Kemenperin Belajar ke Pupuk Kaltim, Penerpan Transformasi Industri 4.0

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 Agustus 2019 - 17:00 WIB

Pupuk Kaltim (Foto Dok Industry.co.id)
Pupuk Kaltim (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bontang - Penerapan industri Industri 4.0 di PT Pupuk Kaltim, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), kembali dijadikan rujukan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dalam melatih Aparatur Sipil Negara (ASN) pendamping Transformasi Industri 4.0, sebagai langkah percepatan implementasi Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan pemerintah sejak 2018 lalu. Pelatihan diikuti 25 ASN dari Badan Penelitian dan Pengembangan serta Kesekretariatan Kemenperin.

Selaku leading sector implementasi Making Indonesia 4.0, Kemenperin melalui Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) bertugas menyiapkan para pendamping andal bagi seluruh industri di Indonesia, agar percepatan Making Indonesia 4.0 terlaksana sesuai target. “Bagi Kemenperin, Pupuk Kaltim merupakan salah satu perusahaan terbaik yang telah menerapkan Industri 4.0 di Indonesia, sehingga pelatihan yang kami laksanakan tidak cukup tanpa didukung best practice-nya," ujar Kepala BPSDMI Kemenperin Sri Novalia, saat kunjungan di Pupuk Kaltim pada Senin (5/8) pagi.

Seluruh peserta diharap Sri Novalia, dapat mengetahui lebih detil mengenai implementasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim, sehingga mampu memberi pendampingan optimal seluruh perusahaan yang tengah proses transformasi. Selain itu juga untuk menambah wawasan para aparatur pendamping saat memberi masukan maupun arahan di lapangan. “Utamanya peserta diklat bisa mengetahui bagaimana journey (perjalanan) Pupuk Kaltim sebelum dan setelah penerapan Industri 4.0, serta apa efektivitas maupun dampak terhadap kinerja Perusahaan,” tambah Sri Novalia.

GM Teknik dan Sistem Informasi Pupuk Kaltim Heri Subagyo, selaku Project Manager Digital Fertilizer dan Tim Industry 4.0, mengapresiasi langkah Kemenperin merujuk penerapan digital industri di Pupuk Kaltim. Menurut Heri, inovasi berbasis Industri 4.0 merupakan salah satu budaya kerja Perusahaan yang terus dikembangkan setiap tahun. Selain kontribusi aktif dalam mendukung Making Indonesia 4.0, pengembangan teknologi berbasis informasi digagas Pupuk Kaltim sebagai langkah efisiensi dan peningkatan daya saing di kancah nasional maupun global.

Melalui inovasi, Pupuk Kaltim mampu meningkatkan kinerja secara signifikan, khususnya pencapaian realisasi target tiga tahun terakhir, hingga mengantarkan Pupuk Kaltim menjadi salah satu Industry Leader Tanah Air, serta satu-satunya perusahaan pupuk di Indonesia yang meraih predikat World Class Company.

“Termasuk penghargaan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) dari Kemenperin pada April 2019, menjadi dorongan bagi Pupuk Kaltim untuk terus meningkatkan kinerja dengan lebih baik,” kata Heri Subagyo.

Memiliki tugas pemenuhan kebutuhan pupuk di 2/3 wilayah Indonesia, Pupuk Kaltim, kata Heri, perlu dukungan teknologi yang sejalan dengan konsep industri 4.0 untuk mempermudah kinerja Perusahaan. Penerapannya telah dimulai pada 2011, melalui Enterprise Resources Planning (ERP) berbasis System Application and Processing (SAP) bersama induk usaha Pupuk Indonesia, yang terus disempurnakan hingga launching pada 2016. Implementasi ERP-SAP dilaksanakan agar proses bisnis lebih terintegrasi satu dengan lainnya.

Proses selanjutnya adalah optimalisasi proses bisnis pemasaran, produksi, pemeliharaan, pengadaan, keuangan dan Human Capital Management.

Pupuk Indonesia selaku investment holding  juga mendorong inovasi berbasis Industri 4.0 yang menghasilkan berbagai tools dan berdampak terhadap efisiensi serta daya saing Perusahaan, diantaranya Distribution Planning and Control System (DPCS) yang dikembangkan menjadi Distribution Requirement Planning (DRP), guna memantau kondisi distribusi dan pemetaan kebutuhan pupuk di seluruh wilayah secara realtime. Kemudian E-Logsheet dan E-Logbook sebagai Integrated Data Acquisition (IDA) sebagai big data sistem pengelolaan data pabrik yang berisi indikasi serta instrumentasi alat-alat pabrik, serta aplikasi PKT Exist (Executive Information System), berupa Executive Dashboard berbasis Android yang menyajikan highlight kinerja Perusahaan dengan beragam konten.

Mulai kinerja produksi, penjualan hingga SDM. Kemudian aplikasi PKT SIAP (Sistem Aplikasi Pemasaran), merupakan sistem informasi pemasaran terintegrasi berbasis Android untuk mempercepat pengambilan keputusan dalam bidang pemasaran (Decision Support System) dan SIPMANTAP (Sistem Informasi Pendukung Pemasaran dan Pemetaan Pasar), sebagai sistem informasi analisa potensi dan pemetaan pasar pupuk Non Subsidi secara Nasional dan Daerah. Juga analisa kondisi pasar secara spesifik hingga marketing, serta evaluasi penguasaan pasar dan market share.

“Dari inovasi tersebut, efisiensi kinerja Pupuk Kaltim terus meningkat beberapa tahun terakhir. Termasuk aspek competitiveness Perusahaan,” terang Heri.

Guna memaksimalkan pengembangan inovasi, Pupuk Kaltim juga bekerjasama dengan berbagai institusi dan lembaga pendidikan di Indonesia untuk sejumlah terobosan berbasis digital. Salah satunya teknologi PreciPalm, sebagai konsep pertanian presisi melalui pemetaan kebutuhan pemupukan berdasarkan citra satelit. Kekurangan unsur hara maupun kebutuhan tanaman dipetakan, untuk menghasilkan rekomendasi pemupukan yang sesuai dalam memacu produktifitas pertanian. Dengan teknologi ini, proses pemupukan bisa dilakukan secara custom untuk memenuhi kekurangan unsur tanaman berdasarkan citra satelit dan perbandingan manual.

Heri Subagyo berharap para peserta pelatihan dapat menyerap seluruh pengetahuan berbasis Industri 4.0 di Pupuk Kaltim, sehingga mampu memberikan pendampingan maksimal bagi seluruh perusahaan yang tengah dalam proses transformasi di Indonesia. “Pupuk Kaltim sangat terbuka untuk pengembangan kapasitas SDM, agar implementasi Making Indonesia 4.0 tercapai sesuai target Kementerian melalui pendampingan optimal bagi seluruh perusahaan di Indonesia,” pungkas Heri Subagyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…