Apakah Aman Menangani Hipotermia dengan 'Skin to Skin'?

Oleh : Andi Mardana | Kamis, 25 Juli 2019 - 18:37 WIB

Ilustrasi perempuan mengalami hipotermia.(The NOLS Blog)
Ilustrasi perempuan mengalami hipotermia.(The NOLS Blog)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini viral di tengah masyarakat adanya berita tentang penanganan hipotermia oleh pendaki gunung dengan cara pendekatan skin to skin yakni menyetubuhi. Hal ini akhirnya menimbulkan kontroversi.

Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG Akademisi dan praktisi kesehatan tidak menganjurkan tehnik skin to skin untuk menangani hipotermia.

Tehnik skin to skin memang bisa menjadi alternatif untuk membantu hipotermia pada orang sedang mengalami hipotermia. "Tehnik ini memang dilakukan untuk menghangatkan tubuh bayi baru lahir yang dilakukan oleh ibunya yang disebut tehnik Kangaroo," kata dr. Ari dalam siaran persnya baru-baru ini.

Pada orang dewasa lanjut dr. Ari tehnik skin to skin tentu bukan dengan cara bersetubuh. Karena pijatan atau guncangan tubuh atau aktifitas yang membuat kita berkeringat harus dihindari pada orang yang sedang mengalami hipotermia.

"Melepaskan seluruh baju dan jaket pada udara luar yang masih dingin akan memperburuk turunnya suhu tubuh," tegas dr. Ari.

Lebih lanjut dr. Ari menjelaskan beberapa upaya yang dilakukan pada orang yang sedang mengalami hipotermia: Pertama adalah pindahkan orang itu ke lokasi yang lebih hangat dan kering misalnya kedalam tenda jika memungkinkan.

Jika orang tersebut tidak dapat dipindahkan dari kedinginan, lindungi orang itu dari kedinginan dan angin sebanyak mungkin. Kemudian gunakan selimut atau jaket tebal yang kering untuk menyelimuti seluruh tubuh orang tersebut kecuali wajah.

Jika korban masih sadar, berikan minuman hangat dan bukan yang mengandung kafein yang bisa merangsang buang air kecil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.