Kemenperin Tengah Kaji Sistem Sewa AMMDes di Pedesaan

Oleh : Ridwan | Senin, 05 Agustus 2019 - 19:30 WIB

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)
Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) secara konsisten dan berkelanjutan terus mendorong pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), salah satunya dengan membuka unit bisnis baru di pedesaan.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Harjanto mengatakan, pihaknya dengan seluruh stakeholder tengah mengkaji sistem penyewaan AMMDes di pedesaan. 

"Kalau selama ini orang bisa menyewakan kendaraan untuk transportasi, kenapa tidak untuk kebutuhan pertanian. Jadi nantinya, AMMDes ini bisa juga disewakan untuk proses pra dan pasca panen pertanian. Ini yang sedang kita kaji," kata Harjanto di Kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (5/9).

Menurutnya, pola-pola pemikiran seperti ini bisa menjadi unit bisnis baru di pedesaan. "Pola-pola pemikiran seperti ini yang sedang kita bangun dan godog, sehingga nanti bisa jadi workable di dareah," jelasnya.

Nantinya, lanjut Harjanto, kami (Kemenperin) juga akan bekerjasama dengan pihak perbankan untuk memfasilitasi kepemilikan AMMDes. "Kita juga akan gandeng pihak perbankan untuk proses kepemilikan AMMDes itu sendiri," kata Harjanto.

Terkait sistemnya seperti apa, ia menjelaskan bahwa, saat ini sedang dalam tahap proses diskusi dengan semua stakeholder untuk sistem sewa seperti apa yang cocok untuk di aplikasikan. "Untuk sistemnya sedang kita godong, apakah melalui Koperasi Unit Desa (KUD), atau sistem lainnya. Ini yang sedang dikaji," ungkap Harjanto.

Sementara itu, Presiden Direktur PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonsia (KMWI) Reiza Treistanto mengungkapkan bahwa pihaknya bertekad untuk terus mendorong pengembangan teknologi AMMDes agar dapat bermanfaat secara inklusif dan berkelanjutan. 

"AMMDes itu sebagai alat mobilitas yang multifungi. Jadi, satu alat, beragam manfaat," kata Reiza.

Sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, pengembangan AMMDes telah mencapai perkembangan yang luar biasa dan telah memasuki tahap produksi massal serta terbukti mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan peningkatan ekonomi masyarakat di pedesaan.

Hingga saat ini, tingkat kandungan komponen lokal AMMDes telah mencapai 75 persen dengan kapasitas produksi mencapai 3.000 per tahun, serta melibatkan 70 industri komponen yang sebagian besar merupakan sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…