Peta Kekuatan Merebut Ketum Golkar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 02 Agustus 2019 - 20:39 WIB

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)
Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik Rusmin Effendy menilai peluang Bambang Soesatyo menuju Golkar1 masih berat. Ibarat pepatah masih banyak hambatan dan menapaki jalan  terjal. Pasalnya, Bamsoet bukan type petarung dan mengakar hanya gembar gembor di medsos.

"Secara kalkulasi politik, posisi Airlangga Hartarto masih cukup tangguh dan mendapat dukungan para senior, DPD Golkar maupun kino seperti Kosgoro dan MKGR," ujarnya di Jakarta, Jumat (2/7/2019)

Menurut Rusmin, menghadapi munas Desember mendatang hanya ada dua kandidat yang menonjol yakni Airlangga Hartarto (AH) dan Bambang Soesatyo (BS), sedangkan kandidat lain belum begitu menonjol.

"Saya memprediksi hanya dua kandidat inilah yang bakal bertarung di munas nanti. Kalkulasi politiknya peluang AH jauh lebih besar ketimbang BS," kata dia.

Sebagai partai besar yang sudah berpengalaman, lanjut dia, Golkar harus dipimpin figur yang merakyat sesuai slogan partai.

"Kalau AH berkeinginan memimpin lagi, sah-sah saja. Periodesasi beliau kan hanya meneruskan masa transisi kepemimpinan Setya Novanto melalui Munaslub," ujarnya.

Rusmin berharap siapa pun yang bertarung di munas nanti harus mengedepan semangat sportipitas. "Soal menang kalah itu kan hal yang biasa. Yang terpenting bagaimana pileg 2024 nanti Golkar mampu menjadi pemenang pemilu bukan sebagai runner up lagi," tegas dia.

Selain itu, lanjut dia, semua kandidat caketum sebaiknya tidak melakukan kampanye hitam dan saling menjatuhkan.

"Sekarang ini kelihatan sekali ada kandidat yang berselancar di medsos untuk mempengaruhi opini publik. Kan aneh munas saja belum apalagi saling serang dan menjatuhkan sesama kandidat," kata dia.

Rusmin juga berharap munas mendatang menjadi ajang konsolidasi, regenerasi, reposisi dan restrukturisasi kepengurusan dan mengedepankan politik aksestisme demi kemajuan partai kedepan," ujarnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TSG Global Holdings Kembangkan Megaproyek di Republik Demokratik Kongo

Kamis, 23 Januari 2020 - 09:00 WIB

TSG Global Holdings Kembangkan Megaproyek di Republik Demokratik Kongo

The Sandi Group (TSG) Global Holdings bersama entitas bisnisnya yakni PT TSG Utama Indonesia dan Titan Global Capital Pte Ltd menggandeng 10 perusahaan Indonesia untuk berkolaborasi melakukan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Kamis, 23 Januari 2020 - 08:05 WIB

IHSG Terkonsolidasi Mengarah ke Zona Hijau

Secara teknikal IHSG melemah dibawah MA200 dengan signal negatif apabila lanjut melemah dan break out level support neckline dikisaran 6200. Meskipun demikian indikator stochastic tiba pada…

Menteri Sosial Juliari P Batubara

Kamis, 23 Januari 2020 - 08:00 WIB

Mensos Juliari Yakin Angka Kemiskinan Semakin Cepat Diturunkan

Pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan menurun 0,19 persen poin menjadi 9,22 persen pada tahun 2019. Menteri Sosial Juliari P Batubara menjelaskan penurunan angka kemiskinan tersebut…

Upaya pengendalian hayati dengan memasang pias-pias berisi telur parasitoid Trichogramma sp. dipertanaman padi sejak usia tanaman muda.

Kamis, 23 Januari 2020 - 07:47 WIB

Agens Hayati, Jurus Kementan Antisipasi Dini Serangan Hama PBP

Jakarta-Hama Oenggerek Batang Padi (PBP) salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman padi, yang dapat menyebabkan kerusakan dari tingkat ringan, sedang, berat hingga puso.

Hoshinoya Bali hadirkan program Batik Saya

Kamis, 23 Januari 2020 - 07:07 WIB

Hadirkan Program "Batik Saya", Hoshinoya Bali Ajak Pengunjung Ciptakan Batik Unik Anda Sendiri

Perusahaan manajemen terkemuka di Jepang dengan sejarah 105 tahun, Hoshino Resorts melalui salah satu merekya, Hoshinoya Bali akan mulai menawarkan aktivitas "Batik Saya" pada tanggal 1 Februari…