Menyusui Bisa Menjadi KB Alami, Ini Penjelasannya

Oleh : Andi Mardana | Kamis, 01 Agustus 2019 - 21:14 WIB

Menyusui yang memenuhi kriteria dapat menjadi KB alami. (Ist)
Menyusui yang memenuhi kriteria dapat menjadi KB alami. (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, masih banyak orangtua yang berfikiran bahwa menyusui merupakan KB alami yang dapat menghindarkan dari kehamilan. Tak jarang, miskonsepsi tersebut menyebabkan terjadinya ‘sundulan’.

Menurut dr. Ameetha Drupadi, CIMI Konselor Laktasi bahwa menyusui dapat menjadi KB alami apabila memenuhi tiga kriteria, yaitu:

1) Ibu menyusui secara eksklusif; 2) Bayi berumur kurang dari 6 bulan; dan 3) Ibu belum mendapat menstruasi.

"Namun, apabila salah satu dari tiga kriteria tersebut tidak terpenuhi, maka ibu tetap perlu menggunakan kontrasepsi," jelas Ameetha di Jakarta, Kamis (1/8).

Lebih lanjut, kehamilan yang terjadi pada saat menyusui dapat menyebabkan beberapa perubahan di dalam tubuh ibu, seperti:

- Kontraksi ringan pada rahim, karena rangsangan hormon oksitosin yang dilepaskan pada saat tubuh Ibu menyusui.

- ASI berubah menjadi kolostrum, sehingga rasanya lebih asin dan kurang manis, serta membuat bayi enggan untuk menyusu.

- Puting payudara ibu akan merasa lebih sakit dan Ibu akan merasa lebih lelah.

"Untuk itu, sebaiknya penggunaan kontrasepsi dianjurkan oleh Ibu menyusui pada saat setelah melahirkan, maupun segera setelah berakhirnya masa nifas," pungkasnya.

Lantas, apa saja metode KB yang aman bagi Ibu menyusui? Melati Gultom, Brand Manager Andalan Kontrasepsi menuturkan metode kontrasepsi yang cocok dipakai untuk ibu menyusui yaitu metode kontrasepsi non hormonal seperti IUD Andalan dan juga kondom.

"Selain itu ada pula metode kontrasepsi hormonal yang hanya mengandung hormon progestin/progesteron seperti implan, suntikan 3 bulan, dan juga Pil KB Laktasi," jelasnya.

Hormon progestin tidak akan mengganggu kadar prolaktin, sehingga produksi ASI ibu tetap bisa aman dan lancar. Salah satu metode kontrasepsi favorit pilihan para ibu menyusui untuk merencanakan keluarga saat ini adalah Andalan Laktasi.

Andalan Laktasi mengandung hormon progesteron berdosis rendah sehingga tetap aman dan nyaman digunakan bagi ibu menyusui, serta tidak akan mengganggu kualitas dan kuantitas ASI.

"Andalan mengajak perempuan di Indonesia agar berani memutuskan pilihan terhadap dirinya sendiri, terutama dalam mengatur perencanaan keluarga guna meningkatkan kesehatan, masa depan, serta kualitas kehidupannya," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 17 Januari 2020 - 23:51 WIB

QRIS Standar Pembayaran Digital Ala Milenial

Bank Indonesia (BI) mengapresiasi ribuan milenial yang berpartisipasi secara aktif dalam mensosialisasikan QR Code Indonesian Standard (QRIS) kepada masyarakat lewat video dan blog.

AYDA Jadi Cara Asyik Generasi Muda Bangun Bangsa Lewat Karya Desain

Jumat, 17 Januari 2020 - 20:35 WIB

Kompetisi AYDA Jadi Cara Asyik Generasi Muda Bangun Bangsa Lewat Karya Desain

Para Gold Winner mendapatkan hadiah berupa uang tunai, kesempatan magang di perusahaan Arsitek dan Desain Interior ternama, menjadi duta Indonesia untuk bersaing dengan 14 negara lainnya demi…

BMW Group Indonesia Donasikan USD 25.000 untuk Korban Banjir Jakarta

Jumat, 17 Januari 2020 - 20:10 WIB

BMW Group Indonesia Donasikan USD 25.000 untuk Korban Banjir Jakarta

BMW Group Indonesia bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan Save the Children di Indonesia untuk membantu proses pemulihan pasca bencana dengan menyumbangkan bantuan senilai USD 25.000 atau…

 Chaerul (tengah) saat diwawancarai Kompas TV

Jumat, 17 Januari 2020 - 14:31 WIB

Heboh Pria Tidak Tamat SD di Sulsel, Sukses Terbangkan Pesawat Rakitannya

Pinrang- Chaerul (40), Montir Motor di Pallameang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), hanya sampai kelas lima SD dan tidak pernah naik pesawat. Namun kini ia jadi perbincangan banyak…

President Director PT Waskita Fim Perkasa Realti, Ignatius Joko Herwanto bersama Kepala Cabang Jakarta PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk. Ari Kurniaman seusai penandatanganan MoU

Jumat, 17 Januari 2020 - 14:15 WIB

Berikan Kemudahan Kepemilikan Apartemen Vasaka Solterra, Waskita FIM Perkasa Realti Teken MoU dengan Bank BTN

PT Waskita Karya Realty mendukung kerja sama antara anak perusahaannya, PT Waskita Fim Perkasa Realti, yang melakukan kerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN), untuk menyediakan layanan…