Dukung Industri Infrastruktur, Pabrik Semen akan Dibangun di Sulawesi Utara

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Agustus 2019 - 08:56 WIB

Semen Manado (Foto Dok Manadoreview)
Semen Manado (Foto Dok Manadoreview)

INDUSTRY.co.id - Manado-Direktur PT Dharma Sarana Semen Nusantara (DSSN) Joune Ganda secara resmi menggandeng PT Membangun Sulut Hebat (MSH) untuk membangun pabrik semen di Sulawesi Utara (Sulut).

Rencana kerja sama investasi untuk pembangunan pabrik semen, yang akan direalisasikan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) itu, dilegalkan melalui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) di lantai 2 hotel Granpuri Manado, Kamis (1/8/2019).

Nota kesepakatan ini ditanda tangani langsung Direktur Utama PT MSH  Jefferson R Lungkang dan Direktur PT DSSN Joune Ganda, dengan disaksikan komisaris dan jajaran direksi dari kedua pihak perusahaan.

Direktur PT DSSN, Joune Ganda mengatakan rencana kerja sama ini telah digagas beberapa waktu lalu melalui pertemuan kedua belah pihak. Selanjutnya dilakukan berbagai kajian dan penelitian yang intensif.

“Lokasi pendirian pabrik semen, sesuai rencana telah melalui perhintungan dan kajian teknis. Dan sudah mendapat restu dari Pemprov  Sulut maupun kabupaten serta masyarakat sekitar,” ungkap Joune, kepada wartawan di Manado.

Rencana dan implementasi kerja sama investasi dengan PT MSH, kata Joune merupakan tindak lanjut dari kebijakkan dan harapan Presiden RI Joko Widodo agar pengusaha  melebarkan bisnis, baik di pusat maupun di daerah.

Kerja sama ini melibatkan pihak BUMN atau BUMD dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.

“PT MSH adalah BUMD milik Pemprov Sulut, jadi kerja sama ini sejalan dengan harapan Presiden RI dan Gubernur Sulut dalam rangka percepatan pembangunan khususnya dalam sektor industri,” tukasnya.

Usai penandatanganan, segera ditindaklanjuti dengan mendirikan perusahaan yang diikuti dengan proses kelengkapan administrasi berikut perizinan serta dokumen lainnya.

“Investasi pabrik semen adalah investasi yang terintegrasi yang merupakan rangkaian operasional bisnis,” tandasnya.

Industri pabrik semen, akan membutuhkan pelabuhan tersendiri, pembangkit sendiri serta sarana pendukung strategis lainnya.

Diungkapkan Joune yang tidak lain adalah owner Raewaya Group ini, jika investasi terwujud maka akan menjadi salah satu pabrik semen terbesar di kawasan timur Indonesia.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama PT MSH Jefferson R Lungkang mengatakan, bahwa gagasan kerjavsama telah dirintis sejak lama. Di mana PT DSSN adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri akan mengandeng investor untuk mendirikan pabrik semen di Kabupaten Boltim yang sangat potensi dengan bahan baku pembuatan semen.

“Selaku perusahaan daerah sangat menyambut positif dan bangga atas kerja sama dengan pihak PT DSSN yang merupakan salah satu grup bisnis yang berkompeten di bidangnya,” ujar mantan Direktur Kepatuhan Bank SulutGo.

Bukan hanya itu, Lungkang menegaskan terkait gagasan kerja sama ini mendapat support dari Gubenur Sulut Olly Dondokambey SE.

“Pak Gubernur memberikan dukungannya. Karena ini langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yusuf Rony Kabarjay Lulus jadi TNI AD

Senin, 25 Mei 2020 - 22:47 WIB

Terharu, Cita-cita Yusuf Rony Kabarjay Menjadi Prajurit TNI AD Akhirnya Tercapai

Perjalanan panjang Yusuf Rony Kabarjay (20 th) seorang putra asli Papua dari Kampung Toray, Distrik Sota, akhirnya bisa lulus menjadi anggota TNI AD dalam pengumuman rekrutmen Secata PK Gel…

Arief pegawai Kemenag

Senin, 25 Mei 2020 - 19:40 WIB

Kisah Arief ASN Kemenag Buka Usaha Cukur Gratis plus Berbagi Sembako

Arief berencana meneruskan kegiatan amalnya ini usai lebaran dan selama pandemi. ASN yang akan segera memasuki masa pensiun ini ingin berkhidmah kepada masyarakat sesuai keahlian yang dimilikinya.…

Stefano Cugurra Pelatih Bali United (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 25 Mei 2020 - 18:00 WIB

Bali United Tim Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Sebulan sudah umat Islam seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sebelum menyambut hari raya kemenangan sukacita yang dimaknai dengan sebutan Idul Fitri. Tahun ini menjadi hari raya Idul Fitri…

Evan Dimas Persija

Senin, 25 Mei 2020 - 17:30 WIB

Evan Dimas Nikmati Ketupat Opor Ayam Saat Lebaran di Surabya

Gelandang Persija Jakarta Evan Dimas merasa senang bisa merayakan Lebaran bersama keluarganya di Surabaya, Jawa Timur.

Ruchman Basori (Kepala Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis)

Senin, 25 Mei 2020 - 17:15 WIB

KIP Kuliah dan Perluasan Akses Pendidikan Tinggi

Beasiswa menjadi keharusan untuk memperluas akses anak bangsa mengenyam pendidikan tinggi. Salah satunya melalui beasiswa miskin dan berprestasi (Bidikmisi). Mulai tahun 2020, pemerintah telah…