10 Sekolah Siap Wakili Indonesia ke Asia Pasifik di Guam 2020

Oleh : Andi Mardana | Senin, 12 Agustus 2019 - 15:38 WIB

Produk karya perusahaan siswa yang menjadi peserta Indonesia Student Company Competition 2019, di Jakarta, hari ini (10/8). (Ist)
Produk karya perusahaan siswa yang menjadi peserta Indonesia Student Company Competition 2019, di Jakarta, hari ini (10/8). (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai wujud konsistensi dalam memberikan pembekalan kewirausahaan kepada generasi muda Indonesia, Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama mitra sponsor program meneruskan kembali inisiatif terobosan: Indonesia Student Company Competition (ISCC) 2019.

Pada penyelenggaraan ke-10 ini, ISCC 2019 telah berhasil menjaring sepuluh perusahaan siswa (Student Company-SC) dari SMA/SMK berbagai wilayah Indonesia dengan puncak penilaian lomba berlangsung Sabtu (10/8) di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Kesepuluh sekolah meliputi SMK Kartini Batam (Karvohisu SC), SMKN 3 Buduran Sidoarjo (San’G SC), SMA Muhammadiyah Cileungsi (Rse SC), SMAN 10 Bandung (How SC), SMAN 2 Denpasar (Emi SC), SMAN 1 TUBAN (Sacovation SC), SMKN 27 Jakarta (Alta SC), SMAN 81 Jakarta (Keppel SC), SMAN 3 Semarang (Visco SC), dan SMA Plus Pembangunan Jaya (Meromi SC).

Masing-masing sekolah telah menerima dukungan dari sejumlah perusahaan yang terlibat sebagai mitra sponsor program, antara lain Citi Indonesia (Citibank), Caterpillar Foundation, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) dan Yayasan Pendidikan Jaya.

Pemenang berkesempatan mewakili Indonesia di kejuaraan bisnis level Asia Pasifik di Guam pada Maret 2020 mendatang.

"PJI secara aktif membina para pelajar setingkat SMA/SMK untuk membangun ide bisnis dan mengelola usaha mikro di sekolah," kata Siddharta Moersjid, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia di Jakarta baru-baru ini.

Harapannya, lanjut Siddharta pelajar sebagai representasi generasi muda Indonesia bisa mengasah pengalaman dan termotivasi untuk terus berkiprah sebagai wirausaha.

"Dengan demikian, semangat entrepreneurship akan terus tertularkan dan menginspirasi kalangan muda lainnya sehingga secara berkesinambungan turut berkontribusi membangun ekosistem kewirausahaan di Indonesia," tuturnya.

Tahun ini, PJI memperluas wilayah jangkauan penyeleksian sekolah hingga luar Jawa dan Bali. Setelah melalui proses pembinaan selama November 2018-Juli 2019, perwakilan tim sekolah yang terseleksi akan mempresentasikan keunggulan serta pencapaian bisnis mereka di hadapan para juri.

Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki mengungkapkan di Indonesia, kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia berfokus pada pemberdayaan generasi muda, dalam hal edukasi dan literasi keuangan serta memberikan pengetahuan mengenai dasar-dasar kewirausahaan.

Menurut Elvera, peran generasi muda untuk masa depan perekonomian Indonesia sangatlah penting.

"Karenanya, kami percaya melalui mentoring, peningkatan pengetahuan dan kompetensi kalangan muda secara berkelanjutan, salah satunya lewat inisiatif Student Company, dapat membantu pertumbuhan wirausahawan muda di Indonesia," jelasnya.

Ini selaras dengan komitmen Citi Indonesia terhadap generasi muda Indonesia serta mendukung implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Azi N. Alam, Vice President Public and Government Affairs, ExxonMobil Indonesia juga turut mendukung program ini. Menirut Azi wujud komitmen ExxonMobil untuk membidani lahirnya wirausahawan muda dari daerah yang bertetangga dengan lokasi kegiatan kami.

"Kita yakin, perwakilan siswa dari Bojonegoro dan Tuban akan mendapat manfaat berupa keahlian dan pola pikir kewirausahaan. Mereka akan turut membangun Bojonegoro dan Tuban di masa depan," jelasnya.

Dukungan senada juga diutarakan Director PT AIG Insurance Indonesia, Gevi Achdiat. Menurut ia generasi muda saat ini memiliki jiwa kewirausahaan yang sangat tinggi.

"Disinilah kami, AIG Indonesia, memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan wirausaha para generasi muda melalui program Indonesia Student Company Competition 2019, agar memiliki komitmen, integritas, dan motivasi yang tinggi dalam persaingan ekonomi di masa mendatang," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:59 WIB

Kualitas dan Harga Jagung Lokal Lebih Bagus

Jakarta - Pengamat Ekonomi Politik Pertanian Universitas Trilogi, Muhamad Karim menilai harga jagung lokal lebih bagus dibandingkan harga jagung impor adalah wajar. Pasalnya, saat ini jagung…

Sarang burung walet (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:57 WIB

Kementan Kawal Ekspor Sarang Burung Walet Jateng

Semarang - Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengajak para pelaku usaha sarang burung walet (SBW) di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produksinya agar dapat mengambil peluang…

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Galaxy Note 10+ (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:11 WIB

Samsung Resmi Meluncurkan Galaxy Note 10 dan 10+ Untuk Pasar Indonesia

Kekuatan performance, keindahan desain, kemampuan untuk berkreasi, dan fitur produktivitas dukung pengguna dalam berbagai pekerjaan dan passion yang mereka lakukan bersamaan.

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:00 WIB

EnGenius Cloud, Solusi Jaringan Berbasis Cloud Kemudahan Bagi SME

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, perusahaan jaringan nirkabel multinasional terkemuka, yang telah berpengalaman dalam solusi hardware dan software untuk perusahaan kecil dan menengah selama…