Peta Kekuatan Merebut Ketum Golkar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 02 Agustus 2019 - 20:39 WIB

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)
Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik Rusmin Effendy menilai peluang Bambang Soesatyo menuju Golkar1 masih berat. Ibarat pepatah masih banyak hambatan dan menapaki jalan  terjal. Pasalnya, Bamsoet bukan type petarung dan mengakar hanya gembar gembor di medsos.

"Secara kalkulasi politik, posisi Airlangga Hartarto masih cukup tangguh dan mendapat dukungan para senior, DPD Golkar maupun kino seperti Kosgoro dan MKGR," ujarnya di Jakarta, Jumat (2/7/2019)

Menurut Rusmin, menghadapi munas Desember mendatang hanya ada dua kandidat yang menonjol yakni Airlangga Hartarto (AH) dan Bambang Soesatyo (BS), sedangkan kandidat lain belum begitu menonjol.

"Saya memprediksi hanya dua kandidat inilah yang bakal bertarung di munas nanti. Kalkulasi politiknya peluang AH jauh lebih besar ketimbang BS," kata dia.

Sebagai partai besar yang sudah berpengalaman, lanjut dia, Golkar harus dipimpin figur yang merakyat sesuai slogan partai.

"Kalau AH berkeinginan memimpin lagi, sah-sah saja. Periodesasi beliau kan hanya meneruskan masa transisi kepemimpinan Setya Novanto melalui Munaslub," ujarnya.

Rusmin berharap siapa pun yang bertarung di munas nanti harus mengedepan semangat sportipitas. "Soal menang kalah itu kan hal yang biasa. Yang terpenting bagaimana pileg 2024 nanti Golkar mampu menjadi pemenang pemilu bukan sebagai runner up lagi," tegas dia.

Selain itu, lanjut dia, semua kandidat caketum sebaiknya tidak melakukan kampanye hitam dan saling menjatuhkan.

"Sekarang ini kelihatan sekali ada kandidat yang berselancar di medsos untuk mempengaruhi opini publik. Kan aneh munas saja belum apalagi saling serang dan menjatuhkan sesama kandidat," kata dia.

Rusmin juga berharap munas mendatang menjadi ajang konsolidasi, regenerasi, reposisi dan restrukturisasi kepengurusan dan mengedepankan politik aksestisme demi kemajuan partai kedepan," ujarnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peserta HNJA saat mengunjungi salah satu Desa binaan Aqua

Selasa, 22 Oktober 2019 - 00:33 WIB

Biogas Mampu Tekan Biaya Pembelian Gas Elpiji Masyarakat

- Bali - Danone melalui Pabrik Aqua memberikan pendampingan ke masyarakat Bali, diantaranya Pariwisata, membantu kepemilikan biogas, pertanian dan ke pemulung. Kesemuanya bentuk keperdulian…

Bibit Ubikayu (Foto:Doc Kementan)

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:37 WIB

Pengembangan Bibit Unggul Ubi Kayu, Kementan Bantu Sertifikasi

Jakarta - Industri Pangan olahan ubi kayu saat ini sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari minuman berbahan tapioka hingga makanan ringan seperti kripik atau chips stik. Untuk itu dibutuhkan…

CIMB Niaga - foto IST

Senin, 21 Oktober 2019 - 22:17 WIB

CIM Niaga Miliki Aplikasi Mobile Banking

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memperkenalkan aplikasi mobile banking terbaru bagi nasabah korporasi yaitu BizChannel@CIMB Mobile. Kehadiran aplikasi tersebut diharapkan dapat…

Ilustrasi

Senin, 21 Oktober 2019 - 18:30 WIB

Kemenkumham Dorong Perbaikan Balai Harta Peninggalan

Jakarta - Pemerintah terus meningkatkan kinerja Balai Harta Peninggalan (BHP) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Salah satunya melalui Rapat Kerja Teknis Balai (Rakernis) dengan tema menyikapi…

Kota Surabaya

Senin, 21 Oktober 2019 - 17:55 WIB

Catat, Ini 5 Kuliner yang Bikin Kangen dengan Surabaya

Bila Anda pernah berkunjung ke Surabaya, atau belum pernah sama sekali, berikut ini beberapa kuliner khas yang akan membuat Anda ingin langsung kembali ke Surabaya.