Menristekdikti:PTN Manfaatkan Teknologi untuk Menghasilkan SDM Berkualitas

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Juli 2019 - 15:00 WIB

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)
Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

INDUSTRY.co.id -Lubuk Linggau - Pembangunan ekonomi Indonesia mengalami tranformasi dari _natural base economy_menjadi knowledge based economy_yang berbasis pada keunggulan sumber daya alam, sumber daya manusia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Paradigma lama perguruan tinggi (PT) sebagai wahana knowledge creation and transmission dalam semi-isolated space_berubah dan menjadikan PT sebagai wahana re-creation and connecting knowledge_ dalam _open space, sehingga PT perlu di dorong untuk melakukan terobosan dengan mengintegrasikan kemajuan yang dicapai dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.

Hal tersebut disampaikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada peletakan batu pertama atau _Ground Breaking_ Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEBI) Prana Putra di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (25/7/2019).

“Membangun sekolah itu mudah, namun yang perlu kita dorong adalah strategi bagaimana menghasilkan SDM berkualitas. Selain itu ketika mendirikan perguruan tinggi (PT) yang perlu kita perhatikan adalah “demand side”, siapa yang akan menyerap lulusan ini, agar tidak menciptakan pengangguran,” ujarnya.

Walikota Lubuk Linggau SN Prana Purtra Sohe sekaligus pendiri STIEBI Prana Putra berharap dengan dibangunnya sekolah ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi di Bumi Sebiduk Semare.

"Tujuannya tak lain membangun daya saing di Kota Lubuklinggau, karena kita ingin menjadikan Lubuklinggau menjadi kota tujuan pendidikan," ucapnya, seperti diinformasikan Humas Kemendikti Nada Marsudi

Pada peletakan batu pertama atau _Ground Breaking_ Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEBI) Prana Putra turut hadir mendampingi Menristekdikti Sekretaris Ditjen Kelembagaan Iptek & Dikti Agus Indarjo, Kepala LLDIKTI Wilayah II Slamet Widodo, Wakil Rektor Universitas Sriwijaya Zainuddin Nawawi, Walikota dan Wakil Walikota Lubuk Linggau beserta jajaran, serta tamu undangan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Signify Bantu Kota Davos Wujudkan Kesepakatan Hijaunya Sendiri

Rabu, 22 Januari 2020 - 16:00 WIB

Signify Bantu Kota Davos Wujudkan Kesepakatan Hijaunya Sendiri

Signify, pemimpin dunia di bidang pencahayaan, membantu kota Davos dalam mencapai tujuan keberlanjutannya dengan memperbarui lampu jalan kota Davos dan pencahayaan Congress Centre di kota ini,…

Pembukaan Indonesia Pavilion di Davos, Swiss oleh para menteri Republik Indonesia dan Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Darmansyah Hadad.

Rabu, 22 Januari 2020 - 15:51 WIB

Kopi dan Topi NTT Tampil Dalam Gelaran Indonesia Pavilion di WEF Davos 2020

World Economic Forum Annual Meeting merupakan konferensi tingkat tinggi yang dihadiri oleh sekitar 3.000 kepala negara, pimpinan perusahaan global, pemimpin organisasi politik, penemu-penemu…

Dyson Air Purifier TP04

Rabu, 22 Januari 2020 - 15:33 WIB

Teknologi Terbaru Dyson Air Purifier TP04, Membersihkan 99.97% Udara Kotor

Industri home appliances terus berinovasi dalam menciptakan teknologi terbaru. Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2016, Dyson sebagai brand teknologi yang dikenal dengan berbagai macam produk…

Airbus BelugaXL

Rabu, 22 Januari 2020 - 15:00 WIB

Airbus Demonstrasikan Kemampuan Lepas Landas Otomatis

Pesawat uji coba Airbus telah sukses melakukan lepas landas secara otomatis dengan panduan sistem yang berbasis penglihatan di bandar udara Toulouse-Blagnac, Prancis.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

Rabu, 22 Januari 2020 - 14:32 WIB

Triwulan IV 2019, Stabilitas Sistem Keuangan Terkendali

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyimpulkan stabilitas sistem keuangan triwulan IV 2019 tetap terkendali di tengah ketidakpastian perekonomian global yang menurun serta sorotan masyarakat…