ACT Tebarkan Kebahagiaan Idul Adha bersama Penyintas Gempa

Oleh : Wiyanto | Selasa, 13 Agustus 2019 - 07:57 WIB

Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Aksi Cepat Tanggap (ACT)

INDUSTRY.co.id - Lombok – Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan terdepan kembali menunjukkan keseriusannya dalam menyebarluaskan kebermanfaatan di Indonesia. Pada 10 Dzulhidjah lalu, Global Qurban-ACT telah mendistribusikan ke jutaan penerima manfaat dan akan masih menerima amanah kurban para dermawan hingga hari Tasyrik ketiga.

Khusus di Lombok, Global Qurban-ACT kembali menebarkan kebahagiaan kurban untuk para penyintas gempa. Sebanyak 15 ekor sapi disembelih untuk warga yang tinggal di Integrated Community Shelter (ICS) Gondang dan warga Lombok Utara.

"Alhamdulillah, kemarin kita menyembelih 15 ekor sapi, amanah dari Kajian Musawarah melalui program Musawarah Berkurban. Nantinya, 15 ekor sapi ini akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di Lombok Utara. Warga-warga di ICS juga akan dapat dagingnya. Selain itu, Senin (12/8) ini juga akan ada Syukuran Qurban. Nah, daging yang akan dimasak pada acara ini tidak termasuk dengan daging yang dibagikan. Jadi masing-masing ada yang untuk dibagikan, ada yang untuk dimasak di ICS," terang Romi Saefudin, ketua program ACT cabang NTB.

Selain telah mendirikan ICS, ACT terus membersamai para penyintas gempa selama setahun ini. Hal ini disampaikan pula oleh Rifai, salah satu penghuni ICS Gondang. "Gempanya sudah berlalu, tapi pembangunan masih berlangsung sampai sekarang dan membangunnya itu cukup lama. Alhamdulillah, bantuan ini cukup meringankan keadaan kami yang masih tinggal di ICS ini. Jadi kami sangat berterima kasih kami atas bantuan yang diberikan ACT dan Global Qurban," tutur Rifai.

Program tersebut dilaksanakan di masjid yang terletak di dekat ICS, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Meskipun mesjid itu kini rata dengan tanah, namun warga tetap memilih menunaikan salat Iduladha di sana. Pasalnya, bagi mereka dahulunya masjid inilah yang cukup menampung warga dari empat dusun di Desa Gondang untuk salat Iduladha.

"Karena kalau di masjid ini dulu bisa menampung warga dari empat dusun saat salat Iduladha. Sampai keluar teras saking banyaknya. Sementara sekarang masjid masih rata dengan tanah dan belum kita bangun lagi. Kalau di tempat lain takut tidak cukup dan agak jauh juga. Jadi tanah masjid ini masih kita gunakan untuk hari raya karena dapat menampung warga dari empat dusun tersebut," kata Kemar, pengurus Masjid Jami An-Nur.

Keempat dusun tersebut adalah Karangpendagi, Karangbedil, Karangamur, serta Karanganyar. Kemar menceritakan, setahun pascagempa M 7,0 yang mengguncang Lombok pada Agustus 2018 lalu, kehidupan warga semua dusun sudah normal kembali. Terlihat ratusan orang memenuhi masjid tempat salat mereka tersebut. Namun ia mengakui, warga masih juga sering trauma karena gempa tahun lalu tersebut. Sampai sekarang, beberapa warga langsung bersiaga bila ada gempa-gempa kecil yang mereka rasakan.

"Kami saat-saat gempa tersebut sampai sekarang, sangat terbantu sekali, dengan kehadiran ACT. Banyak sekali bantuan yang diberikan kepada kami dan bahkan sampai sekarang, ICS masih tetap berdiri setelah satu tahun gempa. Ini cukup membantu karena pembangunan rumah biasanya memang akan memakan waktu cukup lama," ujar Kemar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

realme masuk segmen alot

Sabtu, 18 Januari 2020 - 15:16 WIB

Realme Buds Air Jajal Alot di Indonesia

realme, merek trendsetter untuk teknologi canggih dalam smartphone di Indonesia, secara resmi melangkah ke ranah AIoT di Indonesia dengan meluncurkan True Wireless, Real Seamless - realme Buds…

SystemEver

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:48 WIB

Software ERP SystemEver Siap Perkuat UKM Hadapi Revolusi Industri 4.0

Era Revolusi Industri 4.0 semakin menuntut dunia usaha mulai dari skala kecil, sedang hingga besar untuk melakukan berbagai lompatan bisnis agar menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif…

Shopee

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:35 WIB

Shopee Berhasil Catatkan Pencapaian Spesial di Tahun 2019

2019, Shopee berhasil mempelopori serangkaian inisiatif yang berhasil mengubah cara konsumen berbelanja online di daerah tempatnya beroperasi.

Marcedes Benz (ist)

Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:05 WIB

Mercedes-Benz Catat Penjualan 3.344 Unit Kendaraan Penumpang dan Van di 2019

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia berhasil menjual 3.344 unit mobil tahun lalu meskipun situasi industri otomotif yang menantang

Ilustrasi pembangunan Jalan

Sabtu, 18 Januari 2020 - 12:53 WIB

Kementerian PUPR Genjot Pembangunan Jalan Lingkar Raja Ampat

Kehadiran jalan tersebut akan meningkatkan konektivitas antar destinasi wisata di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat yang terkenal dengan keindahan destinasi wisata gugusan pulau karang…