Terpapar Sinar UV Bisa Sebabkan Kanker Kulit

Oleh : Andi Mardana | Senin, 29 Juli 2019 - 19:57 WIB

NIVEA Sun Face Serum SPF 50+ PA+++ di ajang Jakarta X Beauty, di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (27/7).(Ist)
NIVEA Sun Face Serum SPF 50+ PA+++ di ajang Jakarta X Beauty, di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (27/7).(Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sinar UV atau ultraviolet memang memiliki manfaat bagi tubuh, diantaranya sumber vitamin D. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri, sinar UV juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan khususnya kulit.

"Selain dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit terbakar, sinar UV juga dapat menyebabkan penyakit kanker kulit," kata dr. Nana Novia, Sp.KK pada talk show NIVEA Sun Face Serum SPF 50+ PA+++ di ajang Jakarta X Beauty, di kawasan Senayan, Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan sinar UV tidak hanya terdapat di udara terbuka, melainkan juga dapat menembus objek padat seperti kaca. Sehingga meskipun kita berada di dalam ruangan, belum tentu terbebas dari dampak buruk sinar UV.

"Bagi kita yang tinggal negara tropis, sunscreen wajib digunakan setiap hari, baik pria maupun wanita, tua ataupun muda," jelas dr. Nana.

Dr. Nana menekankan agar kita menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi minimal 50 secara merata sempurna ke seluruh permukaan kulit, "Ulangi penggunaannya setiap 2 - 3 jam untuk perlindungan yang optimal," ujarnya.

Beauty Influencer, Jovi Adhiguna mengaku selalu berusaha menjaga kesehatan kulit salah satunya dengan menggunakan sunscreen.

"Dulu, saya seringkali kesulitan dalam memilih produk sunscreen karena kebanyakan memiliki tekstur yang tebal dan berminyak sehingga tidak dapat menyatu dengan produk makeup," ungkap Jovi.

Hingga kemudian Jovi menemukan sunscreen yang ringan namun cocok untuk penggunaan sehari-hari, bahkan sebagai bagian dari rutinitas makeup.

"Dengan hadirnya Nivea Sun Face Serum ini, saya senang sekali karena formulanya ringan, tidak menyebabkan kulit berminyak dan tidak menimbulkan efek white cast (residu warna putih yang tertinggal di wajah)," pungkas Jovi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosial Media (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 05:00 WIB

Pemblokiran Data di Papua dan Papua Barat

Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 04:00 WIB

Bamsoet: Semua Pihak di Papua Harus Bisa Menahan Diri

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta saudara-saudara sebangsa di Papua bisa menahan diri, begitupun dengan berbagai pihak lainnya dari mulai aparat TNI/Polri, pemerintah daerah, hingga…

Peta Nduga Papua (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 03:07 WIB

Residen Jokowi Didorong Bentuk Special Envoy untuk Papua

Penyikapan pemerintah atas menguatnya rasisme terhadap warga Papua dan aksi unjuk rasa di Papua dan Papua Barat, menggambarkan ketidakmampuan (unable) atau keengganan (unwilling) pemerintah…

Bukti Komitmen Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 00:12 WIB

LSPR Selenggarakan Uji Kompetensi Wartawan Bali

Bali-wartawan tergabung dari 13 media massa di Bali siap menjalankan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh LSPR-Bali dan ASEAN Public Relations Network (APRN) berkolaborasi…

Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas AJPKM

Rabu, 21 Agustus 2019 - 23:52 WIB

Peresmian Asosiasi Jurnal Pengabdian Masyarakat (AJPKM)

Jakarta-Sebanyak 15 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dari 15 perguruan tinggi di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat…