Peta Kekuatan Merebut Ketum Golkar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 02 Agustus 2019 - 20:39 WIB

Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)
Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik Rusmin Effendy menilai peluang Bambang Soesatyo menuju Golkar1 masih berat. Ibarat pepatah masih banyak hambatan dan menapaki jalan  terjal. Pasalnya, Bamsoet bukan type petarung dan mengakar hanya gembar gembor di medsos.

"Secara kalkulasi politik, posisi Airlangga Hartarto masih cukup tangguh dan mendapat dukungan para senior, DPD Golkar maupun kino seperti Kosgoro dan MKGR," ujarnya di Jakarta, Jumat (2/7/2019)

Menurut Rusmin, menghadapi munas Desember mendatang hanya ada dua kandidat yang menonjol yakni Airlangga Hartarto (AH) dan Bambang Soesatyo (BS), sedangkan kandidat lain belum begitu menonjol.

"Saya memprediksi hanya dua kandidat inilah yang bakal bertarung di munas nanti. Kalkulasi politiknya peluang AH jauh lebih besar ketimbang BS," kata dia.

Sebagai partai besar yang sudah berpengalaman, lanjut dia, Golkar harus dipimpin figur yang merakyat sesuai slogan partai.

"Kalau AH berkeinginan memimpin lagi, sah-sah saja. Periodesasi beliau kan hanya meneruskan masa transisi kepemimpinan Setya Novanto melalui Munaslub," ujarnya.

Rusmin berharap siapa pun yang bertarung di munas nanti harus mengedepan semangat sportipitas. "Soal menang kalah itu kan hal yang biasa. Yang terpenting bagaimana pileg 2024 nanti Golkar mampu menjadi pemenang pemilu bukan sebagai runner up lagi," tegas dia.

Selain itu, lanjut dia, semua kandidat caketum sebaiknya tidak melakukan kampanye hitam dan saling menjatuhkan.

"Sekarang ini kelihatan sekali ada kandidat yang berselancar di medsos untuk mempengaruhi opini publik. Kan aneh munas saja belum apalagi saling serang dan menjatuhkan sesama kandidat," kata dia.

Rusmin juga berharap munas mendatang menjadi ajang konsolidasi, regenerasi, reposisi dan restrukturisasi kepengurusan dan mengedepankan politik aksestisme demi kemajuan partai kedepan," ujarnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan sosial bagi masyarakat penerima manfaat dan pedagang di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022. Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Rabu, 18 Mei 2022 - 04:19 WIB

Presiden Jokowi Bagikan Bansos dan Tinjau Harga Minyak Goreng di Pasar Bogor

Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, dan Pasar Gunung Batu, Kota Bogor, pada Selasa, 17 Mei 2022. Presiden membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat…

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.