Dukung Industri Infrastruktur, Pabrik Semen akan Dibangun di Sulawesi Utara

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Agustus 2019 - 08:56 WIB

Semen Manado (Foto Dok Manadoreview)
Semen Manado (Foto Dok Manadoreview)

INDUSTRY.co.id - Manado-Direktur PT Dharma Sarana Semen Nusantara (DSSN) Joune Ganda secara resmi menggandeng PT Membangun Sulut Hebat (MSH) untuk membangun pabrik semen di Sulawesi Utara (Sulut).

Rencana kerja sama investasi untuk pembangunan pabrik semen, yang akan direalisasikan di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) itu, dilegalkan melalui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) di lantai 2 hotel Granpuri Manado, Kamis (1/8/2019).

Nota kesepakatan ini ditanda tangani langsung Direktur Utama PT MSH  Jefferson R Lungkang dan Direktur PT DSSN Joune Ganda, dengan disaksikan komisaris dan jajaran direksi dari kedua pihak perusahaan.

Direktur PT DSSN, Joune Ganda mengatakan rencana kerja sama ini telah digagas beberapa waktu lalu melalui pertemuan kedua belah pihak. Selanjutnya dilakukan berbagai kajian dan penelitian yang intensif.

“Lokasi pendirian pabrik semen, sesuai rencana telah melalui perhintungan dan kajian teknis. Dan sudah mendapat restu dari Pemprov  Sulut maupun kabupaten serta masyarakat sekitar,” ungkap Joune, kepada wartawan di Manado.

Rencana dan implementasi kerja sama investasi dengan PT MSH, kata Joune merupakan tindak lanjut dari kebijakkan dan harapan Presiden RI Joko Widodo agar pengusaha  melebarkan bisnis, baik di pusat maupun di daerah.

Kerja sama ini melibatkan pihak BUMN atau BUMD dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.

“PT MSH adalah BUMD milik Pemprov Sulut, jadi kerja sama ini sejalan dengan harapan Presiden RI dan Gubernur Sulut dalam rangka percepatan pembangunan khususnya dalam sektor industri,” tukasnya.

Usai penandatanganan, segera ditindaklanjuti dengan mendirikan perusahaan yang diikuti dengan proses kelengkapan administrasi berikut perizinan serta dokumen lainnya.

“Investasi pabrik semen adalah investasi yang terintegrasi yang merupakan rangkaian operasional bisnis,” tandasnya.

Industri pabrik semen, akan membutuhkan pelabuhan tersendiri, pembangkit sendiri serta sarana pendukung strategis lainnya.

Diungkapkan Joune yang tidak lain adalah owner Raewaya Group ini, jika investasi terwujud maka akan menjadi salah satu pabrik semen terbesar di kawasan timur Indonesia.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama PT MSH Jefferson R Lungkang mengatakan, bahwa gagasan kerjavsama telah dirintis sejak lama. Di mana PT DSSN adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri akan mengandeng investor untuk mendirikan pabrik semen di Kabupaten Boltim yang sangat potensi dengan bahan baku pembuatan semen.

“Selaku perusahaan daerah sangat menyambut positif dan bangga atas kerja sama dengan pihak PT DSSN yang merupakan salah satu grup bisnis yang berkompeten di bidangnya,” ujar mantan Direktur Kepatuhan Bank SulutGo.

Bukan hanya itu, Lungkang menegaskan terkait gagasan kerja sama ini mendapat support dari Gubenur Sulut Olly Dondokambey SE.

“Pak Gubernur memberikan dukungannya. Karena ini langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

Senin, 09 Desember 2019 - 15:46 WIB

BGR Logistics Lakukan Ground Breaking Revitalisasi Gudang Payapasir Medan dan Gudang Srengsem Lampung

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), atau BGR Logistics yang merupakan Badan Usaha Milik Negara penyedia jasa logistik di Indonesia selenggarakan prosesi peletakan batu pertama untuk revitalisasi…

Gedung Kementerian Pertanian

Senin, 09 Desember 2019 - 15:34 WIB

Soal Gugatan Kementan kepada Tempo, Pengamat: Ini Tak Ada Kaitannya dengan Mantan Mentan Amran

Jakarta - Sidang gugatan perdata yang diajukan Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap majalah Tempo ditunda. Hal itu karena berkas administrasi para pihak belum lengkap.

vivo Y19

Senin, 09 Desember 2019 - 12:50 WIB

Andalkan Baterai Besar, vivo Y19 Telah Tersedia di Pasar Indonesia

Mengusung rangkaian fitur unggulan seperti kapasitas memori 6GB RAM dan 128GB ROM, baterai super besar 5000 mAh dengan fitur Dual-Engine Fast Charging (18W), layar luas 6.53” FHD+ Ultra All…

Midea Perkenalkan MFD180

Senin, 09 Desember 2019 - 12:24 WIB

Fokus Garap Segmen Laundry Commercial, Midea Perkenalkan MFD180

Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis dibidang jasa laundry dan binatu, Midea mulai memusatkan lini produknya dengan memperkenalkan produk mesin cuci front load berkapasitas besar…

Peternak Ayam (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 09 Desember 2019 - 12:06 WIB

Pelaku Usaha Diajak Lipat Gandakan Ekspor Pangan

Surabaya -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi kinerja eksportasi PT Japfa Comfeed Indonesia TBK (JFPA) yang telah mampu mencatat nilai lebih dari Rp. 500 milyar di penghujung…