Aomori Nebuta, Kamar Inap Penuh Lampion yang Usung Tema Legenda Pahlawan Tohoku

Oleh : Ridwan | Rabu, 31 Juli 2019 - 11:15 WIB

Aomori Nebuta
Aomori Nebuta

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perusahaan manajemen hotel terkemuka di Jepang, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, memberikan pengalaman budaya kepada para tamu melalui penyediaan fasilitas kamar "Aomori Nebuta Room", yaitu kamar dengan konsep festival Nebuta Aomori. 

Konsep kamar ini terinspirasi dari legenda tiga pahlawan wilayah Tohoku. Lampion Nebuta menghiasi seluruh kamar "Aomori Nebuta Room", termasuk area pintu masuk, ruang utama, dan ruang tidur yang diciptakan Hiroo Takenami, seorang seniman lampion Nebuta. 

Tak hanya itu, Cahaya lampion Nebuta ini memberikan efek energi yang kuat, seperti berada di tengah-tengah festival Nebuta Aomori.

Misi Hoshino Resorts adalah menjadi sebuah resor di mana para tamu dapat sepenuhnya menikmati budaya Aomori, seperti festival, dialek, dan makanan, melalui konsep "Noresore Aomori (Pengalaman Penuh Budaya Aomori)". Festival Nebuta Aomori, festival ternama di prefektur Aomori, dipilih sebagai tema kali ini, untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan tidak hanya dengan makanan dan sumber air panas, tetapi juga melalui fasilitas kamar-kamarnya.

Tema Nebuta yang menggambarkan legenda tiga pahlawan.

Tema keseluruhan kamar diambil dari sejarah Tohoku kuno, yaitu legenda tiga pahlawan yang diceritakan di wilayah Tohoku.

Pintu Masu: The Welcome Nebuta
Ketika pintu depan dibuka, para tamu akan disambut dengan wajah berani Sakanoue no Tamuramaro yang digambarkan pada lampion setinggi 2 meter. Sakanoue no Tamuramaro adalah seorang jenderal yang bertugas menaklukkan penduduk asli daerah Tohoku. Ia berdoa akan keberuntungannya, kemudian Bodhisatwa Myoken muncul dan memberinya tujuh topeng iblis, memerintahkan Tamuramaro untuk mengenakan topeng tersebut dalam pertempuran.

Ruang Utama: Ornamen Nebuta Tiga Dimensi
Nebuta di ruang utama menggambarkan sosok kepahlawanan Aterui, seorang pemimpin masyarakat adat di wilayah Tohoku, yang melakukan invasi berulang-ulang kepada tentara istana pada awal periode Heian (sekitar 800 M). Lebarnya sekitar 3,2 meter dan tinggi 1,4 meter. Tamu dapat beristirahat dan menghabiskan waktu mereka duduk di sofa dan menatap Nebuta Aterui yang gagah.

Ruang utama: Panel Nebuta Shoji
Diangkat dari lengenda prefektur Aomori dan prefektur Iwate, Minamoto no Yoshitsune yang berhasil menyeberangi perairan ganas Selat Tsuguru dan pergi ke utara.

Sistem kamar “Aomori Nebuta Room”.

1. Nebuta Dance Hallway
"Haneto" adalah penari di Festival Nebuta Aomori. Sambil menyuarakan "Rassera!", festival dimeriahkan dengan langkah-langkah yang muncul di mana tamu menari dua kali di setiap sisi. Jejak kaki penari digambarkan di lantai mengarah dari pintu depan ke ruang utama, dan tamu dapat ikut menarikan tarian tersebut dengan mengikuti jejak kaki ini dengan irama. Para tamu dapat mengenakan pakaian penari yang dapat ditemukan di kamar dan menari kapan pun mereka mau.

2. Langit-langit ruang tidur dengan gambar-gambar Nebuta
Gambar-gambar Nebuta di langit-langit ruang tidur berubah tergantung pada sudut dari mana tamu melihatnya. Ketika dari ruang utama ke kamar tidur dan melihat langit-langit dengan posisi berdiri, akan tampak potret Yoshitsune. Sedangkan, ketika tamu berbaring di tempat tidur, mereka akan melihatm adegan di mana Yoshitsune melintasi Selat Tsugaru.

3. Penutup TV Nebuta yang bisa dibuka tutup jika tamu ingin menonton TV
Panel gambar Nebuta dipasang untuk menyembunyikan TV agar memungkinkan tamu untuk beristirahat dan menghabiskan waktu dengan tenang. Ketika tamu tidak menonton TV, mereka dapat menikmati gambar Nebuta. Perangkat TV muncul ketika panel digeser di kedua sisi.

Kolaborasi Nebuta dengan Hiroo Takenami, seorang seniman lampion Nebuta.

Desain Nebuta untuk “Aomori Nebuta Room" dirancang dengan bantuan Hiroo Takenami, seniman lampion Nebuta. Sejak menciptakan Nebuta besar pertamanya pada tahun 1989, ia telah menerima banyak penghargaan, termasuk Nebuta Grand Prize. Pada Festival Nebuta Aomori 2018, ia menerima "Penghargaan Artis Terbaik". Legenda kuno tiga pahlawan Tohoku dipilih sebagai tema untuk kreasi “Aomori Nebuta Room" sebagai bentuk ungkapan harapan dan doa terhadap kebangkitan wilayah

Hoshino Resorts merupakan perusahaan manajemen hotel terkemuka di Jepang dengan Sejarah 105 Tahun. Didirikan pada tahun 1904 sebagai sebuah bisnis kehutanan di Nagano, Jepang, dan membuka resort pemandian air panas pertama-nya pada tahun 1914. 

Perusahaan ini diganti namanya oleh CEO saat ini, Yoshiharu Hoshino, pada tahun 1995 menjadi Hoshino Resorts, dan telah berkembang di seluruh Jepang dengan fokus pada budaya dan tradisi lokal sejak saat itu. Hoshino Resorts telah mengembangkan empat merek perhotelan berbeda selama bertahun-tahun yang ditujukan untuk audience yang berbeda. 

Selain brand HOSHINOYA, Hoshino Resorts juga mengoperasikan brand KAI, RISONARE dan OMO. Hoshino Resorts sekarang mengoperasikan 36 properti di seluruh Jepang dan 2 properti di luar Jepang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…