com untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui pemasaran produk Asuransi Sinar Mas. Kami harapkan kerjasama ini akan mendukung program kampanye satu juta partner Asuransi Sinar Mas”, lanjut Dumasi.

Kampanye Satu Juta Partner merupakan program yang dicanangkan oleh PT Asuransi Sinar Mas untuk mengenjot pendapatan premi dari retail bisnis. Hal ini sejalan dengan misi Ralali.com untuk memberdayakan satu juta UMKM di Indonesia dengan menyediakan kebutuhan usaha pelaku UMKM secara holistik, diperkuat dengan ratusan ribu Agent tergabung dalam platform digital yang siap memajukan UMKM.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…