BNI Syariah Layani Cash Management Angkasa Pura Kargo

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Juli 2019 - 05:08 WIB

Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati (depan dua dari kanan)
Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati (depan dua dari kanan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - BNI Syariah siap mendukung sistem pembayaran bagasi dan kargo melalui aplikasi yang dikembangkan oleh PT Tips Inovasi Indonesia, yaitu aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh. Aplikasi ini bertujuan untuk pengelolaan bagasi dan kargo untuk jemaah haji dan umroh.

Aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh memudahkan jemaah untuk menjemput koper dan kargo dari Madinah, Mekkah, dan Jeddah cukup dengan mengunduh aplikasi ini kemudian memesan pengiriman koper dan kargo lainnya lewat aplikasi. Selanjutnya, Mutawwif atau pemandu Haji akan menjemput paket barang kiriman di hotel tempat tinggal jemaah.

Pada kesempatan ini telah ditandatangani Nota Kesepahaman oleh Direktur Bisnis SME & Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati; Direktur Operasional dan Komersil PT Angkasa Pura Kargo, Riyanto H. Cahyono; Co-Founder PT Tips Inovasi Indonesia, Ryan A. Ronas; serta mitra Travel Haji & Umrah; dan Perusahaan Kargo. Penandatanganan ini turut disaksikan oleh Staff Ahli Menteri Perhubungan Bidang Teknik Lingkungan Energi Perhubungan, Prasetyo Buditjahjono dan Kepala Subdirektorat Impor Direktorat Jendral Bea & Cukai, Djanurindo Wibowo.

BNI Syariah siap mendukung sistem pembayaran bagasi dan kargo melalui integrasi virtual account dilengkapi dengan kartu NFC based yang dapat digunakan untuk media pembayaran close loop. Sistem inilah yang akan menyempurnakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Tips Inovasi Indonesia.

Dukungan BNI Syariah terhadap sistem pembayaran dan cash management PT Tips Inovasi Indonesia ini disampaikan dalam Dialog Interaktif dan Peluncuran Tips Haji & Umroh "Solusi Bagasi dan Kargo untuk Jamaah Haji dan Umroh".

Acara berlangsung di Ballroom Grand On Thamrin Hotel Pullman Jakarta Pusat, Kamis (25/7). Pembicara dalam dialog ini diantaranya Pemimpin Divisi Bisnis Transaksional BNI Syariah, Agusta Rinaldi; Kepala Subdirektorat Impor Direktorat Jendral Bea & Cukai, Djanurindo Wibowo; General Manager Logistic & Distribution Angkasa Pura Kargo, Ade Yolando Sudirman; CEO & Co-Founder PT Tips Inovasi Indonesia, Ryan A. Ronas; dan Ketua Pengurus Koperasi Spirit Muslim Indonesia, Agus Sumarno.

Dhias Widhiyati menuturkan, "Kerjasama BNI Syariah dengan PT Angkasa Pura Kargo, PT Tips Inovasi Indonesia, dan mitra ini memiliki potensi yang besar. Hal ini berdasarkan data perkiraan jumlah jemaah haji dan umroh 2019 lebih dari 1,4 juta orang. Potensi dana di giro pooling atas transaksi pengelolaan bagasi dan kargo untuk jemaah haji dan umroh diperkirakan sebesar Rp 468,2 miliar dengan potensi pendapatan fee based income dari virtual account adalah sekitar Rp 1,05 miliar. Kedepannya, BNI Syariah akan memperluas jaringan kerjasama dan sosialisasi dengan travel rekanan."

Ryan A. Ronas mengatakan, "Target pengguna aplikasi TIPS 2.0 Haji dan Umroh pada akhir 2019 ini sebesar 10.000 orang. Aplikasi ini akan membantu kendala urusan bagasi misal kelebihan muatan dan terkait larangan membawa benda cair jemaah di musim haji dan umroh."

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…