Kemenperin Bidik Industri Otomotif Jadi Primadona Ekspor

Oleh : Ridwan | Selasa, 13 Agustus 2019 - 14:05 WIB

Ilustrasi Industri Otomotif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Ilustrasi Industri Otomotif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Peridustrian (Kemenperin) terus memacu pertumbuhan industri otomotif nasional, salah satunya dengan peningkatan pemanfaatan komponen dalam negeri. Apalagi, sektor ini diproyeksikan jadi andalan ekspor setelah masuk dalam prioritas program Making Indonesia 4.0.
 
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan, peluang industri komponen otomotif untuk masuk dalam rantai pasok global sangat besar. Dukungan pemerintah juga diberikan melalui skema pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri komponen otomotif.
 
"2030 kita ingin sektor ini jadi champion combustion engine dan elektrik, kita juga berharap sektor industri otomotif jadi primadona ekspor," kata Harjanto saat membuka seminar otomotif di Aula Rajawali Kemenperin, Jakarta, Selasa (13/8). 

Produksi dan penjualan otomotif nasional sejak tahun 2018 telah mencapai rata-rata di atas 1,2 juta unit per tahun. Kinerjanya ditargetkan meningkat jadi 20 juta unit per tahun pada 2030.
 
Produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih pada periode Januari-Juni 2019 tercatat sudah mencapai 600 ribu unit. Pangsa pasar ekspor otomotif Indonesia juga sudah ke lebih dari 80 negara di dunia termasuk lima negara tujuan utama ekspor yaitu Filipina, Saudi Arabia, Jepang, Meksiko, dan Vietnam.
 
"Tahun ini kita targetkan ekspor 400 ribu unit dan target naik terus sampai satu juta unit di 2025, jadi produksi dalam negeri sekitar empat jutaan," paparnya.
 
Menurut Harjanto, pengembangan industri komponen juga perlu mendapat dukungan mengingat produk industri alat-alat kendaraan bermotor merupakan bagian dari rantai pasok bagi Original equipment manufacturer (OEM) maupun layanan purna jual industri kendaraan bermotor. Kondisi ini menjadikan pangsa pasar kian meluas baik domestik maupun ekspor, serta berpeluang untuk terus dikembangkan teknologinya sehingga mampu bersaing di pasar global.
 
"Ada brand-brand lokal (industri komponen) daerah Karawang, itu kita jadikan Detroit-nya Indonesia. Daerah Patimban juga akan jadi car port terminal yang bisa ekspor mobil kita ke luar negeri," paparnya.
 
Secara nasional saat ini terdapat sekitar 1.500 perusahaan komponen otomotif di Indonesia yang terbagi dalam Tier 1, Tier 2 dan Tier 3 yang tersebar di seluruh Indonesia terutama di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, sekitar 240 perusahaan merupakan anggota Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM), dan 122 anghota Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO).
 
"Sebagai mitra pemerintah dan pelaku ekonomi di sektor kendaraan bermotor, asosiasi industri komponen otomotif memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong industri komponen kendaraan bermotor agar dapat berdiri tangguh dan kokoh dalam menghasilkan produk-produk yang dapat bersaing kuat di pasar global," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:00 WIB

Waduh Bahaya! Ungkap Risiko Mengerikan dalam PJJ, Nadiem Desak Pemda Segera Lakukan Sekolah Tatap Muka

Risiko kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar pada siswa atau lost learning muncul dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan demikian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem…

GBG

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:00 WIB

GBG: Enam Prediksi Layanan Finansial dan Lansekap Fraud di Tahun 2021

Tahun 2020 telah mendorong Lembaga Keuangan (LK) untuk mengedepankan perencanaan, implementasi dan optimalisasi teknologi, terlebih ketika sejumlah 71% pembuat keputusan di bidang teknologi…

Dirjen ILMATE Kemenperin Taufiek Bawazier

Minggu, 24 Januari 2021 - 14:00 WIB

Dukung Program Polisi 4.0, Kemenperin Siap Pasok Teknologi Canggih untuk Polri

Kementerian Perindustrian mendukung upaya kementerian dan lembaga yang menerapkan teknologi industri 4.0 dalam menopang aktivitasnya agar lebih produktif dan efisien, salah satunya Kepolisian…

Zoe Jakson (Foto Dok Warta Kota)

Minggu, 24 Januari 2021 - 14:00 WIB

Akting Artis Zoe Jackson di Sinetron Buku Harian Seorang Istri Ditunggu Netizen

Sinetron Buku Harian Seorang Istri, makin seru karena persoalan yang munculnya makin seru. Apalagi kisahnya menikah tanpa dilandasi rasa cinta, apalagi mereka masih belia. Meski terus disakiti…

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 (foto/Tribunnews.com)

Minggu, 24 Januari 2021 - 13:37 WIB

Tolong Catat! Laporan Masyarakat Pasca di Vaksinasi COVID-19, Komnas KIPI: Reaksi Hanya Pegal, Lapar, dan Ngantuk

Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) terus memantau pelaksanaan program vaksinasi COVID-19, termasuk mendengarkan laporan masyarakat.  Menurut Ketua Komnas KIPI, Prof.…