Kaya Potensi Sumber Daya Alam, Kabupaten Sorong Banyak Dilirik Investor

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 09 Agustus 2019 - 15:07 WIB

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sorong, Salmon Samori
Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sorong, Salmon Samori

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kabupaten Sorong sebagai  kabupaten terbesar di Papua Barat dikenal  sebagai salah satu daerah minyak. Sejak zaman Belanda, kandungan minyaknya  tergolong besar dan sempat menjadi pusat perhatian pelaku tambang minyak kelas dunia.  Kabupaten Sorong juga memiliki keindahan laut yang menyegarkan mata. Belum lagi sector perkebunan sawit dan perikanan

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupeten Sorong, Salmon Samori, mengatakan, posisi  Kabupaten Sorong, sangat strategis karena merupakan pintu gerbang keluar dan masuk transportasi laut bagi tanah Papua Barat.

“Kabupaten Sorong menjadi salah satu roda utama industri, perdagangan dan jasa di Papua Barat. Posisi strategis Kabupaten sorong sebagai Pintu Gerbang Pulau Papua dapat dimanfaatkan sebagai jalur perekonomian nasional & Internasional serta berada di jalur perekonomian nasional & Internasional,”ujarnya kepada Indusrtry.co.id, di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Kabupaten Sorong, lanjut Samori, saat ini, perekonomiannya masih didominasi oleh subsektor  pertambangan minyak dan gas bumi. Industri besar di Kabupaten Sorong meliputi industri kayu lapis dan industri kilang minyak. Potensi Industri sawit dan turunannya sangat terbuka untuk investasi di sector hilir.

Jadi posisi Kabupaten Sorong dengan ibukota Aimas, jelas Samori, selain terletak di lintasan jalur perdagangan Internasional AsiaPasifik – Australia maka dari sisi Geoekonomi, juga memiliki potensi sektor perikanan, perhubungan laut, pariwisata bahari, pertambangan, dan industri maritim.

Sejauh ini minat investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Sorong cukup tinggi. Kondisi ini dapat terlihat dari banyaknya kunjungan calon investor, baik dari dalam negeri maupun manca negara yang melakukan survei dan presentasi tentang rencana berinvestasi di Kabupaten Sorong. Dengan ragam potensi yang ada, Kabupaten Sorong menjadi magnet investasi di Timur Indonesia.

 “Ya harapan kami adalah, ragam investasi dalam mendukung  pembangunan Kabupaten Sorong, akan memberikan dampak secara langsung atau bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat sehingga menjadi pilar kekuatan ekonomi,”jelas Samori.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres, Wiwin Dewi Herawati dan Vice President IT SiCepat Ekspres, Billy Yosafat, menerima The Best GRC For Performance Management In Marketing & Information Technology in Logistic Service dan The Best CMO and GRC Leader 2020 dalam Governance, Risk, and Compliance (GRC) dan Performing Excellence Award 2020 yang digelar di Auditorium TVRI, Jakarta, 29 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:53 WIB

Berkat Tata Kelola Secara Baik, Perusahaan Industri Pengiriman Ini Raih Penghargaan GRC Award 2020

Jakarta-SiCepat Ekspres Indonesia mendapatkan dua penghargaan pada acara Governance, Risk and Compliance (GRC) and Performance Excellence Award 2020

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:05 WIB

Kookmin Bank Siap Kuasai 67 Persen Saham Bukopin

Bank Bukopin Tbk menargetkan Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa mencapai 17 persen. 25 Agustus 2020, Bukopin akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) guna membahas…

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kiri) menyerahkan secara simbolis streoform Tebar Kurban Nusantara kepada Camat Cilandak Mundari (tengah) didampingi oleh Human Capital, General Support And Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati. Pada musim haji Idul Adha tahun ini, FIFGROUP menyalurkan Dana Sosial Syariah untuk sedekah kurban senilai Rp 1,7 miliar untuk pembelian 537 kambing dan 2 ekor sapi.

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:00 WIB

Dasyat! FIFGROUP Salurkan 579 Hewan Kurban di Seluruh Indonesia

Jakarta-PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, menyambut Hari Raya Idul Adha dengan…

Bursa Efek Indonesia

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:51 WIB

Kabar Gembira! Saham WSBP Dapat Diperdagangkan Kembali

Jakarta-Saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dapat kembali diperdagangkan sehubungan dengan adanya surat resmi dari PT Bursa Efek Indonesia tanggal 30 Juli 2020).

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:46 WIB

Fokus UMKM Daya Pikat Kookmin Bank Perkuat Rasio Permodalan Bank Bukopin

Bank Bukopin Tbk mendapatkan dana segar hasil Penawaran Umum Terbatas ke-5 (PUT V) yang diserap Kookmin Bank (KB) sebanyak KB menyerap sekitar 2,97 miliar lembar saham baru selama masa perdagangan…