Potensi Bisnis Pendukung Ekosistem E-commerce Lebih Ideal

Oleh : Andi Mardana | Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:30 WIB

Oliver Yang, Chief Executive Officer, Jet Commerce menunjukkan kemasan paket Jet Commerce di kantor pusat, Jakarta.(Ist)
Oliver Yang, Chief Executive Officer, Jet Commerce menunjukkan kemasan paket Jet Commerce di kantor pusat, Jakarta.(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menurut Google dan Temasek dalam laporan e-Conomy SEA 2018, e-commerce merupakan sektor bisnis yang menopang ekonomi internet dengan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia Tenggara.

Nilai sektor ini bahkan diprediksi hendak mencapai lebih dari $100 miliar pada 2025, sementara jumlah konsumen Asia Tenggara yang berbelanja melalui platform e-commerce.

Telah meningkat dari kurang dari 50 juta pada 2015 menjadi lebih dari 120 juta pada 2018.

Agustina Putri Wijaya, Marketing Director Jet Commerce, mengatakan bahwa perkembangan pesat sektor ini tidak lepas dari kontribusi seluruh komponen ekosistem e-commerce.

"Salah satunya yaitu inovasi dari berbagai platform yang kian kreatif dalam menarik konsumen, semisal gamification yang menerapkan unsur-unsur game," kata Agustina di Jakarta baru-baru ini.

Selain itu, tambahnya, fitur live streaming juga dihadirkan platform untuk menjangkau konsumen dengan cara yang lebih menyenangkan.

Di samping menciptakan pengalaman unik, fitur ini memberikan keuntungan fungsional yang memungkinkan penjual untuk mendemonstrasikan produk yang dijual, seraya merespon langsung pertanyaan konsumen

"Live streaming dapat dilakukan brand atau penjual untuk membangun kepercayaan konsumen. Ada kesan asli atau otentik yang timbul dari spontanitas si  pembawa acara,” jelas Agustina.

Tidak hanya penjual, konsumen pun diberikan keuntungan. "Live streaming memungkinkan konsumen untuk melihat ulasan yang disertai reaksi dari sesama konsumen saat itu juga," tambah Agustina.

Kendati pendekatan interaktif dan metode kekinian telah menghadirkan tren baru bagi industri, Agustina menganjurkan brand dan penjual untuk terlebih dahulu menguasai dasar-dasar e-commerce.

"Penting bagi kami untuk beradaptasi dengan tren dan inovasi yang berkembang, tanpa mengesampingkan pekerjaan-pekerjaan fundamental dari hulu ke hilir," pungkas Agustina.

Jet Commerce hingga saat ini tengah mengoperasikan lebih dari 100 official online store aktif yang terdaftar di 13 platform e-commerce terkemuka di Asia.

Sebanyak 56 brand yang telah menjalin kemitraan strategis berasal dari beragam kategori, meliputi kategori produk elektronik, health & beauty, mom & baby, produk rumah tangga, mainan anak, dan pet food.

Pertumbuhan cepat yang diraih juga menjadikannya mampu berekspansi ke negara-negara lainnya di Asia Tenggara, hingga ke China. Sebagai jembatan antara brand dan konsumen, sekaligus penghubung brand dengan platform, Jet Commerce berupaya membangun kolaborasi dan sinergi untuk ekosistem e-commerce yang lebih ideal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paddle Board Yoga di Tanjung Lesung

Minggu, 15 Desember 2019 - 12:02 WIB

BWJ Hadirkan Road to Bodur Fest 2020, Suguhkan Aktivitas Olahraga Outdoor Hingga Makanan Sehat

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus melakukan berbagai upaya untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya…

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…

Anab Afifi, Penulis Buku dan CEO Boston Price Asia

Minggu, 15 Desember 2019 - 08:46 WIB

Bung Nadiem, Ketahuilah Tanpa Penghafal Dunia Kiamat!

Bung Nadiem, Anda perlu menengok kembali sejarah peradaban leluhur Anda. Anda telah mewarisi DNA leluhur Anda para penghafal hebat itu. Karena itulah, Anda bisa jadi sehebat sekarang ini.

Ketua MPR Bsmbang Soesatyo

Minggu, 15 Desember 2019 - 06:00 WIB

Generasi Milenial Merupakan Generator serta Kreator Kemajuan Bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (bamsoet) menegaskan generasi milenial merupakan generator sekaligus kreator kemajuan bangsa. Karenanya harus menjadi subjek dan tujuan pembangunan dalam kerangka…

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Minggu, 15 Desember 2019 - 05:00 WIB

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad bersama Koramil, Polsek dan masyarakat kampung Senggo, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, melaksanakan penyiapan sarana ibadah dalam rangka menyambut…