Tomohon International Flower Festival akan Semakin Berkembang

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 10 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Tomohon International Flower Festival akan Semakin Berkembang
Tomohon International Flower Festival akan Semakin Berkembang

INDUSTRY.co.id - Tomohon - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut ajang Tomohon International Flower Festival (TIFF) akan semakin berkembang terdukung oleh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dari segi aksesibilitas maupun promosi.

"Kapasitas bandara Sam Ratulangi akan diperbesar dari 2 juta menjadi 6 juta pertahun, pelebaran jalan dan tol agar investasi masuk ke KEK Likupang, dan adanya anjuran agar Pemda menonjolkan kekayaan budaya dengan menggelar event pariwisata," ujar Menpar Arief Yahya menegaskan kembali komitmen Presiden saat membuka Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019, pada Kamis (8/8/2019), di Tomohon, Sulawesi Utara.

Komitmen Presiden dalam pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara, terutama KEK Likupang bukan tanpa alasan. Sederet prestasi sukses membuktikan potensi pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Tomohon di level internasional.

"Sejumlah prestasi telah dibuktikan Sulawesi Utara. Salah satunya, Sulawesi Utara meraih The Rising Destination of The Year 2019 dengan Absolute Growth kunjungan wisman tahun 2015-2018 sebesar 518 persen dan wisnus sebesar 90 persen," ujar Menpar, seperti diinformasikan Guntur Sakti Biro Komunikasi Publik, Kementerian Pariwisata

Prestasi lain yang berhasil diraih Sulawesi Utara di antaranya Taman Nasional Bunaken memperoleh penghargaan sebagai The Most Beautiful Destination 2016 pada ajang Diving and Resort Travel Expo (DRT) dan Pulau Siladen mendapat penghargaan sebagai The Best Dive Centres and Resort in the World 2017 dan 2018 versi Dive Magazine.

Lebih lanjut, Event Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 disebut Menteri Pariwisata sebagai event bunga terbaik nasional. Dengan tema "The Greatest Love of All", TIFF 2019 digelar dengan total 32 kendaraan hias dari berbagai daerah di Indonesia dan perwakilan 5 negara sahabat (Nepal, Ukraina, Australia, Korea, dan Amerika Serikat).

"Selamat karena TIFF 2019 telah menjadi trending topic. Ini berarti perhatian masyarakat sedang terpusat ke Tomohon," ujar Menpar.

Berdasarkan tim kurator Kementerian Pariwisata, TIFF dipastikan kembali masuk ke dalam Calendar of Event 2020. "Bagi saya, TIFF merupakan event yang sangat layak karena sustain dan selalu ramai. TIFF adalah festival bunga terbaik nasional," jelas Menpar.

Menurut Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, penyelenggaraan event tahunan TIFF diharapkan dapat berdampak baik terhadap sektor perekenomian dan kesejahteraan rakyat. Hal ini pun terbukti dari Absolute Growth Wisman Tomohon tahun 2015-2018 sebesar 517 persen dan wisnus sebesar 140 persen.

"Pemerintah Tomohon berkomitmen menjadikan pariwisata sebagai sektor utama karena Tomohon memiliki beraneka ragam objek pariwisata unggulan. TIFF merupakan kegiatan tahunan yg kami harap dapat berdampak meningkatkan sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tomohon. Berdasarkan evaluasi, TIFF dari tahun ke tahun semakin baik dalam penyelenggaraannya. Tahun depan kami harap TIFF 2019 dapat menjadi salah satu dari Top 10 event Kementerian Pariwisata," ujar Jimmy F. Eman.

Peluncuran varietas bunga lily Iriana, yang terinspirasi oleh nama ibu negara Republik Indonesia dan pemecahan rekor MURI melalui Tarian Ma’zani terbanyak yang diikuti oleh 1530 penari yang berprofesi sebagai guru juga menjadi agenda dalam TIFF 2019.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para Pengurus Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) merayakan milad 1 di Ball Room JIexpo Kemayoran Jakarta.

Selasa, 21 Januari 2020 - 08:40 WIB

Himpunan Pengusaha Online Internasional Targetkan 1 Juta Anggota Di 2020

Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) mentargetkan jumlah anggota akan mencapai 1 juta orang hingga akhir tahun 2020 dari jumlah 200 ribu saat ini. Hal ini terungkap dalam Rakernas…

Dermaga IPCC (Foto Istimewa)

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:57 WIB

Sepanjang 2019, IPCC Catatkan Pertumbuhan Dobel Digit

Di tengah masih menderunya kondisi perang dagang antara Amerika Serikat dan China hingga maraknya persepsi banyak kalangan pelaku usaha dan bisnis bahwa akan adanya resesi global yang dapat…

Jakarta-Program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) merupakan program kerjasama dengan e-commerce Shopee yang diikuti oleh seluruh seller Shopee yang telah memilih layanan SiCepat Ekspres.

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:05 WIB

Pengumuman Pemenang Program Jalan-Jalan Sicepat

Jakarta-Program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) merupakan program kerjasama dengan e-commerce Shopee yang diikuti oleh seluruh seller Shopee yang telah memilih layanan SiCepat Ekspres.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari (Tengah)

Selasa, 21 Januari 2020 - 05:00 WIB

Ketum PWI Pusat Terima Kunjungan Bikers dan Komunitas Pendaki Gunung

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menerima kunjungan bikers dan pendaki gunung Indonesia Wariani Krishnayanni atau akrab disapa Yanni di Sekretariat PWI Pusat, Senin, (20/1/2020).

Dankormar Hadiri Acara Baksos Pajero Indonesia One

Selasa, 21 Januari 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Hadiri Acara Baksos Pajero Indonesia One

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menghadiri acara bakti sosial yang diselenggarakan Staf Potensi Maritim Korps Marinir (Spotmar Kormar) bersama Pajero…