ACT Tebarkan Kebahagiaan Idul Adha bersama Penyintas Gempa

Oleh : Wiyanto | Selasa, 13 Agustus 2019 - 07:57 WIB

Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Aksi Cepat Tanggap (ACT)

INDUSTRY.co.id - Lombok – Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan terdepan kembali menunjukkan keseriusannya dalam menyebarluaskan kebermanfaatan di Indonesia. Pada 10 Dzulhidjah lalu, Global Qurban-ACT telah mendistribusikan ke jutaan penerima manfaat dan akan masih menerima amanah kurban para dermawan hingga hari Tasyrik ketiga.

Khusus di Lombok, Global Qurban-ACT kembali menebarkan kebahagiaan kurban untuk para penyintas gempa. Sebanyak 15 ekor sapi disembelih untuk warga yang tinggal di Integrated Community Shelter (ICS) Gondang dan warga Lombok Utara.

"Alhamdulillah, kemarin kita menyembelih 15 ekor sapi, amanah dari Kajian Musawarah melalui program Musawarah Berkurban. Nantinya, 15 ekor sapi ini akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di Lombok Utara. Warga-warga di ICS juga akan dapat dagingnya. Selain itu, Senin (12/8) ini juga akan ada Syukuran Qurban. Nah, daging yang akan dimasak pada acara ini tidak termasuk dengan daging yang dibagikan. Jadi masing-masing ada yang untuk dibagikan, ada yang untuk dimasak di ICS," terang Romi Saefudin, ketua program ACT cabang NTB.

Selain telah mendirikan ICS, ACT terus membersamai para penyintas gempa selama setahun ini. Hal ini disampaikan pula oleh Rifai, salah satu penghuni ICS Gondang. "Gempanya sudah berlalu, tapi pembangunan masih berlangsung sampai sekarang dan membangunnya itu cukup lama. Alhamdulillah, bantuan ini cukup meringankan keadaan kami yang masih tinggal di ICS ini. Jadi kami sangat berterima kasih kami atas bantuan yang diberikan ACT dan Global Qurban," tutur Rifai.

Program tersebut dilaksanakan di masjid yang terletak di dekat ICS, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Meskipun mesjid itu kini rata dengan tanah, namun warga tetap memilih menunaikan salat Iduladha di sana. Pasalnya, bagi mereka dahulunya masjid inilah yang cukup menampung warga dari empat dusun di Desa Gondang untuk salat Iduladha.

"Karena kalau di masjid ini dulu bisa menampung warga dari empat dusun saat salat Iduladha. Sampai keluar teras saking banyaknya. Sementara sekarang masjid masih rata dengan tanah dan belum kita bangun lagi. Kalau di tempat lain takut tidak cukup dan agak jauh juga. Jadi tanah masjid ini masih kita gunakan untuk hari raya karena dapat menampung warga dari empat dusun tersebut," kata Kemar, pengurus Masjid Jami An-Nur.

Keempat dusun tersebut adalah Karangpendagi, Karangbedil, Karangamur, serta Karanganyar. Kemar menceritakan, setahun pascagempa M 7,0 yang mengguncang Lombok pada Agustus 2018 lalu, kehidupan warga semua dusun sudah normal kembali. Terlihat ratusan orang memenuhi masjid tempat salat mereka tersebut. Namun ia mengakui, warga masih juga sering trauma karena gempa tahun lalu tersebut. Sampai sekarang, beberapa warga langsung bersiaga bila ada gempa-gempa kecil yang mereka rasakan.

"Kami saat-saat gempa tersebut sampai sekarang, sangat terbantu sekali, dengan kehadiran ACT. Banyak sekali bantuan yang diberikan kepada kami dan bahkan sampai sekarang, ICS masih tetap berdiri setelah satu tahun gempa. Ini cukup membantu karena pembangunan rumah biasanya memang akan memakan waktu cukup lama," ujar Kemar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aiko Senosoenoto dari Eki Dance Company (Foto Amz)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 15:00 WIB

Komunitas, Jadi Salah Satu Alternatif Pengembangan Seni Tari di Indonesia

Tumbuhnya berbagai komunitas, termasul komunitas tari, menjadi salah salah satu titik penting dalam jejaring kesenian di Indonesia. Ketika banyak negara lain masih berkutat dalam sekolah seni,…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:48 WIB

Pasar Modal Tingkatkan Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan terus mengarahkan agar industri Pasar Modal lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, serta membuka lebih…

Sentra bawang merah

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:34 WIB

Kementan Mampu Membuat Ekspor Melesat

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuktikan capaian swasembada pangan melalui kemajuan ekspor selama periode Mentan Amran Sulaiman.

Garuda Baseball-Softball Club Berkolaborasi dengan PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. Dalam Pembinaan Baseball Usia Dini

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 12:20 WIB

Bina Baseball Usia Dini, Garuda Baseball-Softball Club Gandeng Bekasi Fajar Industrial Estate

Jakarta–PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. (BeFa) dan Garuda Baseball-Softball Club pada akhir pekan, Sabtu pada tanggal 24 Agustus 2019, menggelar acara tajuk “Kolaborasi Dalam Pembinaan…