DPR: Koopssus TNI Harus Mampu Menjaga Kedaulatan Indonesia di Semua Lini

Oleh : Herry Barus | Selasa, 30 Juli 2019 - 20:00 WIB

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)
Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (bamsoet) berpesan agar Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) yang baru saja diresmikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, selain bersiap menghadapi pertempuran di darat, laut dan udara, juga harus bersiap menghadapi pertarungan di dunia maya. Berbeda dengan darat, laut, udara yang ada kejelasan batas kedaulatan antara negara yang satu dengan lainnya, di dunia maya batas-batas tersebut seperti tak tampak.

"Kedaulatan cyber (cyber sovereignty) kini menjadi topik yang sedang hangat diperbincangkan berbagai negara dunia. Mengingat tak jarang aksi terorisme maupun inflitrasi budaya asing dilancarkan bukan lagi melalui serangan darat, laut, ataupun udara. Melainkan melalui jaringan dunia maya. Jika dahulu kita mengenal perang militer, lalu kini ada perang dagang, di masa depan akan ada perang cyber (cyber war)," ujar Bamsoet usai menghadiri peresmian Koopssus TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (30/07/19).

Hadir dalam acara tersebut antara lain KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Kabarhakam Polri Komjen Pol Condro Kirono dan Wakil Ketua DPD Nono Sampono.

Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2016 ini mengingatkan, sebagai badan baru di Badan Pelaksana Pusat TNI, Koopssus TNI yang dipimpin Brigjen TNI Rochadi dengan kekuatan yang berasal dari 3 matra, Darat, Laut, dan Udara, akan menjadi andalan baru bagi Indonesia dalam menyelesaikan misi negara. Beroperasi di dalam dan luar negeri, Koopssus TNI akan menjadi lawan tangguh bagi musuh negara yang mencoba mengganggu kedauatan Indonesia.

 

"Namun demikian, Koopssus TNI yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 42 Tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI, tak boleh hanya berkutat pada tindakan operasi militer semata. Melainkan juga harus aktif mengkampanyekan perdamaian dan keamanan dunia yang lebih baik melalui berbagai kegiatan humanisme," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, wajah Koopssus TNI bukanlah yang menyeramkan tanpa senyuman. Melainkan wajah ketegasan. Bagi yang ingin macam-macan mengganggu kedaulatan Indonesia, Koopssus TNI tak perlu ragu melakukan tindakan militer sesuai yang diatur dalam peraturan perundangan.

"Disisi lain, Koopssus TNI juga bisa bersahabat bagi siapapun yang ikut dalam kampanye perdamaian dan membuat bumi menjadi lebih baik lagi untuk anak cucu dan generasi mendatang," pungkas Bamsoet.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bursa Efek Indonesia. (Adek Berry/AFP)

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:55 WIB

Penjualan Melesat, PT Ifishdeco Tbk Bukukan Rp1,09 Triliun di 2019

PT Ifishdeco Tbk (IFSH) bukukan penjualan neto Rp1,09 triliun hingga periode 31 Desember 2019 meningkat dari penjualan neto Rp506,11 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:40 WIB

Menurun, PT PP Properti Tbk Hanya Cetak Pendapatan Rp357,91 Miliar Hingga Maret 2020

Emiten infrastruktur PT PP Properti Tbk (PPRO) cetak pendapatan usaha sebesar Rp357,91 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dibandingkan pendapatan usaha Rp428,79 miliar di periode sama…

Kementerian PUPR Bedah 3.000 Rumah di Bali

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:30 WIB

Kementerian PUPR Bedah 3.000 Rumah di Bali

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus mendorong pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk masyarakat menjelang pelaksanaan kebijakan new normal…

Ilustrasi Pergerakan Saham

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:25 WIB

Kinerja Oke! PT Sat Nusapersada Tbk Meroket Bukukan Laba USD3,11 Juta hingga Maret 2020

PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN) mencatat laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar USD3,11 juta hingga periode 31 Maret 2020 naik tajam dari laba USD166,29…

Ilustrasi jamaah masjid

Jumat, 05 Juni 2020 - 07:19 WIB

MUI Bolehkan Kembali Sholat Jum'at di Masjid

Tempat ibadah akan dibuka termasuk masjid untuk menjalankan sholat lima waktu terutama sekali sholat Jum'at yang wajib dikerjakan di masjid.