Empat Jembatan di London Bersinar, Bagian dari Pembuatan Mahakarya Seni Publik

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Agustus 2019 - 18:00 WIB

Empat Jembatan di London Bersinar, Bagian dari Pembuatan Mahakarya Seni Publik
Empat Jembatan di London Bersinar, Bagian dari Pembuatan Mahakarya Seni Publik

INDUSTRY.co.id - Guildford– Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, sebagai mitra yang ditunjuk Illuminated River Foundation telah mentransformasi empat jembatan di London yang membentang di sepanjang Sungai Thames, dengan efek pencahayaan yang artistik dan dinamis.

Color Kinetics LED luminer Signify yang dikelola secara terpusat menggunakan Interact Landmark system, ditampilkan di London Bridge, Cannon Street Railway Bridge, Southwark Bridge dan Millennium Bridge, sebagai bagian dari fase pertama proyek Illuminated River – sebuah mahakarya seni berskala besar-besaran – yang akan meliputi total lima belas jembatan.

 Ini merupakan kali pertama strategi holistik diterapkan untuk menyinari seluruh jembatan di pusat kota London. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman visual berjenjang bagi jembatan-jembatan ini, yang dapat dilihat oleh para pejalan kaki di jembatan, dari tepi sungai London, dari udara, dari gedung-gedung tinggi dan dari perahu yang berlayar di atas sungai.

Proyek ini dipimpin oleh Illuminated River Foundation yang menyelenggarakan kompetisi desain pencahayaan internasional yang dimenangkan oleh seniman internasional ternama, Leo Villareal dan arsitek London, Liftschutz Davidson Sandilands. Signify dipercaya untuk proyek ini karena reputasinya yang telah mendunia, keahliannya di bidang pencahayaan, serta kemampuan untuk mewujudkan proyek pencahayaan terkoneksi berskala besar dan penting seperti ini.

 “Bermitra dengan Signify, yang sekarang kami lakukan untuk mengubah jembatan dan muka sungai ini merupakan suatu terobosan. Kami menggunakan pencahayaan LED yang dinamis dan hemat energi untuk pertama kalinya pada 15 jembatan London dengan sistem Interact Landmark Signify untuk menciptakan karya seni publik berskala paling besar yang pernah dilihat,” komentar Sarah Gaventa, Direktur, Illuminated River Foundation, seperti diinformasikan dalam siaran pers, Senin (12/8/2019)

 Seniman Leo Villareal sangat senang. “Dengan Illuminated River sebagai karya seni terbesar yang pernah saya hasilkan, saya berharap untuk mengikuti jejak Monet, Turner dan Whistler serta mengungkapkan karakter sungai Thames yang benar-benar unik, inspiratif, dan puitis,” ujarnya.

Sistem Interact Landmark Signify akan mendeteksi dan mengelola gangguan serta melakukan diagnosa dan pemeliharaan jarak jauh, meningkatkan manajemen aset sehingga mengurangi biaya. Berdasarkan kontrak, Signify akan menerangi hingga 15 jembatan ikonis London sampai tahun 2022, dan akan menyediakan layanan siklus pakai untuk memantau dan mengelola pencahayaan terkoneksi jembatan dari jarak jauh hingga 10 tahun ke depan, masa dimana karya seni ini akan dilihat lebih dari satu miliar kali.

 

“Pencahayaan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menghembuskan kehidupan baru pada kota-kota dan wilayah metropolitan terkemuka, menjunjung tinggi era baru desain dan kecantikan perkotaan. Kami telah menerangi jembatan di seluruh dunia dan melihat secara langsung dampak positif dari pencahayaan arsitektur dinamis terhadap transformasi masyarakat dan kemajuan ekonomi lokal. Sungguh luar biasa dapat memberikan kepada penduduk kota London jembatan-jembatan yang bersinar dengan menakjubkan, termasuk beberapa jembatan yang baru untuk pertama kalinya diterangi," kata Maria-Letizia Mariani, Presiden Eropa, SVP, Signify.

 Lebih dari 22.000 titik lampu Color Kinetics LED terkoneksi akan digunakan untuk menerangi hingga 15 jembatan dengan efek pencahayaan artistik dan dinamis melalui perangkat lunak yang dikelola secara terpusat – Interact Landmark.

Pencahayaan Color Kinetics LED dapat menciptakan hingga 16 juta skema warna. Jembatan yang akan diterangi meliputi: London; Southwark; Cannon Street Railway; Millenium; Blackfriars Railway; Blackfriars; Waterloo; Golden Jubilee; Westminster; Lambeth; Vauxhall; Grosvenor; Chelsea; Albert dan Tower. Setiap tahun ada 200 juta penyeberangan di 15 jembatan di kota London ini.

 Signify berkomitmen untuk membantu kota-kota mengembangkan bisnis dan landmark wisata yang ramah lingkungan. Diperkirakan ada penghematan konsumsi listrik tahunan sebesar 50-70% untuk pencahayaan arsitektur dengan beralih ke teknologi LED terkoneksi dibandingkan dengan pencahayaan konvensional.

Proyek ini diharapkan dapat menarik lebih banyak orang untuk menikmati pemandangan sungai dan tepian sungai. Seperti jembatan dan monumen lain yang telah disinari Signify di seluruh dunia, hal ini akan memiliki dampak jangka panjang dan positif terhadap ekonomi lokal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…