40 Ton Pisang Tanduk dan Pisang Kepok Penuhi Pasar Malaysia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Agustus 2019 - 07:12 WIB

Pisang Tanduk (Foto Dok Industry.co.id)
Pisang Tanduk (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sidoarjo- Sebanyak 40 ton pisang tanduk dan pisang kepok diekspor dari Puspa Agro Sidoarjo, Jawa Timur menuju ke Malaysia menyusul peluang pasar ekspor buah pisang ke Malaysia masih sangat terbuka.

Seorang Eksportir pisang dari CV Bintang Perkasa, Adi, di Sidoarjo, Senin(5/8/2019)  mengatakan, saat ini volume kebutuhan pasar pisang ke Malaysia masih cukup besar.

"Kami akan lebih maksimal utk memperluas jaringan ke petani pisang agar produksi bisa meningkat. Beberapa petani di sejumlah daerah sudah menyatakan siap. Sekarang tinggal susun jadwal biar pasokan lancar dan berkelanjutan," katanya.

Sementara itu, Dirut Puspa Agro Abdullah Muchibuddin menyatakan siap menjalin kerja sama dengan para pemasok pisang di daerah-daerah untuk bisa memenuhi permintaan pasar yang sudah terbuka lebar.

"Puspa Agro menjajaki untuk bisa memenuhi permintaan pasar negeri Jiran itu bersama para petani dan mitra bisnisnya," katanya.

Ia mengatakan sejumlah pekerja menyiapkan pisang yang akan diangkut oleh kontainer dengan memisahkan dari tandannya dan memasukkan dalam kantong (waring) dengan berat sekitar 25 Kilogram per waring.

"Selanjutnya, kontainer pengankut pisang itu berangkat meninggalkan area Puspa Agro menuju pelabuhan Tanjung Perak. Dari pelabuhan ini, pisang itu lalu dibawa ke negara tujuan ekspor, Malaysia," katanya, seperti dilansir Antara.

Di sisi lain, tentang besarnya peluang pasar pisang, khususnya jenis pisang tanduk dan kepok, Mohammad Amin bin Amri dari Seteguhbiz Empire Group, SDN BHD, Malaysia, mengatakan, saat ini pihaknya membutuhkan kedua jenis pisang itu sebanyak 15 kontainer per minggu.

Artinya, kata dia, Jatim masih berpeluang untuk menambah volume ekspornya, karena saat ini baru bisa memasok dua dari 15 kontainer yang dibutuhkan.

"Kami terima berapa pun banyaknya, karena kebutuhan kami 15 kontainer per minggu. Dan ke depan, kebutuhan pasok pisang ini saya prediksi terus meningkat. Selain Jawa Timur ini, kami juga ambil dari Makassar dan Medan,” ujar Amin seusai prosesi pemberangkatan ekspor di area Puspa Agro.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 17 Januari 2020 - 23:51 WIB

QRIS Standar Pembayaran Digital Ala Milenial

Bank Indonesia (BI) mengapresiasi ribuan milenial yang berpartisipasi secara aktif dalam mensosialisasikan QR Code Indonesian Standard (QRIS) kepada masyarakat lewat video dan blog.

AYDA Jadi Cara Asyik Generasi Muda Bangun Bangsa Lewat Karya Desain

Jumat, 17 Januari 2020 - 20:35 WIB

Kompetisi AYDA Jadi Cara Asyik Generasi Muda Bangun Bangsa Lewat Karya Desain

Para Gold Winner mendapatkan hadiah berupa uang tunai, kesempatan magang di perusahaan Arsitek dan Desain Interior ternama, menjadi duta Indonesia untuk bersaing dengan 14 negara lainnya demi…

BMW Group Indonesia Donasikan USD 25.000 untuk Korban Banjir Jakarta

Jumat, 17 Januari 2020 - 20:10 WIB

BMW Group Indonesia Donasikan USD 25.000 untuk Korban Banjir Jakarta

BMW Group Indonesia bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan Save the Children di Indonesia untuk membantu proses pemulihan pasca bencana dengan menyumbangkan bantuan senilai USD 25.000 atau…

 Chaerul (tengah) saat diwawancarai Kompas TV

Jumat, 17 Januari 2020 - 14:31 WIB

Heboh Pria Tidak Tamat SD di Sulsel, Sukses Terbangkan Pesawat Rakitannya

Pinrang- Chaerul (40), Montir Motor di Pallameang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), hanya sampai kelas lima SD dan tidak pernah naik pesawat. Namun kini ia jadi perbincangan banyak…

President Director PT Waskita Fim Perkasa Realti, Ignatius Joko Herwanto bersama Kepala Cabang Jakarta PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. Ari Kurniaman seusai penandatanganan MoU

Jumat, 17 Januari 2020 - 14:15 WIB

Berikan Kemudahan Kepemilikan Apartemen Vasaka Solterra, Waskita FIM Perkasa Realti Teken MoU dengan Bank BTN

PT Waskita Karya Realty mendukung kerja sama antara anak perusahaannya, PT Waskita Fim Perkasa Realti, yang melakukan kerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN), untuk menyediakan layanan…