Pentingnya Dukungan Ayah untuk Keberhasil Ibu Menyusui

Oleh : Andi Mardana | Kamis, 01 Agustus 2019 - 20:52 WIB

Dialognya pada story telling “Sahabat Andalan Ibu” dI Jakarta, Kamis (1/8).(Ist)
Dialognya pada story telling “Sahabat Andalan Ibu” dI Jakarta, Kamis (1/8).(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - “Gara-gara ASI nggak lancar, istriku jadi sering uring-uringan. Apa yang harus aku lakukan ya?” Ujar Ayah Gery dalam dialognya pada story telling “Sahabat Andalan Ibu” di Jakarta, Kamis (1/8).

Cerita seputar keseharian ibu dan problema orangtua baru menghadapi masa awal menyusui tersebut dipersembahkan oleh Andalan Laktasi beserta Lactaboost untuk menyambut Pekan ASI Sedunia yang jatuh setiap 1 - 7 Agustus.

Permasalahan ASI yang tidak lancar seperti yang dialami oleh Ayah Gery seringkali menjadi salah satu kendala utama bagi ibu pada saat menyusui. Akibatnya, banyak Ibu merasa cemas dan stress, sehingga semakin memperparah produksi ASI.

Hanya 35 persen ibu di Indonesia yang berhasil menjalankan ASI eksklusif. Kebanyakan mereka gagal karena kurangnya pengetahuan, tidak percaya diri dengan produksi ASI-nya, stress, kelelahan, dan tidak mendapatkan cukup dukungan dari orang sekitar.

Lantas, apa yang bisa dilakukan oleh sang ayah sebagai salah satu support system utama bagi istri untuk mengatasi permasalahan tersebut?.

"Ayah memiliki peran penting untuk membuat Ibu merasa rileks dan meningkatkan happy hormone dalam aktivitas menyusui yang dilakukan ibu sehari-hari. Yang akhirnya, ‘hormon bahagia’ tersebut berkontribusi untuk memacu hormon prolaktin yaitu hormon pelancar ASI," jelas dr. Ameetha Drupadi, CIMI Konselor Laktasi.

Beberapa hal yang bisa ayah lakukan untuk istri selama masa menyusui antara lain: 1) Menemani istri dalam memperoleh informasi yang benar seputar menyusui; 2) Memberi dukungan kepada istri agar tetap semangat menyusui; 3) Lebih banyak menghabiskan waktu bersama buah hati; 4) Tidak takut untuk terlibat dan juga belajar dalam proses menyusui;

5) Serta memastikan bahwa istri memiliki asupan nutrisi yang cukup pada saat menyusui. Berbicara tentang nutrisi, konsumsi zat gizi mikro menjadi sangat penting bagi Ibu untuk membantu memperlancar proses menyusui, menyehatkan ibu dan bayi, serta memaksimalkan proses tumbuh kembang bayi.

Pada praktiknya, berbagai cara telah dilakukan oleh Ibu-Ibu di Indonesia untuk meningkatkan produktivitas ASI mereka, seperti mengonsumsi rebusan daun katuk, kacang-kacangan, sup ayam, fenugreek, hingga pare.

Namun, hingga saat ini, daun katuk masih menjadi favorit bagi para Ibu di Indonesia untuk menunjang kebutuhan nutrisi dan mineral mereka.

Lebih lanjut, Maharani Anindita, Brand Manager Andalan Nutrisi yang membawahi produk Lactaboost menjelaskan, selain mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin bagi ibu menyusui hingga 50,7 persen, daun katuk juga memiliki segudang manfaat, yaitu Vitamin A, B, C, K dan pro vitamin A (betakaroten), kalsium, fosfor, zat besi dan serat, serta antioksidan.

"Namun, manfaat optimal dari daun katuk, baru bisa didapat apabila ibu mengonsumsi sebanyak minimal 200 mg daun katuk sebanyak tiga kali sehari," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…